Selasa, 12 November 2013

#5BukuDalamHidupku Day 1: Buku Pertama Posting Bareng BBI


Proyek ini saya ketahui baru saja, sebelum membuat postingan ini lewat rahib @htanzil di grup facebook BBI (Blogger Buku Indonesia). Kemudian saya intip postingan dari @irwanbajang di blognya untuk mengetahui lebih lengkapnya. Dalam postingan tersebut, intinya beliau mengajak para blogger untuk 'mudik' mengenang kembali rumah kita (baca: blog) dengan mengisinya tentang 5 buku yang berpengaruh dalam hidup, 5 buku yang mengubah hidup Anda! Proyek bersama ini dimulai dari tanggal 12 - 16 November 2013, terakhir di posting pukul 00.00 setiap harinya. Setiap hari blogger menulis 1 postingan tentang 1 buku yang mengubah hidupnya, panjang tulisan minimal 500 kata. Bicara tentang 'rumah', beberapa kali saya pindah rumah, mulai dari posterous, wordpress dan sekarang saya tidak ingin pindah lagi dan menjadikan blogspot sebagai rumah buku saya. Rumah yang saya isi dengan berbagai macam uneg-uteg tentang buku.

Dalam pikiran langsung terbayang satu buku yang mengubah hidup saya, buku pertama yang dijadikan posting bareng teman-teman BBI, sebuah komunitas yang menjadi rumah kedua saya. BBI sangat berjasa bagi saya, berkat komunitas tersebut saya mempunyai teman-teman pecinta buku yang sebelumnya jarang saya temui di dunia nyata, saya belajar sedikit demi sedikit menulis review buku, cukup aktif ngeblog sampai sekarang ini bahkan beberapa kali menang lomba review. Salah satu ciri khas BBI adalah setiap bulannya kita baca bereng sebuah buku dengan tema tertentu (bisa satu genre, buku-buku yang mendapatkan penghargaan, dsb) kemudian di akhir bulan kita mempostingnya secara bersama-sama dan saling blogwalking, berkomentar. Dan buku pertama yang dipilih BBI untuk baca bareng pada tanggal 31 Mei 2011 adalah Wuthering Heights by Emily Bronte (klik judul untuk baca reviewnya).

Penulis: Emily Bronte
Penerbit: Gramedia
Cetakan: I, April 2011
ISBN: 978-979-22-6278-9
488 halaman
Selain bersejarah karena menjadi buku pertama yang diposting bareng BBI, buku ini juga membuat saya keluar dari zona nyaman, mencoba sesuatu yang baru. Bergabung dengan BBI memang banyak sekali manfaatnya, selain mendapatkan banyak teman yang sehobi, wawasan saya tentang buku dengan berbagai genre pun bertambah. Sebelumnya, saya adalah pecinta berat genre romance, jarang sekali baca buku di luar genre tersebut. Dengan ditetapkannya Wuthering Heights (WH) untuk baca bareng, mau nggak mau saya harus ikut membacanya. WH adalah buku klasik yang pertama saya baca, berkat buku itu juga saya jadi ketagihan membaca buku yang beraura dark, bernuansa kelam. Saya ingat sekali waktu mencari buku tersebut di Toga Mas Solo, bukunya tinggal satu dan itu pun buku yang dijadikan sample untuk dibaca di tempat atau yang plastiknya udah dibuka. Nggak pa-pa deh, demi BBI :D

Satu hal yang saya pelajari dari posting bareng ini, selain rasa kebersamaan yang kental, bahwa mencoba sesuatu yang baru itu tidak salah, mencoba sesuatu yang baru bisa membuatmu menemukan hal yang siapa tahu menjadi 'jodohmu', semisal dalam genre bacaan, kamu menemukan genre yang ternyata sangat dirimu, dan saya mengalaminya juga.

Sampai saat ini posting bareng BBI masih dilakukan dengan tema buku yang nggak kalah asik dengan yang dulu (setiap bulan ditentukan dengan polling) karena BBI sekarang sudah terorganisir, ada divisi yang mengatur jadwal baca selama setahun dengan tema yang sangat menarik. Saya akui, tahun ini saya agak 'bandel' dengan beberapa kali mangkir tidak setor review, tapi tahun depan saya akan berusaha aktif kembali dalam ajang posting bareng. Dan saya berharap posting bareng tahun depan akan serame tahun awal BBI terbentuk, dengan banyaknya member sekarang ini seharusnya lebih meriah lagi dan saya berharap teman yang sekarang vakum akan bangkit kembali dalam mereview buku, ayo blogwalking bareng! :D

Salam sayang,
@peri_hutan

15 komentar:

  1. saya juga banyak absen nyetor review baca bareng, padahal bukunya kadang sudah dibaca, tapi reviewnya telat mulu. semoga tahun depan bisa mulai rutin dan ga absen2 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat! cambukan buat aku juga nih biar lebih rajin lagi ikut posbar :)

      Hapus
  2. Ikut nggak posbar ini? ._.

    Btw, sejak dulu kesengsem sama buku ini, tapi belum juga keturutan baca ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut dong, kan udah ada reviewnya :p
      semoga cepet terkabul ya :)

      Hapus
  3. selalu penasaran sama wuthering heighs gara-gara beberapa novel mengambil WH ini sebagai bagian dari cerita..tapi sampai sekarang belum pernah dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru juga loh ceritanya, emang bikin emosi sih tapi dijamin akan selalu membekas, salah satu buku klasik yang wajib dibaca kalau menurutku :)

      Hapus
  4. Wew, baru tau kalau BBI banyak divisinya
    Divisi yang mengatur jadwal baca selama setahun itu kapan aja tuh mewajibkan kasih tema yg menarik?
    Keren banget nih BBI

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sebelum pergantian tahun atau awal tahun udah ada listnya, nanti posting reviewnya di akhir bulan :)

      Hapus
  5. yah cuma dr tanggal 12-16 yah, pass deh. #GaKonsisten

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, mungkin telat tahunya, aku aja juga baru tahu kemaren dan langsung buat :)

      Hapus
  6. Kepengen jg gabung sm bbi dan punya temen2 yang suka buku... tapi aku baru belajar ngeblog, jadi cuma bisa ngagumin dan baca2 posting serta temenan dr fb... i wish i could be part of BBI one day...

    BalasHapus
  7. Seneng ya kayaknya kalau bisa gabung BBI, bisa share bareng tentang dunia membaca asyik deh

    BalasHapus
  8. baru tahu ada komunitas buku keren kayak gt.. keren deh.. jadi punya teman sesama pecinta buku.. dan saya baru baru ini tersesat di blog blog buku.. suka ngebaca review-reviewnya.. jadi mbak Sulis in perlahan yah.. belajar reviewnya.. saya juga pengen deh mereview buku

    BalasHapus
  9. baru tahu ada komunitas buku keren kayak gt.. keren deh.. jadi punya teman sesama pecinta buku.. dan saya baru baru ini tersesat di blog blog buku.. suka ngebaca review-reviewnya.. jadi mbak Sulis in perlahan yah.. belajar reviewnya.. saya juga pengen deh mereview buku

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...