Jumat, 08 November 2013

Friday's Recommendation #13


Bernadette Fox is notorious. To her Microsoft-guru husband, she's a fearlessly opinionated partner; to fellow private-school mothers in Seattle, she's a disgrace; to design mavens, she's a revolutionary architect, and to 15-year-old Bee, she is a best friend and, simply, Mom.

Then Bernadette disappears. It began when Bee aced her report card and claimed her promised reward: a family trip to Antarctica. But Bernadette's intensifying allergy to Seattle—and people in general—has made her so agoraphobic that a virtual assistant in India now runs her most basic errands. A trip to the end of the earth is problematic.

To find her mother, Bee compiles email messages, official documents, secret correspondence—creating a compulsively readable and touching novel about misplaced genius and a mother and daughter's role in an absurd world.


Hai hooo, jumpa lagi di Friday's Recommendation-nya Ren's Little Corner, kali ini edisi special nih karena ada giveawaynya juga, di mana kalau beruntung bakal dapet buku pilihan sendiri dengan nominal 75k, seru kan?


Pilihan saya kali ini adalah Where'd You Go, Bernadette by Maria Semple. Saya pengen banget buku ini diterjemahin, membaca sinopsisnya saya teringat dengan Gone Girl, cerita tentang keluarga yang dari luar sangat biasa tetapi kalau lebih dicermati lagi nggak segampang yang kita bayangkan, rumit dan gila. Kalau di Gone Girl bercerita tentang pencarian seorang istri yang tiba-tiba menghilang, di buku ini pencarian seorang ibu yang dilakukan oleh anak berumur 15 tahun. Hanya dengan melihat cover dan sinopsis buku ini langsung saya masukkan ke rak harus-diterjemahin. Biasanya intuisi saya selalu tepat ;p, ditambah buku ini juga mendapat penghargaan untuk Women's Prize for Fiction Nominee for Shortlist (2013) dan  ALA Alex Award (2013). 
Semoga ada yang nglirik.

Kalau mau ikut ini caranya:

1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :

a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 

b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.

Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya

2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya

3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner

4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.

5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain :)

6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

http://renslittlecorner.blogspot.com/2013/11/fridays-recommendation-25-giveaway.html

16 komentar:

  1. Wah dapat pujian dari Jonathan Frazen ... layak dipertimbangkan *masukin wishlist*

    BalasHapus
  2. ngga pernah baca yg tipe2 Gone Girl, tapi penasaran sih

    BalasHapus
  3. Mba saya baru banget di dunia blog buku, apa arti meme itu mba? Dan bagaimana kita mengkategorikan buku sebagai, young adult membedakan genre thriller dan horror selama ini saya cuma baca saja buku tanpa mengkategorikan genre buku.. yg saya tau cuma : children, classic, chicklit, teenlit, fantasy. Kalo kaya sidney sheldon, john grissam atau danielle steel masuk genre apa ya mba ^^ thx mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Astri, waduh pertanyaannya susah nih, aku coba jawab ya, aku juga baru kok di dunia buku :D

      Meme, sebenernya aku sendiri juga nggak ngerti arti sebenernya dari meme, kalau secara luas meme dikenal sebagai gambar yang nyleneh, yang menggambarkan kehidupan di sekitar kita secara satir. Kalau untuk blog buku lebih sering digunakan untuk memposting sesuatu yang berhubungan dengan buku, sifatnya non review, memiliki ketentuan, di post secara periodik (biasanya dijadikan judul juga untuk menandakan kapan meme tersebut diposting) serta bisa diikuti oleh blogger lain. Seperti contohnya, Wishful Wednesday: berisi buku apa saja yang kita inginkan, sesuai namanya diposting setiap hari rabu. Friday's Recommendation: sebuah meme yg dimaksudkan memberikan rekomendasi untuk pembaca lain, ada dua pilihan: ingin diterjemahin atau buku yg pernah dibaca. Seperti itulah, semoga nggak bingung ya :D

      Untuk genre sendiri, saya sebenernya juga baru belajar untuk membedakan, saya memang sedang melakukan riset karena salah satu impian saya untuk Kubikel Romance adalah memposting berbagai macam arti genre. Secara garis besar, genre dibedakan menjadi dua Non Fiksi dan Fiksi, dari kedua genre tersebut ada banyak secali sub genre yang menyertai masing-masing, kalau digambar, cabangnya bisa panjang banget :D.

      Young Adult, kalau di Indonesia lebih terkenal dengan sebutan teenlit, familier kan? Biasanya diperuntukkan untuk pembaca remaja - dewasa muda (umur 13 -21 tahun). Tokoh utamanya adalah seorang remaja. Konflik yang diangkat biasanya nggak jauh dari kehidupan sehari-hari. Contohnya banyak banget, kalau favorit aku yaitu buku-buku dari Sitta Karina :D. Referensi aku dari goodreads dan wikipedia, ini linknya kalau pengen lebih jelasnya: http://en.wikipedia.org/wiki/Young-adult_fiction | https://www.goodreads.com/genres/young-adult

      Well, untuk Thriller dan Horror, mau nggak mau membahas Mystery dan Suspense juga :p. Karena ada benang merah yang merancukan keempat genre tersebut: pembunuhan. Saya sendiri sebenernya masih bingung, terlebih untuk thriller dan suspense.

      Mystery: kata apa yg berhubungan dengan kata misteri? pasti ada teka teki :p. Kalau sebuah buku tokoh utamanya detektif, saya mengkategorikan sebagai genre misteri, karena yang paling seru dalam genre tersebut adalah bagaimana pembaca ikut menguak teka teki yang juga dilakukan oleh si detektif. Contohnya adalah Da Vinci Code - Dan Brown. Link: http://en.wikipedia.org/wiki/Mystery_fiction | https://www.goodreads.com/genres/mystery

      Horror: kalau ada hantu-hantunya atau berhubungan dengan supranatural, saya mengaktegorikannya genre horror. Buku yang pernah saya baca Danur - Risa Saraswati dan akan dibaca: Aku Tahu Kamu Hantu - Eve Shi. Link : https://www.goodreads.com/genres/horror | http://en.wikipedia.org/wiki/Horror_fiction

      Thriller: yang ditonjolkan adalah plotnya (isi cerita), aksi, kejutan -terlebih di ending, dan teror yang biasanya mendominasi. Satin Merah-nya Barhmanto Anindito & Rie Yanti contohnya. Link: http://en.wikipedia.org/wiki/Thriller_%28genre%29 | https://www.goodreads.com/genres/thriller

      Suspense: agak susah nih menjelaskannya, suspense sendiri adalah turunan dari genre thriller, secara harafiahnya atau artinya adalah ketegangan. Saya jarang membuat suspense menjadi genre yang berdiri sendiri, biasanya saya masukkan ke romance >> romance suspense, di mana kisah cinta yang dibumbui oleh ketegangan atau pembunuhan. Di genre ini bumbu romance dan suspensenya bisa dibilang seimbang. Contoh yang sering saya baca adalah buku-bukunya Sandra Brown yang tebel-tebel dan Linda Howard. Link: http://en.wikipedia.org/wiki/Suspense | https://www.goodreads.com/genres/suspense

      Semoga sedikit membantu ya :D

      Hapus
    2. Oh ya lupa untuk pertanyaannya, jujur saya belum pernah baca bukunya Sidney Sheldon, John Grissam dan baru sekali baca bukunya Danielle Steel.

      Danielle Steel: saya lebih prefer mengaktegorikannya ke genre Romance Suspense, karena ada kisah cinta yang juga mendominasi selain pembunuhan atau misteri.

      John Grissam: semoga saja jawaban saya nggak salah, Thriller :D

      Sidney Sheldon: semoga nggak salah juga jawaban saya, Romance Suspense :D

      Yang jelas, pedoman saya untuk membedakan genre tersebut adalah yang saya jelaskan di atas, semoga mencerahkan :D

      Hapus
    3. Grissham ada beberapa yang thriller, ada juga yang suspense. Tapi drama pengadilan pun ada.

      Untuk Sheldon, menurutku sih unsur Romance-nya kurang. Lebih kental di suspense dan misterinya (penggemar Sheldon berkomentar) :))

      Hapus
    4. Koreksi dikit sih Lis, di genre thriller/misteri/horror belum tentu ada pembunuhan, bisa aja kasusnya penculikan, atau malah ada konspirasi.

      Kalau suspense itu lebih ke suatu unsur dalam cerita, karena bahkan di romance atau cerita biasa, juga bisa ada suspense. Cuma orang akhirnya mengkategorikan suspense jadi genre tersendiri. Seperti Sandra Brown, itu bisa dibilang misteri, dan juga thriller.

      Intinya sih, tiap orang bisa beda2 persepsinya :)

      Hapus
    5. i see, makasih Ren sama penjelasannya, aku nggak terlalu suka genre ini soalnya dan baru sedikit yang aku baca, kecuali kalau ada romancenya *dan bagian pembunuhannya sering dilewati* =))

      Hapus
    6. Terima kasih banyak Mba Sulis sudah menjelaskan kepada saya dengan detail dan panjang, saya jadi lumayan ngerti, cuma tetep genre buku banyak banget ya ternyata.... selama ini baca2 aja ga pernah terpikir ini genre apa, setelah bulan juni 2013saya bergabung di goodreads saya baru tau ada banyak genre buku.... *selama ini saya telat banget baru gabung di goodreads dan melihat blog2 buku :(
      Oh ya mba kalo saya mau liat notif misal saya comment seperti ini dan dibales liatnya dari mana ya, soalnya saya musti buka satu2 baru keliatan.... ga muncul di email. Mba Sulis makasih ya tetaplah berkarya :D

      Mba Dewi dan Mba Ren , makasih ya sudah menjelaskan juga saya jadi lebih mengerti sekarang, saya kira sandra brown itu romance2 aja, buanyakkkk macemnyabya ternyata.... saya senang sekali karena bisa ngobrol dengan para pecinta buku, sejak ikut goodreads saya makin semangat buat membaca dan jadi berkenalan dengan blogger buku yg keren2, uda baca ampe ratusan bahkan ribuan buku.

      Sukses selalu buat Mba sulis, Mba Ren dan Mba dewi kalian sangat menginspirasi saya... saya suka membaca2 blog mba sekalian...

      Salam buku ^^

      Hapus
    7. Oh ini toh maksud meme
      Akhirnya nemu juga maksud meme
      Selama ini roaming
      Makasih mbak sulis ats jawabannya
      lengkap bgt nih

      Hapus
  4. Buku ini sering banget muncul di sidebar ads-nya blogger buku luar, sampe ke popups application di android aja muncul :p
    Btw, Kak Sulis udah baca Gone Girl? #salahfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm, belum, hahaha, aku nunggu terjamahannya nih, kayaknya nggak mampu baca kalau inggris, baca review seseorang Gone Girl termasuk bacaan berat :)

      Hapus
  5. Hahaha....aku sering liat buku ini di blog luar, tapi karena covernya gak napsuin jadi gak pernah dilirik. Ternyata ada misterinya, kirain semacam chicklit

    BalasHapus
  6. jadi tahu meme itu apa setelah baca jawaban mbak sulis di atas... haha saya termasuk orang yang sulit juga membedakan genre mungkin karena sy gak terlalu mendalami buku kali.. yaaa

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...