Kamis, 17 Desember 2015

Meet Lame by Christian Simamora | Blog Tour, Book Review

Judul Buku : MEET LAME
Pengarang : CHRISTIAN SIMAMORA
Harga Jual : Rp 73.000
Isbn/Ean : 978-602-703-624-6
Bulan/TahunTerbit : NOVEMBER 2015
Panjang x Lebar : 13 x 19 cm
Jumlah Halaman : x + 296 hlm
Genre : Contemporary Romance 
Kategori : Novel Dewasa
Bisa dibeli di @bukupediacom
Tagline:
I love you.
You love her.
He kissed me.

Blurb:

Saat ini, aku sedang terlibat perasaan dengan dua orang cowok sekaligus.

JANIEL...
Bahkan sampai detik ini pun, Janiel masih belum ada tanda-tanda ngeh mengenai betapa patah hatinya aku karenanya. Yah, aku memang nggak ada rencana untuk memberi tahu sih—buat apa juga? Memangnya situasi bakal berubah? Memangnya Janiel punya perasaan terpendam juga padaku sehingga pernyataan cintaku itu mendorongnya untuk memutuskan Putri dan memacariku?

DANIEL...
Di hari perpisahan itu, aku melakukan sesuatu yang percuma juga untuk aku sesali. Daniel Kelvin Vincensius—itu nama panjangnya—mencuri ciuman dan keperawananku pada hari yang sama. Meninggalkan Indonesia beberapa jam kemudian. Membiarkan aku bertanya-tanya tentang arti kebersamaan singkat itu selama bertahun-tahun... sampai akhirnya aku capek sendiri.

JANIEL atau DANIEL?
Atau lebih baik nggak dua-duanya saja? Aku lagi nggak kepengen bermain-main dengan perasaan dan kebahagiaanku sendiri. Apalagi karena kamu dan aku sama-sama tahu: love hurts, love gives you pain.

You know what... FUCK LOVE! Maybe this is for the best. Sekian dan terima kasih.


Tertanda,


AKU YANG LAGI STRES SENDIRI
Memang sulit memilih diantara dua cowok yang masing-masing memiliki peran penting di hidup kita, layaknya tokoh 'aku' yang terlibat perasaan antara Janiel dan Daniel. Bagi 'aku', Janiel adalah cinta pertama, sejak sekolah dulu 'aku' diam-diam menyukai cowok populer tersebut, Janiel ramah dan humoris, sering bertingkah konyol serta tampan pastinya. 'aku' tidak pernah mengungkapkan perasaan, dia merasa tidak berharga dan pantas untuk Janiel di mana semua cewek yang pernah dia kencani berprestasi, cantik dan populer. 'aku' hanya bisa memandang Janiel dari kejauhan, bermimpi suatu saat kalau perasaanya akan berbalas, sekali saja meliriknya.

Suatu hari bertahun-tahun selepas masa sekolah, tiba-tiba saja 'aku' mendapatkan private message di salah satu akun sosial medianya, yang sekarang lebih berfungsi untuk berbisnis toko pakaian online, lebih mengejutkan lagi pesan tersebut datang dari Janiel bukan dari para customer seperti biasanya, cowok pujaan hati yang sudah lama sekali tidak ada kabar. Pesan yang berisi kekaguman Janiel pada 'aku' berlanjut ke pertemuan langsung. Tentu Janiel banyak berubah, dia tambah menawan, pada pertemuan tersebut Janiel mengemukakan kalau dia ingin belajar bisnis dari 'aku' yang dianggap sudah sangat sukses, Janiel ingin membuka usaha sendiri, dia baru saja resign dari tempatnya bekerja selama ini. Tidak bisa dipercaya memang, awalnya 'aku' merasa minder karena dia tidak sehebat yang dikatakan Janiel, tapi karena bujuk rayu, ditambah bisa berdekatan dengan cinta pertamanya tersebut, 'aku' tidak bisa menolak.

Sayangnya, 'aku' harus kecewa sekali lagi, ketika hubungan mereka semakin dekat, ternyata Janiel sudah memiliki pacar yang sangat cantik, 'aku' merasa tidak akan menang bersaing dengannya. Belum selesai menghadapi patah hatinya, datang mantan tetangga dan teman masa kecil yang akan berziarah dan menginap di rumah 'aku', seseorang yang meninggalkan bekas luka yang belum kering, seseorang yang mencuri ciuman pertama dan kesuciannya, Daniel.

Siapakah yang akan dipilih 'aku'? Cinta pertama atau yang memberi ciuman pertama?
"Orang yang punya waktu untuk ikut ribut dengan masalah orang lain, sebenarnya sedang menghindari keharusan mengurusi masalah diri sendiri."
"Dan ketika cowok benar-benar sedang jatuh cinta, tak seorang pun bisa menghentikannya."
"Ada yang bilang, saat sedang jatuh cinta pada dua orang, sebaiknya memilih yang terakhir," kataku sambil tersipu malu. "Karena kalau benar-benar cinta pada yang pertama, perasaan ke orang terakhir itu nggak mungkin ada."
Setelah beberapa tahun terakhir menulis serial #JBoyfriend dan akan ada seri terbaru #VimanaSingles, kini Christian Simamora menghadirkan cerita stand alone, atau tidak berseri. Terakhir bukunya yang berdiri sendiri adalah Shit Happens, seperti halnya dengan Meet Lame, Shit Happens memakai sudut pandang orang pertama, di mana sangat jarang dipilih oleh penulis, hanya dua buku tersebut. Meet Lame ini awalnya terispirasi dari cerita bersambung Nina Ardianti di blognya, Meet Cute, penulis ingin membuat novel online sendiri, lalu Wattpad menjadi media pilihan, bahkan sudah diposting sampai tamat. Tentunya ada tambahan di versi cetak dong.

Di Meet Lame juga lah saya mendapatkan formula baru di tulisan Christian Simamora, kisah cinta segitiga, biasanya kalau tidak benci jadi cinta ya sahabat jadi cinta, jadi cukup penasaran bagaimana penulis menentukan pilihan terakhir untuk tokoh utamanya. Kalau melihat peran Janiel dan Daniel, keduanya memiliki porsi yang seimbang, cukup terlihat penulis mencoba adil bagi keduanya jadi jangan heran kalau pembaca bakal sulit menentukan pilihan, dari segi tampilan saja keduanya jauh berbeda. Janiel digambarkan cowok yang bersih sedangkan Daniel cowok yang penuh bulu XD. Untuk perasaan 'aku' sendiri bisa dipahami, setelah bertahun-tahun hanya memendam cinta nggak heran dengan hadirnya Janiel membawa harapan baru, tapi tidak semudah itu dong, Daniel juga membawa peran penting, masa lalu yang mereka alami tidak mudah dilupakan dan sangat membekas bagi 'aku', jadi pilihan sulit.

Meet Lame berbeda dengan buku Christian Simamora sebelumnya, masih ada humor tapi jauh dari barang branded dan kalimat gaul, melihat status para tokoh utamanya memang biasa-biasa saja, jauh dari kesan mewah. Untuk kekurangannya sendiri, agak sulit dikemukakan, kurang tebal kali ya, hahaha, tergolong tipis daripada buku yang lain, sehingga kurang banyak interaksi yang dilakukan para tokohnya, kesannya terlalu cepat bagi saya, terlebih fokus tokoh utamanya pada dua orang, mau nggak mau porsinya harus sama kalau nggak ingin pilih kasih. Misalnya saya pingin masa lalu 'aku' dengan Daniel lebih banyak digali lagi, sedikit kalau menurut saya, ketahuan banget milih siapa XD. Saya sempat nggak bisa menebak loh pilihan 'aku' akan jatuh pada siapa, cukup menarik karena bikin penasaran dan ingin segera menyelesaikannya. Mungkin pengaruh narator orang pertama, sehingga pembaca seperti berperan langsung sebagai tokoh 'aku' yang bingung menentukan pilihan. 

Di buku ini adegan dewasanya terbilang sedikit dan nggak eksplisit, seperti yang dikatakan penulis di ask author, karena sebelumnya di posting di Wattpad yang secara bebas bisa dibaca siapa saja, dan kebanyakan di sana banyak pembaca usia remaja, penulis cukup berhati-hati. Namun tetap saja buku ini khusus dewasa. Dari segi layout tidak jauh berbeda seperti buku Christian Simamora kebanyakan, masih ada ilustrasi di tiap bab tapi minus kata-kata pembuka seperti word of the day, hanya ada dua quote di bagian awal dan terakhir. Dari segi bonus, biasanya kan ada paper doll, karena paper doll identik dengan series #JBoyfriend, kali ini penulis membuat sesuatu yang baru dan berbeda, gameboard, ular tangga!



Bagian favorit saya, karena ada dua cowok ganteng, ada bagian masing-masing dong. Untuk Janiel, saya suka ketika dia mengajak kencan 'aku' ke Pasar Asemka, saya jadi pingin ke sana, huhuhu. Untuk Daniel, saya suka ketika pertama kali dia bertemu kembali dengan 'aku', Dani ini pintar banget ngegoda 'aku' dan tahu banget apa yang diinginkan.

Buku ini recommended bagi yang sulit menentukan pilihan seperti 'aku', memang nggak bisa instan sih kalau menyangkut perasaan :D

3.5 sayap untuk #TimDaniel ^^

Baca juga:


Tantangan untuk para host kali ini adalah berfoto bersama buku Meet Lame dengan Bryanboy Pose yang diabadikan dalam iklan Fendi pada tahun 2006, ikonik banget, melihat tokoh utamanya berbisnis pakaian online jadi temanya adalah fashion, ancur deh XD. Kesulitannya adalah kaki saya pendek jadi susah banget meniru versi asli, sampai encok karena berkali-kali foto, hahahaha, tapi seru kok :p.

muka seriusnya udah dapet, tapi mulutnya kurang mangap dikit XD

kaki satunya kurang ditekuk! XD

nah, ini yang bener XD

Niat banget ya? LOL.

50 komentar:

  1. Aku malah fokus ke mba sulisnya. XXD
    Walaupun cerita cinta segitiga sudah banyak, baca reviewnya ceritanya pasti keren nih mba.
    Penasaran juga sama tokoh si aku yang terjebak cinta segitiga.

    BalasHapus
  2. Kece badai posenya! xD
    #salah fokus

    BalasHapus
  3. Uuuh, posenya.eh btw itu buku2 yg dibelakang ada niat di flea ga? Ngincer novel2nya

    BalasHapus
  4. Mba Sulis kece parah lah, alaala bintang iklan syudah. *gagal fokus*

    Dicintai oleh 2orang cowo yg sama-sama 'berkualitas'? Ahh aku mau jadi 'Aku'.
    Gimana rasanya yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka, makasih ya, ancur-ancuran deh pokoknya, apa itu malu? XD

      Hapus
  5. Posenya swag banget awwww. Aku buka review ini yang pertama kali aku cari itu fotonya jahahahaha

    BalasHapus
  6. haha... lutu ih si mbk photo'nya, wajib antrian list baca nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Recommended bagi yang mencari kisah cinta segitiga :)

      Hapus
  7. Posenya:3 salah fokus salah fokus. Eh tapi itu semua novel? Salah fokus lagi:v

    BalasHapus
  8. wahaha, fokusku langsung ke tumpukan buku di belakang mbak Sulis.. XD *salah fokus* *lap iler*

    bertahun-tahun memendam luka, dan bertahun-tahun memendam cinta.. asdragon, kalo luka & cinta itu makanan, pasti udah busuk gitu deh tampangna.. kagak kebayang dah gimana bentuk hati si "AKU".. X'D

    BalasHapus
  9. Makin penasaran sama novel ini. Ceritanya memang klise cinta segitiga tapi menurutku dikemas dengan manis dan menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka bagaimana penulis berhasil membuat pembaca galau memilih diantara dua pilihan :D

      Hapus
  10. Kisah cinta yang rumit bangeeeet. Tapi salut buat bang Ino walaupun novelnya stand alone tapi banyak peminat. Dari baca sinopsis aja aku sudah minat bang, pft.
    Menurutku reviewnya.... kurang panjang nih. Tapi ntar malah spoiler ya? wkwk. Quotenya deh yang kurang banyak tapi berhasil bikin penasaran sama pilihan si "aku" hmm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar pada penasaran, kalau kurang panjang pantau aja timeline twitterku, setiap hari aku bagi-bagi quote novel ini :D

      Hapus
  11. yaa ampunnnnn pose mba sulis kece badaiiiiii :D Mantaplahhhh hihihi
    Btw aku penasaran pake banget buat baca novel Meet Lame ini :D Review yang di tulis kak sulis juga bagus & bikin aku makin penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi makasih ya, semoga nanti kesampaian baca :)

      Hapus
  12. Ah, ini lulusan wattpad ya? *kudet saya :D *
    Pengenlah jadi 'Aku' di rebutin dua cowok keren. Ga usah direbutin, sekedar akrab juga ga apa-apa *apalah daya ku, yang ada pelawak semua*.
    Berarti novel ini sekali lagi membuktikan, pertama lama ilangnya :3 . Cinta segitiga, ini sainganya seimbang ya? -tambah dilema- iya sih, kebanyakan kalo cerita kaya gini kebanyakan saingannya berat sebelah . Penasaran, penasaran pengen baca... main wattpad aja baru-baru ini, jadi pas ini cerita tayang aku masih -taulah sendiri :D.

    Kak -bolehkan panggil kakak aja? saya ga biasa manggil mbak soalnya, boleh ya? boleh ya?- itu yang di backroundnya lempar satu dong :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, sayangnya yang dibackground merupakan koleksi kesayangan :p

      Hapus
  13. mba suliss, fotonya kece badai mbaa tp saya boleh jujuk ndakk? saya lebih focus ke background-nya mba. ehehehehehhehe. mba punya novel sebanyak itu? pantes saja mba me-review novelnya bang Christian Simamora bagus banget. Semangat mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fokus ke AKOH dong, hahahaha. Iya, itu novel koleksiku, makasih ya, semangat juga buat kamu, semoga bisa membaca Meet Lame :)

      Hapus
  14. Cinta segitiga, meskipun temanya klasik tapi ditangan yang tepat bisa bikin cerita yang baper-in buat pembacanya :D
    By the way dari 1 halaman ini yang menarik mataku memang foto pose-nya mbk Sulis sih, hehehe ;)

    BalasHapus
  15. Cerita yang seksi, dan pose yang buat saya autofokus ke sana :3

    BalasHapus
  16. Mbak aku malah fokus k foto mbak dan lebih fokus k tumpukan buku-buku

    ya kalo udah soal perasaan pasti bikin bingung. Jadinya penasaran sama pilihan si aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi cowoknya cakep-cakep ya, tambah bingung milihnya :)

      Hapus
  17. jadi bingung mo komentarin reviewnya atau pose mba Sulis hahahaaaa
    tapi yg pasti review novelnya bagus seperti biasanya, dan bikin penasaran pingin baca juga!
    untuk posenya.....saingan sama backgroundnya yg jadi perhatian hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, kayaknya kalah sama yang background deh XD

      Hapus
  18. novel yang menarik dengan ada permainannya juga. apalagi promosi dari mba sulis bikin makin 'bernafsu' buat membaca buku ini

    BalasHapus
  19. kalau aku nya jadi "aku" gimana ya...?? disukai dua orang cowok yang sama2 berpotensi..?? Dan aku baru tau klo yang brewok itu Daniel, jadi teringat sama pemain drama Turki... kira-kira Daniel yang mana ya..?? *abaikan*

    Oia, lupa bilang posenya keren kak ditambah backgroundnya itu lho... :D

    Terima kasih reviewnya kak Sulis ^^

    BalasHapus
  20. Direkomendasikan bagi yang sulit menentukan pilihan, hahaa.. terjebak antara dua orang yang diceritakan seimbang memang bikin bimbang. Jadi, pilih yang bersih apa yang dengan bulu? Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit brewokan nggak pa-pa deh, asal nggak kumisan XD

      Hapus
  21. Wah sumpah ini mah bikin penasaran banget. Biasanya tokoh novel Bang ChrisMor kan kalo ngga ceweknya ya cowoknya tuh hedoh, anak gaul jakarta banget lah istilahnya. Lha ini?? Ciuman aja baru sekali, begituan aja baru sekali juga xD ini beda banget dari yang sebelum2nya nih, apalagi disebutin juga tokoh2nua dari kalangan biasa. Sama satu lagi yang baru, konsep nama pemeran utama yang ngga diungkap. Itu kan bakal bikin pembaca dapat menghayal jadi si aku karena ngebacanya aku, bukan nama seorang cewek. Kayaknya yang baca Meet Lame pada bakal baper deh berasa jadi itu cewek xD

    BalasHapus
  22. wowowowooo~ saya memang belum banyak baca karyanya si Abang. Tapi dari beberapa yang saya baca, hampir semuanya pakai bahasa gaul bahkan sampai narasinya. Jadi kalau Meet lame ini benar-benar pakai EYD, waaaaah~ kabar baru banget buat saya. Pingin nyicipin karya Abang yangㅡsepertinyaㅡterkesan serius ini!! /lalu mulai membaca mantra/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak serius banget kok, nyaman dibaca kalau aku :)

      Hapus
  23. Gagal fokus, lebih liat tumpukan bukunya ^^ Tapi, posenya mbak kece banget.. Jadi ingin tahu endingnya "aku" bakal berakhir sama siapa, semoga saja sama Daniel..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...