Minggu, 20 Maret 2016

Cara Agar Postingan Kamu Banjir Komentar | How To


Siapa yang fakir komentar di sini? *ngacung* XD
Hai halooo good readers, jumpa lagi dengan postingan How To, tempat di mana saya berbagi tips dan trik seputar dunia buku, dan bahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara agar postingan kita banjir komentar, impian semua blogger dong selain menjadi viral :D. Saya selalu menyukai komentar yang masuk di blog, kecuali spam pastinya, saya menganggap mereka mengapresiasi apa yang saya tulis, meluangkan waktu untuk membaca sampai habis dan urun pendapat, walau tidak jarang ada yang memilih sebagai silent readers, saya hargai kok. Hanya saja dengan meninggalkan jejak saya jadi tahu siapa saja yang sering mengunjungi blog ini, dan kalau ada kesempatan pasti saya stalker dan berkunjung balik ke blognya :D.

Dengan menulis postingan ini bukan berarti tiap kali saya posting pasti banyak yang komentar, nggak kok, banyak yang komentar kalau ada kuis buku alias giveaway saja, wakakaka. Kadang satu postingan bisa sangat sepi alias tidak ada sama sekali yang berkomentar, makanya saya mengapresiasi balik dengan salah satu cara yaitu mengadakan Giveaway Terselubung alias giveaway diam-diam, giveaway khas dari Kubikel Romance, siapa saja yang ikhlas membaca postingan saya, mereka akan menemukan kejutan di akhir dan berkesempatan mendapatkan hadiah, tidak ada syarat ribet sama sekali, hanya komentar sesuai postingan yang saya tulis, misalkan saja menjawab pertanyaan sesuai postingan tersebut atau memilih buku apa yang pembaca mau (iya iya, kapan-kapan saya adakan lagi deh Giveaway Terselubung ini).

Berikut adalah Cara Agar Postingan Kamu Banjir Komentar, saya menulis postingan ini berdasarkan pengalaman ketika ingin berkomentar di blog lain, pengamatan dan riset kecil-kecilan.

1. Konten yang menarik
Konten adalah segalanya, jadi kalau tulisan kamu menarik, bermanfaat, pasti banyak yang membaca dan berkomentar. Bisa juga tulisan yang mendatangkan pro dan kontra atau negative review. Misalkan saja sewaktu Ren meresensi buku Fifty Shades of Grey, tulisannya menjadi viral karena banyak yang pro dan kontra dengan buku tersebut, penggemar fanatik merasa tidak sependapat dengan apa yang dia tulis, pun dengan pembaca yang merasa buku tersebut tidak bermakna sama sekali. Kemudian review Dewi tidak pernah sepi dan selalu ditunggu karena cara dia mereview sangat menghibur, menyisipkan banyolan sehingga yang membaca tidak akan bosan.

Tulisan yang penuh kontroversi memang lebih cenderung menarik minat pembaca untuk berkomentar, tapi bukan berarti kamu harus selalu menulis segala sesuatu yang berbau negatif. Menulislah sesuai apa yang kamu rasakan, dari hati, saya yakin pesannya akan lebih sampai ke pembaca dan kalau mereka ingin berkomentar pasti berkomentar secara tulus :D

2. Membalas komentar yang masuk
Saya selalu menyempatkan membalas setiap komentar yang masuk di blog saya, kecuali jawaban giveaway. Salah satu cara saya menghargai jerih payah mereka ketika berkomentar, serta menciptakan komunikasi dengan pembaca, agar blog kita menjadi interaktif. Bisa juga dengan membalas komentar yang masuk maka si penulis tadi akan berkomentar lagi, membalasnya dan seterusnya, jadi panjang deh komentarnya :D.

3. Berkomentar balik dan blogwalking
Ingin postingan kamu dikomentari orang? Maka berkomentarlah terlebih dahulu. Sering blogwalking dan meninggalkan jejak, maka blogger lainnya pun akan terpanggil untuk berkunjung balik dan meninggalkan jejak juga, kalau blogger buku pasti familier dengan Bloggers Commenting Back. Memang tidak semua menerapkan sistem seperti ini, tapi sebagian besar yang 'melek' atau sadar dengan aturan tidak tertulis ini akan melakukannya. Saya sendiri selalu berusaha berkunjung balik kalau yang berkomentar di blog saya adalah seorang blogger atau ketika mereka meninggalkan link atau meminta berkunjung balik, saya akan menyempatkan membaca dan berkomentar, bahkan kalau tulisannya sebagian besar menarik akan saya follow. Menambah teman dan backlink.

Pengalaman saya saling berbalas komentar adalah dengan blog Kandang Baca, setiap kali ada postingan baru di blognya atau sebaliknya, kami saling meninggalkan jejak, seperti peraturan tidak tertulis, tapi sayang sekarang si admin sedang sibuk dengan dunianya sendiri, jarang ngeblog lagi, hahahaha. Atau mbak Astrid dari Book To Share juga akan selalu gantian mengunjungi blog dan berkomentar balik, terlebih kalau kalian mengikuti salah satu meme yang digagasnya, Wishful Wednesday, pasti deh dikomentari postingan kalian :D.

4. Gunakan media/platform berkomentar yang sederhana
Pernah berkomentar panjang lebar tapi begitu akan mengklik post comment tiba-tiba aja hilang, menulis ulang berkali-kali atau harus mengisi tetek bengek yang begitu ribet? Misalkan saja capcai yang ketika menulis harus memincingkan mata karena tidak tahu huruf atau angka apa itu sebenarnya? Hilangkan! saya tahu hal tersebut guna menghindari para spammers, tapi untuk orang yang males ribet dan pinginnya sekali nulis komentar langsung jadi, hal tersebut sangat merepotkan. Intinya adalah permudah orang ketika ingin berkomentar di blog kita, salah satu yang penting adalah medianya, buat sesederhana dan senyaman mungkin.

Kalau pengguna Wordpress lebih enak karena komentar yang masuk sekiranya spam langsung digiring ke tempat seharusnya. Untuk Blogspot sendiri ada beberapa pilihan seperti menerapkan kode-kode rahasia tadi, dimoderasi terlebih dahulu, memilih siapa saja yang boleh berkomentar bahkan siapa saja bisa berkomentar termasuk anonim! Saya menerapkan yang terakhir, siapa saja bisa berkomentar termasuk anonim, biar yang kesulitan karena koneksi dan bagi yang tidak memiliki akun blogspot atau Google+ tetap bisa berkomentar, walau harapannya tetap menuliskan siapa dirinya, misalkan saja dengan menyantumkan akun twitter, serta harus sering-sering menyapu kalau ada serbuan spam. Saya orangnya nggak mau ribet maka menerapkan yang sama kepada orang yang ingin berkunjung ke blog saya. 

Bisa juga menggunakan media lain seperti Disqus atau IntenseDebate yang bisa registrasi dengan akun twitter, facebook, dan sosial media lainnya. Dulu awal-awal ngeblog saya pernah mencoba menggunakan Disqus, tampilannya lebih menarik sih tapi banyak yang protes jadi lemot, akhirnya saya copot dan menggunakan bawaan saja, komentar yang masuk tidak akan hilang kok, tetap tercetak di postingan kita dengan tampilan bawaan, salah satu keuntungan kalau ingin lepas. Disqus juga bisa diterapkan di tumblr yang tidak menyediakan kolom komentar. Sedangkan keuntungan menggunakan IntenseDebate ketika berkomentar, maka postingan terakhir yang kita tulis akan tercantum di bawah komentar blog yang kita kunjungi, sehingga memudahkan orang untuk blogwalking, kekurangannya apalagi kalau bukan jadi lemot :D. Jadi, pilihlah media/platform yang mudah dan nyaman bagi pembaca.

5. Tinggalkan pertanyaan di akhir postingan
Salah satu cara untuk memancing pembaca berkomentar selain 'tulisan yang bagus, kakakkk' adalah memberi pertanyaan di akhir postingan kita. Pertanyaan tergantung dari apa yang kita bahas, misalkan saja pendapatnya akan topik yang kita angkat, saran dan kritik, atau pengalaman pribadi yang berhubungan dengan konten yang kita suguhkan. Misalkan saya lewat postingan Let's Talk, pasti saya akan memberi pertanyaan di akhir karena tujuan dari postingan tersebut adalah mengajak pembaca untuk berdiskusi. Intinya ajak pembaca untuk ikut bersuara, dengan cara ini juga pembaca jadi tahu apa yang akan dia tulis, terarah, tidak hanya komentar mainstream dan terkesan numpang lewat saja :D

Yak, demikianlah Cara Agar Postingan Kamu Banjir Komentar, sedikit tips dan trik dari saya. Memang cara tersebut tidak seratus persen manjur alias dengan langsung menerapkan maka blog kalian akan diserbu komentar masuk, tidak, hahaha. Semoga saja bisa membantu sedikit demi sedikit ya, dan semoga saja tidak ada masalah ketika kalian ingin berkomentar di blog ini. Selalu produktif dan tampilkan tulisan yang terbaik :D.

Terakhir, apa yang membuat kalian ingin berkomentar di blog yang dikunjungi? (selain postingan giveaway loh ya) :D.

Keep blogging! Dan jangan lupa berkomentar XD

57 komentar:

  1. Waaaah, makasih buat tips-tipsnya, Kak Sulis >_< Biasanya penyebab silent itu koneksi internet sih bagiku, apalagi kalau sinyalnya ilang-ilangan kayak di gunung hufft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, koneksi emang kadang nyebelin, kalau aku biasanya sudah nulis panjang-panjang eh disuruh ngulang alias hilang sendiri, bikin males :)

      Hapus
  2. Selama ini aku banyak blogwalkingbtapi ada juga yang ga pernah mau komen balik hihihi, kao ga si empunya blog ga mau balesin komen kita..,en lebih sedihnya lagi komen temen lain yg komen di postingan yang sama tetep dikomen (maksudnya si empunya blog pilih2 balesin kome, yang sekiranya segenk lah yang dibalesin)
    Maunya dikomenin terus itu gimana kak?
    Biasanya yang kek gitu ga aku intip lagi blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga komen kita mengandung kalimat retoris alias tidak membutuhkan jawaban, misalkan saja di postingan udah jelas tapi di komentar ditanyakan lagi. Kadang juga komentarnya nyelip alias si empunya blog nggak tahu kalau ada komentar saking banyaknya komentar yang masuk :)

      Hapus
    2. Tapi temen lain yang tanya hal gitu malah dibales huhuhu
      Apa ada yang emang tipenya milih2 balesin komen yak, hihi

      Hapus
    3. Kalau itu aku nggak tahu, hehehe, yah semoga aja nggak ya :)

      Hapus
  3. aku biasanya blogwalking mak, sm point yg terakhir jg

    BalasHapus
  4. Pengennya si komen ke semua blog yg di bw, tp kalau pas tulisannya pas gak sesuai hati ya gk jadi komen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga nggak selalu ninggalin jejak ke semua blog yang aku kunjungi kok, seringnya berkomentar kalau postingannya benar-benar aku sukai atau ingin berkenalan :)

      Hapus
  5. Thanks tipsnya :) terutama no.1. Konten harus menarik

    BalasHapus
  6. kadang2 liat blogger senior jarang ada yang bw atau komenin komennya temen, hehe. But, tapi itu pilihan setiap blogger,masing2 punya alasan. Saya membiasakan bw, yang salah satu nikmatnya bisa numpang curhat di post orang yang kebetulan kita tidak menuliskan itu, misal di post ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, berkomentar adalah pilihan, kalau dia berkomentar di blogku dan aku gantian blog walking tapi tidak ada yang harus dikomentari, aku jadi silent reader. Untuk blogger senior mungkin tidak ada waktu atau saking banyaknya komentar yang masuk, kadang aku pun baru beberapa hari baru bales karena tidak setiap hari online lewat komputer:)

      Hapus
  7. Kalau aku biasanya tergantung mood juga sih ninggalin komennya...😆 sama waktu dan koneksi internet ketika blogwalking...

    Kalau pas mood bagus, koneksi bagus tp waktunya mepet ya plg klo gak komen singkat, aku cuma baca doang tanpa ninggalin jejak... 😅

    Kebanyakan memang kalau hanya review buku/produk aku cuma baca ajah, kecuali klo bener2 meninggalkan kesan, baru aku komen deh! Jd bener bgt tuh kata Mba Sulis, konten adalah hal pertama yg bikin pengunjung blog meninggalkan komen atau enggak.

    Soal komen yg gak direply sama si empunya blog sih aku nda terlalu mempermasalahkan,apalagi klo dia udah blogger papan atas yg traffic blognya ruameeee bgt! Istilahnya sih maklum...


    Kalau blogku sendiri sih emg msh baru bgt dan krn pd dsrnya aku bikin u/ semacam jurnal baca, jadinya mmg gak terlalu pusing soal pengunjung mau ninggalin komen atau enggak. Tapiiii... Kalau seandainya ada yg komen, rasanya senangggg sekali... 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, sama, aku juga seneng banget kalau tulisanku dikomenin :)

      Hapus
  8. #FakirKomentar *ngacung* hehe makasih atas tipsnya kak! Aku jarang blogwalking :') tapi akhir-akhir ini berusaha meninggalkan jejak. Kadang malah pas niat komentar malah error internetnya (--,) Sekalinya dapet komentar bisa seneng banget hehe ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka blog kamu, tampilannya kece dan banyak review komiknya :)

      Hapus
  9. Saya tadinya mau bikin artikel "Blogger Buku Banyak yang Pelit Komentar". Tapi secara tidak langsung sudah dibahas disini. hehehe.

    Bukan apa-apa Mbak, banyak sekali blogger buku yang kalo komen hanya di postingan Giveaway aja. Kadang nggak habis pikir. Soalnya, saya berkesan seakan-akan mereka hanya mencari buku, bukan jadi teman pecinta buku.

    Makanya saya beralih ke blog personal. Soalnya dari komen aja, saya bisa sharing soal apa aja. Bukan berarti gila komen ya.. Malah dengan komen saya banyak mendapat masukkan lho soal membuat postingan yang kece..

    Banyak yang gak paham disitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, tergantung orangnya kali ya, nggak semuanya blogger buku gitu sih, kadang aku juga pernah blogwalking dan meninggalkan jejak ke member baru, ingin berkenalan tapi nggak digubris, akhirnya males sendiri XD

      Hapus
  10. Aku iyes dengan membalasa setiap komen yang masuk. Karena itu seperti ada tamu yang harus dijamu. Jadi kalau nggak dibalas rasanya tidak enak. masak tamu dianggurin? hhehh

    Kalau aku kenapa komen di blog kecuali GA, biasanya karena tema yang ditulis menarik dan kadang memang sesuai minat jadi suka meninggalkan jejak. Macam membaca artikel tentang peawatan buku, review yang menarik, atau kisah antara aku dan buku, juga cerpen gitu. Hhehh. Dan kadang suka sebel kalau pas komen agak ribet hehhh. jadinya malah curcol. hadeh :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasan aku nggak membalas karena biasanya yang ikutan banyak dan tidak ingin pilih kasih, tapi kalau jawabannya menyisipkan pertanyaan pasti aku jawab juga kok :)

      Hapus
  11. Buat pertanyaan yang terakhir, aku lebih suka yang memberikan tips dan trik kak... apalagi seputar dunia blogger dan kepenulisan. hehehhehe... Aku tertarik banget sama postingan kakak yang ini. Jujur emang jarang banget komen kecuali yang postingan Giveaway, hehe... Jarang blogwalking juga alasannya ya karena males.
    Kalo ditarik kesimpulan dari postingan ini, selain karena konten yang menarik, faktor apa yang kita tanam adalah apa yang akan kita tuai emang selalu ada ya di setiap lapisan masyarakat. Ya, contoh kecilnya ya begini, tentang komentar. "Kalo lo mau tulisan lo dikomen, lo juga se nggaknya musti komen ditulisan orang lain." jadi kaya semacem give and take gitu si intinya menurut aku.
    Thanks banget buat tipsnya kakak. :)

    BalasHapus
  12. kalo kita sering blogwalking, maka pengunjung blog kita pun banyak :)

    BalasHapus
  13. Sama Mbak. Andai Mbak Sulis tiap kali ngadain GA dan membalas satu persatu komen, kasihan nanti lelah. Kan yang ikut banyak Hhheh. Aku sih tak apa kalau komen Ga tak di balas. Hhehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi nggak juga sih, kadang malah seneng baca jawaban mereka :)

      Hapus
  14. menarik sekali tulisannya, terimakasih ,
    iya kebahagiaan seorang blogger itu kalau ada yang meninggalkan jejaknya pada tulisan kita..
    ehm kedepannya pengen terus bikin tulisan yang oke deh...

    BalasHapus
  15. thanks sharingnya mba sulis...
    memang blogger merasa dianggap, kl ada yang komen di postingan kita ya..
    harus sering2 BW nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, sering berkunjung ke sini juga ya :p

      Hapus
  16. Hai, Mbak Sulis, kalau saya tergolong pelit komentar mungkin, ya, soalnya nggak sering blogwalking *sok sibuk*. Kalau blogwalking pun seringnya jadi silent reader (kalau yg saya baca tdk membangkitkan minat utk komentar, jd drpd komentar saya isinya kosong cuma basa-basi doang, saya mending nggak komen >,<). Sekarang sedang menggiatkan blogwalking, sih, Mbak. Terima kasih buat artikelnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, aku juga tiap kali blogwalking tidak selalu meninggalkan komentar, sesuai kebutuhan aja, kalau artikel bagus dan menyimpan pertanyaan atau pendapat lain, baru berkomentar :)

      Hapus
  17. Saya termasuk fakir komentar mba, padahal sudah banyak meninggalkan jejak haha
    silahkan berkunjung ke http://willy-akhdes.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Wah, bermanfaat banget postingannya kak :D
    Aku sih biasanya dapet komentar offline, maksudnya kalo ketemu orang kadang dia cerita "eh kemaren aku baca postingan blogmu yang nananina lho bagus lho blablabla".
    Seneng sih, seenggaknya aku tahu kalo dia baca hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih, aku juga suka denger secara langsung kalau ada orang yang baca blogku, serasa dapat kejutan yang menyenangkan gitu :D

      Hapus
  19. terbukti nih, postingan yang ini banjir komentar, hebat

    Salam,
    Ara

    BalasHapus
  20. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  21. mantap bos buat artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  22. terimakasih sob buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  23. mantap bos buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  24. bagus bos artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  25. terimakasih gan buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  26. makasih mas infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  27. ok sob infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  28. Makasih atas limpahan ilmunya

    BalasHapus
  29. keren mas buat infonya da semoga bermanfaat

    BalasHapus
  30. bagus bos artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  31. mantap gan infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  32. Wah ini sih info yang mantapp !!

    BalasHapus
  33. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  34. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa…

    BalasHapus
  35. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  36. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...