Selasa, 08 Januari 2019

Top 8 Most Viewed on Blog Post 2018

source: pinterest, edited by me
Kategori baru di Book Kaleidoscope! Biasanya di hari ketiga tema yang dipilih cukup random, mulai dari worst book covers, favorite scenes, sampai best quotes. Entah kenapa ketiga tema tersebut tidak seru lagi untuk ditulis, pengen sesuatu yang beda. Tiba-tiba saja terbesit, kenapa nggak posting postingan yang pengunjungnya lebih dari seribu? Dan pas banget ada delapan tulisan yang masuk. Jadi inilah Top 8 Most Viewed on Blog Post 2018.

Ih, baru ribuan pengunjung aja bangga. Jangan salah ya, bagi book blogger, sehari bisa dilihat seratus pengunjung itu udah anugerah banget, apalagi ribuan, hahaha. Ya karena di negara ini buku bukan hal yang diminati masyarakat kebanyakan, jadi yang cari informasi tentang perbukuan pun biasanya dari kalangan terbatas, yang suka baca buku. Makanya saya selalu cari ide postingan yang bisa dibaca luas, nggak hanya untuk kalangan pecinta buku, tapi tetap menyisipkan tentang buku, jadi setidaknya ada rasa tertarik dan penasaran, syukur-syukur bisa ikutan suka membaca.

Saya nggak tahu kriteria atau bagaimana bisa postingan yang saya tampilkan ini memiliki pengunjung cukup banyak. Entah pada kesasar, memang ingin membacanya atau cara penghitungan google yang nglindur, saya nggak tahu bagaimana kerjanya. Kalau di wattpad kan katanya tiap klik dihitung, apakah di blogspot sama? Saya nggak tahu, kalau ada yang paham boleh menjelaskan di kolom komentar. Saya juga sudah tidak menerapkan teknik SEO, bikin pusing. Saya mah nulis nulis aja, page views banyak mah bonus, saya serahkan ke pembaca pokoknya, hehehe.

Langsung saja, berikut Top 8 Most Viewed on Blog Post 2018:
Cara paling mudah untuk mendapatkan audiens memang tulislah yang sedang 'panas', yang lagi dibanyak dicari orang. Nah, beberapa teahun terakhir, wattpad sangat diminati, karena tahun lalu saya cukup kenceng baca di sana, kenapa nggak sekalian bikin rekomendasi cerita wattpad yang okey? Selain itu banyak yang meremehkan tulisan di wattpad, sekalian membuktikan kalau ada yang keren juga kok di sana, ibaratnya mutiara yang tertutup debu, hahaha.

Dan ternyata benar, kan, postingan tentang wattpad ini jadi salah satu yang dicari.

Saya ingat, dalam sehari review buku terbaru Ken Terate ini langsung tembus ratusan pengunjung, mungkin karena ada giveaway-nya, biasanya memang langsung rame kalau ada iming-iming buku gratis, hehehe. Selain itu mungkin comeback Ken Terate juga setelah beberapa tahun nggak nulis, jadi cukup dinantikan pembaca setianya.

Karena cukup banyak rekomendasi di wattpad, saya bagi dua saja, eh pengunjungnya nggak kalah sama postingan yang pertama, bahkan lebih banyak lagi. Selain alasan yang saya sebutkan sebelumnya, postingan ini ditulis karena saya sebal, ada cerita yang saya suka dan saya ikuti, eh sampai beberapa bab terakhir dihapus penulis karena mau diterbitkan, kan maunya baca gratis, hahaha.

Makanya, dari pengalaman itu saya membuat rekomendasi, nggak ingin terulang sama orang lain, sebelum dibukukan, baca dulu deh, mumpung gratis. Saya nggak ngecek lagi sih apakah rekomendasi yang saya buat beneran dibukukan atau tidak, karena bikinnya pas masih lengkap. Kalau iya, ya syukur deh, berarti rekomendasi Kubikel Romance memang kece, cieeee, LOL.

Saya tahu kenapa postingan ini banyak pengunjungnya, karena saya menuliskannya sehabis nonton film pertama. Jadi, tebakan saya orang-orang pada kepo gimana akhir kisah dari Lara Jean. Tahun sebelumnya saya sebenarnya sudah pernah baca, karena belum buat reviewnya, saya baca ulang dan langsung nulis, nggak mau nunda lagi. Nggak sia-sia juga, kan? Kadang timing yang tepat memang dibutuhkan.

Baca juga: Top 7 Most Favorite Scenes 2017

Saya nggak tahu apakah banyak penyuka C-Drama, yang jelas saya menyukai serial televisi yang diadaptasi dari karya Gu-Man, karena semua sudah saya bikin reviewnya, tak terkecuali My Sunshine. Mungkin karena buku terjemahannya sudah terbit juga, makanya pada kepo versi visualnya seperti apa.

Sebenarnya buku ini ramai pengunjung juga baru akhir-akhir ini, dulu pas awal posting memang sudah ratusan, tapi mendekati akhir tahun malah melonjak tajam. Syukur lah kalau memang beneran pada penasaran dan tertarik untuk ikutan membaca. Setidaknya kategori review buku menempati posisi ketiga paling banyak dicari di blog ini.

Tulisan ini tercipta karena saya risih sering ditanya bagaimana caranya membaca buku di goodreads, serius. Pengguna goodreads memang nggak sebanyak facebook maupun instagram, tapi setidaknya googling bisa kan ya? Yaudah sekalian saya bikinin tutorialnya saja, biar lengkap dan jelas, biar pada mengenal goodreads itu apa dan gimana cara mainnya, hehehe.

Ternyata banyak yang nyari! Jadi sekarang kalau ada yang tanya lagi, langsung saya sodorin postingan ini, terima kasih ya, pengunjung Kubikel Romance jadi bertambah gara-gara clickbait :p

Postingan ini sama kasusnya dengan review bukunya Tarina Arkad, ramai baru-baru ini. Entah pada tertarik nonton atau gimana saya juga nggak tahu. Yang jelas filmnya nggak terlalu booming, bahkan nggak tayang di bioskop sini. Mungkin sama kayak saya, nyari rekomendasi film romantis, eh kesasar ke film ini, hehehe.

Nah, itulah delapan postingan yang paling banyak pengunjungnya. Terima kasih kepada para pembaca setia maupun yang kesasar, klik kalian berarti bagi blog ini, hehehe. Setidaknya kalian menyumbang 2 juta page views, membuat salah satu goals saya tercapai.

Kalau boleh tahu, kenapa kalian menyukai blog ini? Apa yang membuat kalian mengunjungi blog ini? Apa yang kalian ingin dapatkan dari blog ini selain beberapa kategori yang sudah pernah saya tampilkan? Bisa juga kalian memberikan saran dan kritik, saya terbuka kok, kalau nggak suka juga nggak pa-pa, mohon beri alasannya ya biar bisa jadi perbaikan. Langsung saja komentar di bawah. Terima kasih :)

3 komentar:

  1. Pertama kali kenal blog kak Sulis krn ikut GA di sini tp gk menang�� dan aku suka baca review di sini yg menurutku jujur, apa adanya. Klo suka ya bilang suka, klo gk suka ya gk suka. Eniwei kak, aku jdi pengen buat postingan kek gini juga di blogku. Boleh gk gak? Nnti aku cantumkan bahwa aku terinspirasi dr blog kak Sulis. Plis boleh yaaa��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget kok, bebas aja, hehehe. Nanti jangan lupa colek-colek ya biar aku bisa baca juga tulisan kamu 😀

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...