Sabtu, 26 November 2016

Kubikel Romance Tembus Satu Juta Page Views!


Kyaaaaaaaaaa, nggak nyangka banget salah satu impian saya di dunia blogging tercapai juga! Page views Kubikel Romance tembus satu juta! Kyaaaaaaaaaa *seneng kejer*. Nggak nyangka banget, saya kenal dunia blogging kurang lebih enam tahunan ini, mulainya sih kalau nggak salah di akhir tahun 2010 tapi masih galau mau menulis tentang apa, kemudian diisi tentang curhat nggak penting dan apa yang saya sukai, baru di tahun 2011 mantap menjadikan diri sebagai blogger buku. Platform yang saya gunakan juga nggak langsung dari blogspot, tapi posterous. Kemudian saya memutuskan membuat satu blog lagi, blog Kubikel Romance ini, khusus genre romance karena mayoritas bacaan saya adalah genre tersebut. 

Setelah posterous gulung tikar postingan non romance saya pindah ke wordpress. Sampai akhirnya memutuskan untuk menggunakan satu media saja dalam menulis karena tidak memiliki waktu alias keteteran mengurus dua blog. Tepatnya pada September 2013 saya pindahan total ke blog ini, pernah saya tuliskan dalam The New Concept of Kubikel Romance. Saya mulai dari awal lagi, ada beberapa postingan yang hilang, ada yang terselamatkan, pun dengan page viewsnya karena ketika mengekspor blog yang bisa hanya postingan, tidak dengan jumlah pengunjung di blog sebelumnya. Pada awal tahun 2014 pengunjung Kubikel Romance baru 150k lebih. Saya mulai dari bawah lagi, rasanya jauh sekali mengejar target impian saya soal blogging selain keinginan agar postingan saya menduduki page one, hahaha. Namun saya yakin, terus menulis, belajar sedikit tentang SEO agar impian lainnya bisa terkabul, dan tiga tahun kemudian semesta mewujudkannya. Dini hari tadi Kubikel Romance tembus satu juta page views!

Dulu saya pernah bertanya pada diri sendiri, bisa nggak ya sebuah blog buku pengunjungnya bisa tembus lebih dari satu juta? Soalnya jarang banget blog buku menjadi sorotan, masih kalah pamor dengan fashion, beauty, travel maupun lifestyle blogger. Namun saya nggak patah arang, saya ingin membuktikan kalau blog buku bisa setara dengan yang lainnya, bahkan sudah ada pendahulu saya yang pengunjungnya lebih dari satu juta, sebut saja; Buku Yang Kubaca milik rahib @htanzil, The Bookie Looker milik @stefanie_sugia, dan Kumpulan Sinopsis Buku milik @okeyzz. 

Page views memang hanya sekadar angka. Produktif, konsisten dan komitmen lah yang paling penting dan selama ini yang selalu saya usahakan. Banyak sekali up and down-nya, ada masa saya benar-benar muak dengan ngeblog, ada kalanya saya keranjingan menulis. Contohnya saja beberapa bulan belakangan, saya benar-benar nggak produktif dan malas sekali, bahkan membaca pun sulit, timbunan membuat saya depresi sampai akhirnya mencari penghiburan yang lain. Kemudian di bulan ini saya mencoba menantang diri sendiri, menguji dengan pembagian waktu yang saya lakukan antara membaca, ngeblog, kerja, keluarga dan me time. Saya mencoba menantang diri sendiri untuk menulis atau ngeblog setiap hari. Beberapa hari pertama masih lancar, baru kemudian mulai tersendat di tengah bulan, kemudian saya nggak bisa menulis setiap hari lalu merapelnya, hahaha. Target pun saya ubah menjadi memposting sebanyak 30 sesuai dengan bulan ini.

Kenapa di bulan November? Kenapa nggak bulan-bulan sebelumnya mencoba produktif kembali? Melihat riwayat blog saya yang awalnya nomaden, saya nggak tahu kapan blog saya lahir, saya nggak bisa merayakannya sehingga biasanya saya rayakan bersamaan dengan hari ulang tahun. Maka dari itu saya ingin merayakan dengan menantang diri sendiri di bulan yang paling berkesan dalam hidup saya, alih-alih mengadakan giveaway untuk merayakannya. Saya ingin melihat kemampuan saya sekarang ini, dan memang sulit sekali kalau ingin menulis setiap hari, tapi saya akan tetap berusaha untuk produktif. Selain itu saya menebak kalau target satu juta page views akan terwujud di bulan ini sehingga saya ngebut untuk mencapainya. Sebenarnya sudah ada konsep untuk giveaway kalau target saya ini tercapai, tapi karena satu dan lain hal saya tunda dulu saja, kapan-kapan dan kalau punya rejeki tambahan insya Allah akan saya adakan giveaway, untuk sementara ini nebeng di blog tour saja, hahahaha. 

Yah walau nggak ada giveaway, boleh banget kalau kalian ingin berkomentar, kesan apa yang kalian miliki untuk Kubikel Romance? Apakah ada saran, kritik, harapan, pendapat lain atau ada yang ingin ditanyakan? Boleh banget! Silahkan tuliskan di kolom komentar, masukan kalian akan sangat berarti bagi saya.

30 komentar:

  1. Waaahhh Mba Sulis kereen bangeettt, good job! Semoga dengan adanya Kubikel Romance dan segala keeksistensiannya ini bisa menjadi motivasi untuk para bloger buku (terutama newbie) dalam mengembangkan kekreatifan tulisan mereka, terutama saya. Hehe. Turut bangga loh saya dengan pencapaian seorang bloger buku macam Mba Sulis ini. Yah, semoga saja Ach's Book Forum juga tetap bisa konsisten. Sama seperti Mba Sulis dan Kubikel Romance, Ach's Book Forum juga merupakan salah satu impian terbesar saya. Sukses untuk kita semua! Happy Blogging!

    Once again, selamat ya bloger buku favoritkuuu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buset, ada yang masih melek juga jam segini, hahahaha. Aminnnn, makasih Bintang, sukses juga buat kamu ya, terus semangat! :D

      Hapus
  2. Aku suka blog ini, serasa terpompa semangatnya buat nulis terus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay, terima kasih, semangat tanpa batas pokoknya!

      Hapus
  3. Selamat yaa Mbak Sulis udah tembus sejuta! Wah aku ngikutin blog ini dari 2014an, banyak buku yang akhirnya aku beli gara-gara baca reviewnya Mbak Sulis. Tulisannya Mbak Sulis juga asik banget, salah satu yang bikin aku jadi pengin balik ngeblog lagi (dan alhamdulillah bisa beneran balik ngeblog) :D Semangat terus ngeblognya yaa, semoga Kubikel Romance semakin kece :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnnn, yeay, makasih banyak ya udah setia mantengin, semoga kita nanti juga sama-sama terus produktif :D

      Hapus
  4. Selamat kak Sulis... Kerja kerasmu luar biasa, aku jadi termotivasi juga untuk konsisten :D

    Aku suka main di kubikel romance untuk referensi buku yang mau aku baca dan tips-tipsnya juga, thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay, makasih ya, semoga g bosen sama Kubikel Romance 😀

      Hapus
  5. Waaahhhh... HEBAT...!!! Keren nduk, semangat terus ya. Aku juga sering dapet halangan buat nge-blog, entah males, entah ga ada inspirasi buat nulis, entah ga ada duit buat ke warnet (kyaaa... Ketok nek kere banget, LOL). Aku juga pengen bisa konsisten nge-blog dgn menghadirkan tulisan / resensi bagus, tapi ya itu banyak halangannya. Semoga dikau semangat terus ya nge-blog, jangan kalah sama lelah! #iklankali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kenapa kelewat nggak aku baca komennya ya? Wakakakka. Semangat terus mbak!

      Hapus
  6. Selamat ya kak Sulis.... \(^o^)/ Semoga blognya makin keren lagi.... :D

    BalasHapus
  7. Selamat ya kak Sulis, nggak gampang bisa menyentuh angka 1jt viewers. Udah lama bgt ya, 6 tahun bergerilya jadi Blogger buku. Semoga terus konsisten, dan memberi manfaat lewat postingannya. Akankah blogku bisa tembus 1jt viewers?? ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nggak nyangka banget udah selama itu karena nggak kerasa. Pasti bisa! Terus semangat pokoknya 😁

      Hapus
  8. Ecieee, kakka periiii
    keren abis, deeeh
    Pertama kali aku kenal BBI dan blog buku dari Kubikel Romance loooh. Seneng aja waktu it baca blog kakak. Luuuv.
    Semoga blognya makin badai ya kaaak. 2 juta page views lah. hihih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnnnn, bisa jadi untuk impian selanjutnya tuh, hihihi. Makasih ya, semoga blog ini terus bermanfaat buat yang lain 😁

      Hapus
  9. Yeay selamat mba kerennnnnn semoga selalu menginspirasi bagi pecinta buku :)

    BalasHapus
  10. Selamat Mbak Sulis untuk pencapaian 1 juta pengunjung. Saya tambah semangat untuk memberikan banyak hal positif dan baru agar blog saya juga bisa mencapai 1 juta pengunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semangat terus pokoknya, tulislah apa yang kamu sukai, itu kuncinya 😁

      Hapus
  11. Congratz ya kak! Kubikel romance satu-satunya blog buku yang apdetannya masih rajin kutunggu sampe skrng! Walopun aku silent reader sih lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh, tersanjung banget nih. Iya, banyak teman-teman sepantaran yang sekarang banyak Hiatus ngeblog, kadang aku juga sedih tapi pasti mereka punya alasan tersendiri 😀

      Hapus
  12. Wah selamat ya mba, gak nyangka pertama ngebog pakai posterous, saya malah belum nyoba...keburu gulung tikar.
    Semoga aja dengan pageviews udah lebih dari sejuta, bisa semakin produktif menulisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnnnn, iya dulu pake posterous, anti mainstream tapi malah nggak awet, hahahaha

      Hapus
  13. Selamat kak :3 suka sm tampilan blognya, ada bunga2 lucu, terus kalo dibuka lewat hp gampang & cepet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semoga selalu menjadi user friendly 😁

      Hapus
  14. saya pertama kali tahu blog ini lewat akun instagram @peri_hutan awalnya tertarik karna sering post novel-novel favorit dan yang mau di beli, eh lama-lama stalk dan iseng buka kubikelromance, nah setelah stalk ini itu jadi kepengen banget bisa review buku buku kayak mbak Sulis, jadilah mengetahui ordo buntelan dan kemudian berburu, di insta di twitter di blog di line, semuanya ikut, yah Allhamdulilah sudah davat satu buku walau belum samapai sampai huhu
    tapi jujur banget saya terinspirasi jadi seorang reviewer, sekalian mengembangkan kemampuan dan ikut belajar di dunia blog ini, makasih ya mbak Sulis,
    udah gitu ramah dan suka balas komen hahaha
    ini beneran
    nggak gombal
    suer deh, btw ini nggak ada tanda titik soalnya nggak bisa di pencet hiks #penting ya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh makasih ya, aku terharu bacanya! Tetap semangat pokoknya 😁

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...