Kamis, 24 Oktober 2013

Buku - Buku Yang Bikin Mrebes Mili

Source: Flickr / federicacalizzano edited by me
Jumpa lagi dengan Recommendation for You (RFY), lama juga ya nggak update ^^. Kali ini saya akan membahas buku-buku yang bikin mrebes mili, nagis megeb-megeb sewaktu membacanya. Rencananya sih mau posting minggu kemaren, karena sangat sibuk dengan real life #jiah dan menyiabkan project buat bulan november nanti (nantikan kejutannya) jadi fokus menyelesaikan hutang baca dulu -yang mana masih kayak siput. Sebenernya episode kedua RFY ini ingin membahas buku-buku yang bikin lapar akan cinta dan makanan, kemudian disusul dengan After 30 Years (yang memiliki benang merah sepasang sahabat berjanji kalau umur lebih dari 30 tahun mereka belum mendapatkan jodoh, maka akan memutuskan menikah bersama), Sick Lit (buku-buku di mana tokoh di dalamnya mengidap suatu penyakit), buku-buku yang minta ditendang, dan sebagainya. Sayangnya, itu tadi masalah di mana baca yang kayak siput, banyak buku yang saya maksud di atas belum selesai dibaca, dikumpulin udah tapi..... Pokoknya tunggu aja ya episode-episode RFY berikutnya :D.

Kembali ke fokus utama kita, sebagian besar udah saya review jadi saya hanya akan menceritakan sedikit kenapa saya menangis membaca buku-buku di bawah ini, langsung aja ya ini dia:


  1. Dua Pasang Mata by Alexandra Leirissa Yunadi
  2. The Chronicles of Audy: 4R by Orizuka
  3. Pintu Harmonika by Clara Ng & Icha Rahmanti
  4. Please Look After Mom by Kyung-Sook Shin
  5. Our Story by Orizuka
  6. Bittersweet Love by Netty Virgiantini & Aditya Yudis
  7. Me Before You by Jojo Moyes
  8. Blue-Eyed Devil by Lisa Kleypass
  9. Summer Breeze by Orizuka
Yak, itulah buku-buku yang paling bisa membuat saya nagis kejer, semoga aja nggak ada yang ketinggalan, maklum saya pelupa :p, biasanya saya kasih keterangan kok di review kalau buku itu bikin saya mrebes mili atau menitikan air mata. Kalau ditanya mana yang paling juara adalah Dua Pasang Mata karena pas baca ulang dari awal halaman sampai akhir saya nagis terus, kejer. Padahal itu baca ulang. Sebagain besar alasan yang membuat saya menagis adalah bercerita tentang keluarga, entah lah saya juga heran, emang dasarnya cengeng dari sananya atau karena di kehidupan nyata saya pernah mengalaminya sendiri atau melihat, yang jelas buku-buku di atas sangat menyentuh saya, memorable banget.

Dua Pasang Mata bercerita tentang kakak adik di mana sang kakak pernah melakukan kesalahan dan ingin menebusnya, Please Look After Mom tentang pencarian seorang ibu yang hilang, jleb banget membaca buku ini, jadi inget sama almarhum ibu :( dan beruntunglah bagi kamu yang masih memiliki seorang ibu, jangan pernah menyia-nyiakannya. The Chronicles of Audy: 4R tentang sebuah keluarga yang tidak mempunyai orang tua, di mana sang kakak tertua sebagai pengganti ayah ibu mereka, memikul tanggung jawab yang sangat besar. Our Story tentang sekolah yang kurang mendapatkan perhatian di mana muridnya tidak ada yang 'bener', menginggatkan saya akan sahabat baik di SMA dulu, yang tidak bisa melanjutkan kuliah karena tidak ada biaya, padahal dia sangat cerdas. Orizuka memang sukses bikin pembaca terbawa emosi sama cerita yang dia bikin, sebenernya ada satu lagi yaitu Summer Breeze, tapi belum saya review dan bacanya udah lama banget, yang bikin nagis adalah ketidakadilan seorang ayah, yang lebih pilih kasih sama anaknya yang lebih sempurna, jleb jleb banget. Pintu Harmonika lebih kompleks lagi, ada cerita tentang anak-ayah dan anak-ibu (saya juga mau mengumpulkan buku-buku tentang anak-orangtua ini), tentu saja ada persahabatan dan kisah cintanya juga yang dijamin kamu bakalan capek nagis. Bittersweet Love tentang dampak perceraian orangtua terhadap si anak, paling suka novella yang pertama, nyesek bacanya. Me Before You tentang bagaimana kita memahami keputusan seseorang, menghargai hak-hak orang lain untuk menentukan apa yang terbaik bagi mereka. Dan yang terakhir Blue-Eyed Devil, tentang seorang wanita yang mencoba menata kembali hidupnya dari perceraian, dari dampak KDRT yang pernah dia alami.

Kelihatan banget kan rata-rata bercerita tentang keluarga?
Untuk lebih lengkapnya silahkan klik link review yang ada di setiap judul. Nah sekarang gantian, ada yang pernah membaca buku di atas? apakah juga bisa membuatmu menagis? atau ada buku lain yang bisa membuatmu nagis kejer? Share dong di komentar di bawah ini, siapa tahu ada tambahan buku baru yang bisa membuat saya menagis, mari kita nagis bareng :p


29 komentar:

  1. PS I Love You kaaaak PS I Love You :"<

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah nonton filmnya tapi nggak bikin nagis, malah bosen :|

      Hapus
    2. Filmnya itu emang 98% diubah ceritanya, bahkan fokusnya aja udah geser -________-

      Hapus
    3. jadi mending baca bukunya ya, tapi... udah dicuci sama filmnya, jadi ilfil :(

      Hapus
    4. Bukunya bikin banjir air mata... aku nonton filmnyabjg ga nangis

      Hapus
  2. ahhhh :) buku2 khaled hosseini jugaaa sediiiih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yang bilang juga mbak, udah ada wacana buat baca, amkasih recomendasinya :)

      Hapus
  3. kyaaaa.... Bittersweet Love itu bener-bener menguras air mata, aku banget... :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeay, ternyata ada yang nagis juga baca buku itu :)

      Hapus
  4. Mbrebes milis? Apa yaaa
    Udah lama euy gak baca buku yang bisa bikin nangis. Terakhir baca yang bikin nangis malah fanfic :))

    Ah tapi ada buku2 yang bikin aku "sesek napas", rasanya kayak kosong abis baca buku itu. Buku yang bikin aku gak bisa move on. Kayak boy in the stripped pyjamas, PS I love you, the kite runner

    BalasHapus
    Balasan
    1. kite runner juga bukunya khaled hosseini kan? kayaknya buku dia tragis semua deh --

      Hapus
  5. Gayle Forman juga bikn mbrebes, To Kill A Mockingbird juga :') Tapi emang utk urusan itu, novel indonesia emang pemenangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gayl Forman dan To Kill A Mockingbird bikin nyesek di dada, nggak sampe nagis. Kalau aku biasanya berhubungan tentang keluarga, udah deh siap-siap tissue sepabrik XD

      Hapus
  6. Wihihi baru tau ada ungkapan mrebes milis :p
    Duuhh pengen banget baca Me Before You-nya Jojo Moyes yang ituuu. Tapi masih belum kesampean gara-gara harga bukunya di TB Gramedia Banjarmasin 112ribu :'(

    *yang ini nangis kejer gara-gara liat harga*

    BalasHapus
  7. Waah, The Chronicles of Audy: 4R , bikin mbak nangis toh?
    kalo saya malah banyak ketawanya ngelihat tingkah audy -___-

    BalasHapus
  8. Mbak Sulis baca teenlit nggak? Buku Jingga dan Senja sama Jingga dalam Elegi by Esti Kinasih itu yang bisa ngebuat nangis kejer juga :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu favoritku tuh! Tapi nggak sampe bikin nagis, cuman gregetan aja :p

      Hapus
  9. Yang udah kubaca, Me Before You dan Pintu Harmonika. Suka dua-duanya, tapi nggak sampai nangis. Hehe... Mbak Sulis baca Totto Chan, Gadis Cilik di Jendela belum? Itu salah satu buku yang bikin aku mrebes mili :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh, jadi penasaran, makasih rekomendasinya, Lu :)

      Hapus
  10. Setuju banget kalo buku summer breeze bikin kita melelehkan air mata, saya juga mengalami kesedian mendalam *hikss hikss. Penasaran sama look after mom kalo boleh tau terbitan mana ya, Kak?

    BalasHapus
  11. Siap-siap ambil tissue supaya bisa baca semua request mbak Sulis

    BalasHapus
  12. Me before you katanya mewek abis... cuma harganya mahal.euy ... nabung dulu deh x)

    BalasHapus
  13. Oh ya mba baca Totto chan Children mba.... nangis banget mba... kita bakal lebih menghargai hidup.... sedih banget... apalagi ada foto2 dokumentarnya

    BalasHapus
  14. Yap, summe breeze bikin mbrebes mili. Tapi, our story? Kok bikin mbrebes mili Mbak? Aku bacanya ngga nangis....

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...