Senin, 09 September 2013

The New Concept of Kubikel Romance


Hai hooooo, kangen ngeblogpost! Maaf lama banget nggak posting dikarenakan banyak alasan, salah satunya adalah lebih ingin fokus ke real life, jadi nggak online terus yang lumayan menyita waktu, kalau buat update blog sih nggak pa-pa la ini cuman mantengin twitter, facebook, what's up, sesekali boleh tapi biasanya saya jadi gelap mata, lupa waktu, tujuan utama nggak terpenuhi yang akhirnya waktu buat baca atau ngreview jadi sedikit. Selain karena udah capek kerja bulan lalu saya juga nggak terlalu fit, menambah alasan saja :p

Konsep baru apa yang akan diusung Kubikel Romance? Pertama, saya akan memindahkan Kutu Bokek ke blog ini, blog tersebut akan saya ganti menjadi Diary of Kutu Bokek *jangan ketawa sama namanya* yang berarti menjadi blog pribadi saya, udah lama banget saya nggak curhat di media yang dibaca para strangers, selain itu saya juga pengen mencoba kembali writing session, lupakan Mabok Baca, lebih banyak dipake buat reblog gambar-gambar yang saya suka daripada curhat nggak penting. Kedua, isi blog ini nggak akan melulu tentang review buku, yah sebenernya udah banyak postingan yang nggak berhubungan sama review, hanya saja saya akan mengumpulkannya menjadi satu kategori. Kategori apa saja yang akan tinggal di Kubikel Romance? Berikut listnya:


Review: Of Course, bagian ini adalah yang paling penting, bisa dibilang makanan utamanya, alasan kenapa saya ingin membuat book blog, saya ingin mendokumentasikan semua buku yang pernah saya baca secara garis besar. Review buat saya adalah sebagai penginggat.






Rapid Review: Bisa disebut review cepat, banyaknya buku yang saya baca tidak diimbangi dengan kecepatan mereview saya. Kadang saya pilih kasih, kalau buku yang saya baca bagus banget reviewnya bisa sangat panjang dan untuk buku yang kurang menarik atau biasa cenderung males bikinnya. Maka dari itu saya buat kategori ini agar semua buku yang saya baca bisa direview namun pembahasannya nggak sedalam buku yang saya suka, yang penting saja, singkat, padat, jelas :D




Movie Review: Dari dulu pengen mencoba buat review film yang diadaptasi dari buku tapi masih minder, nggak yakin bisa. Menurut saya mereview film itu susah, kita harus ingat poin apa saja yang akan kita tulis, beda dengan buku kita bisa membuka ulang atau menandainya, sedangkan film sekali menonton harus jadi. Beberapa waktu yang lalu saya terkesima oleh sebuah blog khusus review film, reviewnya memukau sekali, keren banget. Saya ingin seperti dia, dimulai dari membuat review film dari buku. Saya punya prinsip "baca dulu baru nonton" tapi tidak jarang juga langsung nonton filmnya tanpa membaca bukunya :D

Bacaan Bulanan: Berisi list buku-buku yang berhasil saya tuntaskan dalam satu bulan, saya sertakan juga reading challenge apa saya berhasil saya taklukan, tema ini sudah saya mulai sejak tahun lalu :)







Book Haul: Ajang pamer buku, hehehehe, berisi buku apa saja yang saya dapatkan selama sebulan, bisa dari beli dari jerih payah atau buntelan. Jadi kalau buku pinjaman nggak saya masukkan. Tema ini sudah berjalan sejak awal tahun kemaren.







Quote of The Day: Walau masih baru idenya sebenernya udah lama, quotenya bisa macem-macem, tergantung suasana hati, selain itu akan ada sedikit celoteh saya tentang quote tersebut atau issue yang sedang panas yang berhubungan juga dengan quote tersebut. Belum ada quote yang saya posting, biasanya langsung saya sisipkan di review.





Meme: Meme berarti postingan singkat yang berhubungan dengan buku, biasanya diposting oleh beberapa book blog yang berminat mengikutinya. Kategori ini akan berisi kumpulan meme yang saya ikuti dari blog teman-teman. Saya belum berniat untuk membuat meme sendiri yah karena saya belum bisa berjanji bisa konsisten tiap minggu posting meme. Sejauh ini meme yang paling rajin saya ikuti adalah Wishful Wednesday.



Challenge: Berisi postingan tentang giveaway atau reading challenge yang sedang saya ikuti. Kadang ada giveaway yang mengharuskan kita mempromosikan giveaway tersebut, salah satunya adalah di blog kita.







BBI: berisi posting bareng sama temen-temen BBI, biasanya pas akhir bulan untuk baca bareng atau ada event tertentu, seperti secret santa.






 

Recommendation for You: Ide awal kategori ini berasal dari salah satu program MTV yang berisi tiga video musik yang mempunyai kesamaan. Saya sering menemukan kesamaan satu buku dengan buku lainnya, saya ingin mengumpulkannya jadi satu. Tapi nggak hanya itu, saya kembangkan lagi, intinya adalah kesamaan, bisa berhubungan dengan buku-buku yang bikin kembang kempis, dibaca sampai lecek, buku-buku yang minta ditendang (istilah-istilah yang saya buat untuk buku-buku saya :p), jadi lebih luas lagi, nggak keluar dari maknanya yaitu mempunyai kesamaan. Awalnya bingung mau kasih judul apa yang tepat, karena niatnya ingin share jadi saya rekomendasikan saja. Tayangan perdananya bisa dibaca di Buku Non Fiksi Yang Nggak Basi
Giveaway Terselubung: Giveaway suka-suka saya, datang tak diundang berakhir tak tentu, saya nggak akan woro-woro giveaway ini, biar pembaca setia yang menemukannya. Hadiah buat mereka yang benar-benar membaca postingan saya :D







Giveaway: Kalau Giveaway Terselubung tanpa woro-woro, kategori ini sebaliknya. Biasanya saya pakai untuk menarik followers atau biar banyak yang berkomentar di blog. Jadi beda sifat dan tujuan, tapi biasanya pertanyaannya sama, nggak akan jauh-jauh seputar buku :p







Genre: dulu pas awal-awal bikin blog buku saya pengen buat postingan tentang berbagai macam genre. Alasannya adalah banyak banget genre buku namun sedikit sekali yang mengulasnya, saya sering kebingungan membedakan satu genre dengan genre lainnya, misalnya saja Romance, banyak banget subgenrenya dan semuanya hampir mirip, maka dari itulah saya ingin membuat sendiri. Saya masih mengumpulkannya, agak susah karena perlu riset, semoga saja cepat terlaksana :D
Uncategories: berisi postingan di luar semua kategori di atas :D











Kenapa saya menjadikan satu lagi? Kutu Bokek dulunya adalah rumah satu-satunya yang saya punya, rumah yang isinya macem-macem, nggak fokus sama buku, tahu ada BBI saya merubah blog tersebut menjadi book blog, karena bacaan romance saya paling mendominan saya bikin satu blog lagi khusus romance, jadilah Kubikel Romance. Alasan saya adalah sedikitnya waktu yang saya punya untuk ngeblog, percaya deh kalau kamu udah kerja atau sudah berkeluarga urusan ngeblog atau eksis di dunia maya akan berada di prioritas paling belakang, itu yang saya alami, nggak sebebas dulu waktu pas kuliah karena sekarang fokusnya udah beda, lebih penting real life daripada dunia maya kecuali kalau kamu emang maniak di dunia itu. Sebenernya nggak susah mengelola dua book blog, toh tinggal sesuaikan genre kemudian posting ke blog yang cocok, masalahnya karena sedikitnya waktu itu saya jarang ngeblog dan keduanya jadi terbengkalai, mending satu blog aja deh tapi postingannya bisa konsisten.

Kenapa nggak kembali ke Kutu Bokek lagi aja? Karena sampe sekarang bacaan saya yang paling mendominan tetap romance, selain itu saya sudah memeras keringat untuk 'menghias rumah' ini, belajar otodidak tentang html agar tampilan blog yang saya inginkan tercapai, selain itu terima kasih sekali buat Nana dari Reading In The Morning untuk Background dan Header blognya, menjadikan blog saya lebih orisinil :p. Lagian Kutu Bokek kan bisa dibilang kembali ke konsep blog paling awal, berisi segala sesuatu tentang saya, dan Kutu Bokek adalah jati diri saya yang nggak akan pernah hilang :p

Nggak jadi blog khusus romance lagi dong? Nope, saya nggak akan keluar dari pakem blog ini 'Di Setiap Cerita Selalu Ada Cinta', tetep blog khusus romance hanya saya untuk genre lain misalnya non fiksi saya akan bikin ulasan tersendiri untuk Love Story, cinta itu universal, nggak hanya mencakup hubungan dua manusia bisa ke keluarga, teman, benda mati, hobi, pekerjaan dsb.

So, jangan bosa-bosan ya berkunjung ke blog ini, saya akan mengimpor semua postingan yang berhubungan dengan buku di Kutu Bokek, semoga apa yang saya share di blog ini bermanfaat dan menjadikan saya lebih rajin lagi untuk ngeblog :D

Salam Sayang,
@peri_hutan

16 komentar:

  1. ahh, andaikan waktu itu lebih dari 24 jam sehari

    BalasHapus
  2. ngerti banget klo masalah waktu. aku yg masih kuliah aja udh kelabakan, apalagi klo udh kerja :(( suka tampilan kubikelromance yg baru! ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dulu kalau pas ujian aku juga nggak bisa eksis, diutamakan yang paling penting dulu, kalau nggak fokus biasanya hasilnya nggak bagus, makasih ya :)

      Hapus
  3. Blognya rapi banget mbak
    Aku suka banget sama mbak sulis sudah menemukan passion blognya
    Lah aku, blognya isinya gado-gado karena belum nemu passion
    Semoga masih bisa eksis dan menyempatkan waktu untuk menulis blog yah mbak
    Ditunggu review buku selanjutnya

    BalasHapus
  4. Wah ternyata blog kubikel romance ini menjadi lebih baru dan fresh yah. Ditunggu update nya blog ini semoga menjadi salah satu blog yang populer.

    BalasHapus
  5. Kak, aku boleh mengcopy halaman ini untuk book blog aku? Nanti aku kasih credit ke tempat kakak ini :)

    Oiya, salam kenal kak. Panggil aja Mei dan (calon) Anggota BBI. Doakan saja aku bakalan jadi anggota BBI secepatnya ya kak ^^

    Silahkan mampir ke blog sederhana aku, http://thecutegeek.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mei, salam kenal ya :)
      Iya gpp, aku udah nengok blog kamu kok dan nggak sama persis plek juga, tetap semangat terus ya baca dan ngreviewnya :)

      Hapus
  6. Tetap semangat merangkai kata kata menjadi sebuah novel ataupun cerita yang mmeberikan hiburan dan inspirasi.

    BalasHapus
  7. Sekali-kali coba belajar bahasa jepang lalu cerita kamu diterjemahkan ke bahasa Jepang, kali aja karyamu bisa dibaca oleh orang Jepang dan diajak berwisata kesana.

    BalasHapus
  8. kubikelromance menurut saya pribadi cukup unik. lanjutkan kk

    BalasHapus
  9. Semangat mba, dalam pembuatan blogsport'y. Saya juga baru ini mba ngelanjutkan blogsport sparepart ac saya kembali, karena waktu itu saya terlalu sibuk dengan kegiatan diluar.

    BalasHapus
  10. Ternyata membuat blog itu sangat mengasikan kalo kita tidak ada kegiatan diluar rumah. Saya pribadi apabila tidak ada kegiatan saya selalu membuat blogger apa saja, entah itu tentang mesin pendingin kulkas, chiller, freezer ataupun mesin pendingin lainnya. Itu semua tergantung dari mood sayanya. Tetap semangat mba dalam membuat bloggernya.

    BalasHapus
  11. semangat mba semoga jadi bloger terkenal dan banyak penghasilan dari bloger
    hehehehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...