Minggu, 27 Desember 2015

The Red Tree by Shaun Tan | Book Review

The Red Tree
Penulis: Shaun Tan
Penerbit: Hodder Children's Books
ISBN: 9780734411372
Cetakan pertama, Agustus 2010
32 halaman
Pinjam @casualreader4
When a child awakens with dark leaves drifting into her bedroom, she feels that "sometimes the day begins with nothing to look forward to, and things go from bad to worse." Feelings too complex for words are rendered into an imaginary landscape where the child wanders, oblivious to the glimmer of promise in the shape of a tiny red leaf. Everything seems hopeless until the child returns to her room and sees the red tree. At that perfect moment of beauty and purity, the child smiles and her world stirs anew. 

Shaun Tan's illustrations are remarkable for the way they combine and react upon each other. He creates an otherworldly labyrinth of visual ideas joined with the familiar immediacy of the little child, and condenses them into scenes of extraordinary depth and insight. Every child will appreciate the book's life-affirming message but it will be equally successful with all readers. With sensitivity and wonder, the evocative images in The Red Tree open a window to our inexplicable emotions and tell a story about the power of hope, renewal and inspiration.
Saya suka suka suka banget dengan buku ini, buku Shaun Tan pertama yang saya baca dan langsung suka, maknanya dalam sekali, lebih tipis dari The Arrival dan gambarnya lebih simple, tapi masih ada kesan surealis dan absurdnya, selain itu maknanya gampang banget dibaca. Tidak ada kalimat panjang, hanya satu kalimat saja tiap dua lembar. Salah satu picture book terbaik yang pernah saya baca.

Berikut beberapa cuplikan isi The Red Tree:









Ceritanya ada seorang anak perempuan yang selalu sendiri, terlihat susah dan selalu sedih. Kadang dia merasa menanggung beban terlalu berat, tidak ada orang yang mau mengerti bahkan membantunya, tapi dia selalu sabar, selalu menunggu datangnya hari yang lebih baik, dia percaya suatu saat akan bahagia walau harus tertatih-tatih menghadapi ujian hidup. Buku ini bercerita tentang sebuah harapan, semua orang pasti akan menghadapi masalah, dan selanjutnya akan menemukan solusi, begitulah hidup.

Seperti buku-bukunya Shaun Tan, tidak banyak kalimat yang harus saya berikan, buku ini sangat recommended, bisa dibaca semua umur, dan sangat disayangkan kalau melewatkannya. Berikut ada video The Red Tree, tapi yang tidak ingin spoiler tidak dianjurkan untuk menontonnya :p.

5 sayap untuk kesendirian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...