Rabu, 30 Desember 2015

The Bird King by Shaun Tan | Book Review

The Bird King and other sketches
Penulis: Shaun Tan
Penerbit: Templar Books
ISBN: 9781848770508
Cetakan pertama, April 2011
128 halaman
Pinjam @casualreader4
What do the bird king, the thing in the bathroom and the paraffin-oil koala have in common? They all inhabit the unique world of renowned artist, author and illustrator Shaun Tan. Collected from his working sketchbooks, with commentary by the artist, these ideas, studies and doodles offer a special insight into the imagination of this internationally acclaimed storyteller.


Setelah membaca versi utuh karya-karya Shaun Tan sebelumnya, The Bird King and other sketches menyajikan dari layar belakang, dari dapur proses kreatif selama ini Shaun Tan menggambar karya-karyanya. Buku ini berisi kumpulan sketsa baik untuk buku baru atau sebelumnya, teater, film, lukisan potret kehidupan sekitar penulis yang sangat artistik, mulai dari menggunakan pensil, crayon sampai cat air. Masih dengan gaya khasnya yang sangat detail dan kadang absurd, membaca buku ini jadi tahu darimana inspirasi yang didapat dan bahan mentah buku sebelumnya seperti The Arrival, The Red Tree, Tales from Outer Suburbia, Lost and Found, dan karya lainnya yang belum pernah saya baca.

Buku ini dibagi menjadi empat bagian; Untold Stories; Book, Theatre, and Film; Drawings from Life; Notebooks. Beberapa cuplikan gambar di buku ini saya ambilkan dari yang belum pernah saya lihat di buku Shaun Tan sebelumnya. Ada yang cukup menarik seperti dua halaman hanya berisi simbol-simbol, hewan dan makanan dari dunia ciptaan penulis sendiri.

Untold Stories





Book, Theatre, and Film





Drawings from Life



Notebooks


Where the practice of drawing is about learning to see, study that never ends.
A scene or character seems to look back from the page and ask, "What do you make of this?" A drawing feels successful to me when it is both clear and ambiguous, something i try underscore by adding an equally ambiguous tittle.While there is no set meaning in any of these drawings,  there is an invitation to seek one (for myself as much as any other audience).
Karya-karya Shaun Tan selalu menarik untuk dilihat, walau tanpa kata gambarnya bisa bermakna banyak, kita bebas menilai gambar yang dibuat, bebas menentukan pesan apa yang ingin disampaikan penulis. Buku ini juga bisa membantu para pemula ketika ingin membuat karyanya sendiri, gambar saja karakter yang diinginkan, nanti lama kelamaan akan menemukan ceritanya sendiri. Buku ini bisa menjadi pendamping dari koleksi Shaun Tan lainnya, recommended bagi segala usia.
Staring at a blank piece of paper, I can't think of anything original. I feel utterly uninspired and unrecceptive. It's the familiar malaise of 'artist's block' and in such circumtances there is only one thing to do: just start drawing.
4 sayap untuk sketsa-sketsa menarik dan menakjubkan dari Shaun Tan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...