Minggu, 25 Agustus 2013

[Recommendation for You] Buku Non Fiksi yang Nggak Basi

source date-a-girl-who-reads edited by me

Sebagai perkenalan, postingan ini bukan meme, hehe, saya masih nggak yakin akan bisa konsisten (tiap minggu update) dengan sifat saya yang angin-anginan ini untuk membuat meme. Seperti yang pernah saya katakan di postingan entah yang mana, recommendation for you adalah kumpulan buku dengan tema yang sama, entah itu adegan di dalamnya, genrenya atau yang khas dari buku tersebut. Saya ambil sesuatu yang menarik, bagian yang membekas atau yang saya suka, kemudian saya ingin sharing buku tersebut, merekomendasikan pada yang lain.

Untuk episode perdana, saya akan membahas buku non fiksi. Apa menariknya? Saya akui, saya emang jarang baca buku non fiksi terlebih motivasi, buku-buku yang saya ulas di sini pun semua hasil buntelan :D. Boring, nggak ada konflik, biasanya itu yang membuat saya bosan, dan saya termasuk orang yang mempan jika motivasi berasal dari diri saya sendiri, kalaupun berhasil pasti hanya berselang beberapa saat seusai membaca buku tersebut. Tapi, kadang-kadang saya ingin keluar dari zona nyaman, mencoba sesuatu yang baru. Ketika saya membaca buku-buku non fiksi ini, ada perasaan puas dan pandangan baru, yang bisa saya terapkan di diri saya. Berikut buku-buku non fiksi yang asik versi Kubikel Romance :p


Your Job Is Not Your Career by Rene Suhardono
Emang sih nggak semuanya ngerti, hahaha parah, yang penting saya tahu inti dari buku ini, maklum lah saya orangnya emang agak lemot tapi dengan isinya yang colour full membuat buku ini nggak terlalu berat untuk dicerna, kita dipandu perlahan-lahan untuk membedakan apa itu karier dan apa itu pekerjaan, passion tidak sama dengan hobi, pekerjaan hanyalah bagian dari karier, karier sangat erat hubungannya dengan passion dan tujuan hidup. Bekerjalah sesuai dengan passion kita.

"Pekerjaan adalah alat -sebagaimana mobil akan mengantar kita dari satu tempat ke tempat lain. Karier adalah perjalanan panjang kehidupan profesional tenaga kerja. Kita bisa dipecat dari pekerjaan namun bukan dari karier. Your career is you"

"Passion adalah segala hal yang kita sukai atau minati sedemikian rupa sehingga kita tidak terpikir untuk tidak mengerjakannya. Passion adalah segala macam wujud keunikan (baca: keistimewaan) yang kita miliki dan rasakan."




DreamCatcher by Alanda Kariza

Semua orang pernah punya mimpi, saya percaya itu, bahkan berandai-andai pun saya kategorikan sebuah mimpi :p. Buku ini bener-bener keren, penuh dengan ilustrasi yang sangat memudahkan kita memahami isinya. Alanda tidak hanya membagi cerita mimpinya yang sudah terwujud tetapi dia membantu kita untuk merancang dan mewujudkannya. Sangat teoritis mungkin tapi saya rasa itu memang tahapan yang sangat tepat.

"Sebuah mimpi akan muncul ketika kita telah menciptakannya."


Saya sangat percaya dengan kekuatan mimpi, dulu waktu kecil saya berkeinginan mempunyai baju bagus, mainan yang saya idam-idamkan, ingin pergi ke luar jawa, ingin naik ke wahana itu, bahkan dulu saya sangat ingin pergi ke mall. Bermimpilah, maka alam semesta akan mewujudkannya, setuju sekali dengan kata-kata mbak Coelho :p. Buku ini akan menuntun kita menemukan mimpi kita dan perlahan mencoba mewujudkannya.


Liaison Officer Forever by Melanie Subono

Pekerjaan ini mungkin sangat diirikan oleh banyak orang, khususnya bagi yang demen nonton konser musik luar negeri tapi jangan salah, setelah membaca buku ini pikir-pikir dulu deh. Untuk lebih jelasnya tentang buku ini bisa dibaca reviewnya di SINI. Yang membuat saya sangat suka sama buku yang penuh dengan typo ini adalah kita bisa mengetahui kelakuan aneh bin absurd artis manca negara yang nggak pernah kita ketahui sebelumnya. Saya berharap menemukan buku pertamanya dan ada lanjutannya lagi ^^

"Saat elo menjadi seorang LO, lo nggak bisa menolak satu dan lain hal kalau itu bukan hal ilegal hanya atas dasar pendapat pribadi."





Atas Nama Jiwa by dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Pesan yang ingin ditunjukkan buku ini adalah kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Para korban bencana alam, bullying, napi, anak jalanan, timnas yang kalah, dan masih banyak lagi, semuanya sangat memerlukan kesehatan jiwa. Di buku ini NoRiYu berbagi opininya tentang kesehatan jiwa dan berusaha mewujudkannya menjadi salah satu RUU. Dan dibuku ini juga saya jadi tahu kalau lagi bisa menjadi obat kejiwaan :). Silahkan baca reviewnya di SINI.

TIDAK ADA KESEHATAN TANPA KESEHATAN JIWA






Normal is Boring by Ira Latief

Jangan minder kalau kamu berbeda dari pada yang lain. Entah itu pemikiran, gaya pakaian atau kesukaan, justru dari sanalah kamu bisa menjadi orang yang kreatif. Buku ini bercerita tentang bagaimana menjadi kreatif, orang-orang yang sukses karena mereka 'tidak normal'. Contohnya Lady Gaga, dia tidak peduli apakah cantik atau jelek yang penting harus nyentrik dan unik, dan hasilnya? Dia terkenal karena keanehannya. Buku ini sangat seru, ilustrasinya juga banyak sehingga ketika membacanya tidak mudah bosan dan teraca cepat. Sudah ada reviewnya dong, di SINI.




Untuk Indonesia Yang Kuat: 100 Langkah Untuk Tidak Miskin by Ligwina Hananto

Sebenarnya saya belum menyelesaikan buku ini, keburu saya pinjamkan kakak karena dia baru saja memulai hidup baru dan saya rasa buku ini lebih cocok untuknya, jadi sabar dulu :p. Alasan kepengen banget punya buku ini adalah saya bisa belajar mengatur keuangan secara mandiri dan pengen tahu gimana biar cepet kaya. Hahaha simple banget ya. Dari dulu yang saya tahu hanya menabung di bank dan mencari pekerjaan dengan gaji mentereng. Saya ingin lebih, salah satunya cara adalah belajar otodidak dari ahlinya keuangan :D.






Itulah buku-buku non fiksi yang sementara menjadi favorit saya, emang kebanyakan berisi ilustrasi dan full colour, malah penyampaiannya nggak ribet dan justru lebih mudah dipahami. Ada buku yang belum saya review karena saya cukup kesusahan membuat review buku non fiksi, susah susah gampang sih. Susahnya kita harus bisa merangkum semua isi buku itu yang mayoritas teoritis menjadi simple sehingga mudah dipahami, gampangnya apa yang ingin ditulis sebenernya udah ada secara runtun, kita tinggal mengurutkannya. Kurang membiasakan diri aja, ehehehe. Pernah baca buku non fiksi yang keren? Share dong di sini siapa tahu saya tertarik untuk ikut membaca :p

16 komentar:

  1. sampai sekarang belum berhasil menyelesaikan buku non fiksi yg berupa motivasi ataupun biografi -_-"

    kalau non fiksi yg aku suka itu buku travelling macam 99 cahaya di langit eropa dan life traveler :)

    BalasHapus
  2. Salam kenal, mau ikutan share nih. Aku juga tidak punya banyak buku non fiksi, tapi buku ini 'Recomended" lo... antara lain yang kupunya "Parent With No Property (B-First)", dan seperti "Chicken Soup" atau "A tea of comfort".Bacanya asyik...
    http://jasminehamd.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Untuk Indonesia yang Kuat bagus, tapi sebenernya aku berharap baca buku yang menggali lebih dalam soal investment. Jadi agak kecewa juga, setelah bayar cukup mahal kok isinya cuma gitu. Tapi buat yang masih belum paham soal pentingnya kelola keuangan sih buku ini cukup membuat melek. Hehe.

    BalasHapus
  4. makasih atas rekomennya mbak Sulis, aku lagi butuh buku motivasi tentang manajemen waktu atau kenali passion anda, Wkwkwkw, berasa waktu 24 jam kurang.
    jadi tertarik mau baca semuanya

    BalasHapus
  5. LO Forever suka banget, ditulis dengan gaya yang santai. Non-fiksi favoritku adalah biografi/memoar, yg pasti ada konflik dan berbagai skandal. Yg paling aku suka udah pasti biografi selebriti/tokoh terkemuka. Seru.

    Rekomendasu dari aku:
    It's Not Easy (and Other Lies) - Duff McKagan.
    Inspiratif walau terkesan 'wild'. Duff adalah mantan bassist Guns N' Roses yg sudah bersih dari narkoba. Masih aktif bermusik, hidup sehat dengan bersepeda dan martial art, juga meraih gelar sarjana serta llus cum laude. Skrg ia jg berprofesi sbg konsultan keuangan bagi revirding artists supaya mengertu kontrak rekaman.

    The Heroin Diaries - Nikki Sixx
    Mungkin masa lalu Nikki lebih gila dari Duff. Pernah mati suri (diberitakan mati oleh stasiun radio di US). Skrg Nikki masih aktif bermusik dan melampiaskan kecanduannya dengan mendalami fotografi.

    The Dirt - Motley Crue
    Salah satu memoir rock n'roll terbaik sepanjang masa.

    Eva Braun: Life with Hitler - Heike B. Gortemaker
    Biografi ekstesif tidak hanya ttg Eva Braun namun juga sepak terjang Hitler dan semua skandalnya.

    The Royals - Kitty Kelley
    Buku ini dibanned di UK krn isinya dianggap menjelek2an anggota British Monarch. Wajib baca kalau kamu ingin mengetahyi ttg kehidupan di dlm istana Buckingham dan mengapa Diana sampai cerai dengan Charles.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penasaran banget sama The Royals, kayaknya mbak yuska cukup demen sama genre ini :)

      Hapus
  6. Ada yang ketinggalan: semua buiu Margareta Astaman itu wajib baca. Seru dan adiktif. Bukunya berbahasa santai namun muatannya cerdas..

    BalasHapus
  7. Non fiksi yg bagus, buatku Kehidupan Abadi Henrietta Lacks. Trus karena fans-nya Fariz RM, aku jg suka Living In Harmony. Ini coretannya Fariz RM, bukan biografi sih, tp lebih opini & ide2 dia. Enak tulisannya, ringan, mengalir tp berisi juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, baru tahu mbak Fanda ngefans sama Fariz RM :)

      Hapus
  8. Kalo aku suka non fiksi bukunya merry riana... menginspirasi banget, usia muda sudah menjadi orang sukses ^^

    BalasHapus
  9. "Bermimpilah, maka alam semesta akan mewujudkannya". Sama aku juga setuju dengan kata-kata ini

    BalasHapus
  10. Penasaran dg buku Your Job Is Not Your Career by Rene Suhardono
    Karena banyak orang yang bekerja tapi tidak menikmatinya. Banyak yang mengeluh dg pekerjaan karena tidak sesuai dengan passion-nya

    BalasHapus
  11. Sebenernya pengen baca, tapi sayang ngga suka novel non fiksi....

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...