Senin, 04 Januari 2016

2015 in Review

source

Hai halloooo, nggak bosan kan baca postingan borongan dari saya? Menebus beberapa hari yang lalu karena asik liburan ke Surabaya, jadi banyak postingan yang tertunda, rasanya pingin tiduran di kasur terus tapi nggak boleh malas! Hehehe. Kalau di awal tahun saya bilang 2014 berjalan sangat cepat, maka 2015 kemarin super cepat, nggak kerasa saja tiba-tiba sudah berganti tahun lagi, tahun 2015 benar-benar WOW bagi saya dan cukup produktif, banyak banget pengalaman berharga, kalau meniru kata Benakribo sih, tahun 2015 benar-benar gile, gile, gile :D

Biasanya saya memberi judul Bookself Tour untuk rekapan selama satu tahun, mulai tahun ini saya ganti, pingin sesuatu yang baru saja, lagian bookself tour identik dengan keliling lemari buku dan menunjukkan buku apa yang dipunya, 2015 in Review lebih cocok dengan tema monthly recap yang tahun lalu saya usung. Saya juga akan mereview reading goals for 2015, sejauh mana resolusi saya berfungsi, apakah banyak yang berhasil atau gagal. Untuk awalan saya akan menuliskan yang gagal ya, hahaha.

Saya gagal mengaktifkan Diary of Kutu Bokek, jujur saja saya nggak ada waktu untuk mengelola dua blog dan menulis kehidupan sehari-hari, saya berencana menuliskannya ke buku diary beneran saja, sudah dimulai tahun kemarin hanya tidak setiap hari, kalau ada kejadian yang menarik dan memorable saja, bagian ini nantinya akan menjadi resolusi tahun 2016, selengkapnya di akhir postingan. Pengunjung Kubikel Romance belum tembus satu juta, wakakaka, giveaway serunya terpaksa ditunda dulu, makanya sering-sering ke sini biar target saya tercapai :D. Apakah hanya dua itu saya resolusi saya yang gagal? Untuk selengkapnya mari saya usut satu per satu.

Read, Review & Blog

Tahun 2015 adalah tahun tersantai setelah saya bekerja, dua tahun lebih saya bekerja di bangsal yang menguras tenaga dan pikiran, mulai Maret kemarin saya dipindahkan ke bangsal yang lebih santai alias tidak banyak pasien, perbedaanya terasa sekali, saya jadi punya banyak waktu untuk bersantai dan membaca. Target bacaan saya di tahun 2015 adalah 100 buku, seperti biasanya, sudah menjadi ritual saya setiap tahun. Saya berhasil membaca 141 buku, kalau di goodreads hanya terekam 134 buku, karena ada beberapa yang baca ulang, tidak saya masukkan ke sana dan ada buku yang masih berupa draft yang rencana terbit tahun 2016, belum ada di goodreads. 

Rata-rata saya membaca 11 buku setiap bulan. Bulan paling malas adalah Februari, di mana saya hanya mampu membaca 5 buku saja, waktu itu saya lagi ketagihan nonton serial Game of Thrones, beberapa drama Korea, dan beberapa kali maraton nonton film juga sehingga bacaan saya keteteran. Untuk bulan paling produktif adalah bulan November dan Desember, berhasil baca 17 buku, mungkin karena banyak libur kali ya, ah jadi pingin libur terus XD.


Untuk review buku, di tahun 2015 saya terbilang sangat rajin, ada 125 review buku yang berhasil saya tulis, selisih dua dari tahun 2012, tahun di mana saya lagi semangat-semangatnya jadi blogger buku, hahaha, sekarang masih sih, ada beberapa prioritas yang harus saya pilih selain membaca dan ngeblog, bisa dibilang ngeblog dan membaca adalah hobi yang saya kerjakan ketika waktu senggang, bukan kegiatan utama. Tentu masih banyak buku di tahun kemarin yang belum sempat saya review, ada beberapa hutang review di tahun sebelumnya yang baru sempat saya tulis, bahkan ada hutang review dari dua tahun lalu yang masih mengendap di draft, total di draft saja mencapai 40-an, hahaha. Kelemahan saya memang tidak bisa langsung menuliskan review begitu selesai membaca, harus nunggu mood dan pas libur juga, jadi nggak terlalu ngoyo kecuali kalau blog tour, itu mah wajib ditulis XD.

Tahun 2015 juga merupakan tahun yang amazing, beberapa kali saya memenangkan kontes review, seperti #ReviewMaret, dua kali menang Resensi Pilihan di Yes 24 Indonesia, di @bukupediacom, dan #WhatIfReview. Pada akhir tahun kemarin, akhirnya ada juga tulisan saya yang masuk koran, yah walau bukan review buku saya bersyukur sekali, mungkin harus banyak berlatih lagi, bahasa saya masih terlalu alay untuk bisa masuk ke media cetak, hihihi. Selain review buku, saya juga mulai rajin memposting Let's Talk, How To, dan Genres. Semoga tahun ini lenih rajin lagi ya :D. Oh ya, di tahun kemarin ada postingan yang ngehits sekali, bahkan sampai sekarang masih saja menduduki posisi pertama padahal tayangnya sudah awal tahun kemarin, yaitu postingan Not A Perfect Wedding yang tembus 15.000 lebih pengunjung! Wow, hanya dalam satu tahun saja bisa sampai segitu, berharap postingan saya yang lain juga mengekor, hehehe. Sedangkan untuk komentar terbanyak, memang dari giveaway blog tour sih, hehehe, dari semua blog tour saya nggak nyangka kalau peminat Dear Miss Tuddels membludak, ada 60-an peminat buku tersebut!

Untuk tampilan blog Kubikel Romance, sejak awal tahun saya melakukan beberapa perubahan, seperti header floral pada bulan Februari, kemudian pada bulan Oktober saya menang giveaway template blog yang sekarang saya pakai, suka sekali, masih bernuansa floral dan vintage, saya banget pokoknya. Dan sejak bulan Maret Kubikel Romance juga memiliki domain sendiri, mulai bulan April saya posting sesuai tema, mungkin belum serajin di awal-awal tapi saya mencoba untuk konsisten, di beberapa bulan terakhir agak kendor karena banyak blog tour yang waktu penayangannya sudah dijadwalkan.

Buntelan

Resolusi tahun lalu adalah membeli sedikit buku, apakah berhasil? Bisa dibilang cukup berhasil walau ada kalanya saya kalap, yaitu pada bulan Juni saya membeli 13 buku. Sedangkan saya berhasil tidak membeli buku sama sekali pada bulan Mei dan Desember. Total buku yang saya beli pada tahun 2015 adalah 53 buku. Cuma segitu? Tidak dong, walau ada bulan yang sukses tidak membeli satu pun bukan berarti saya tidak mendapatkan buku sama sekali, yap dari buntelan. 

Total buntelan yang saya dapat pada tahun 2015 adalah 159 buku! Hampir dua kali lipat dari tahun 2014, alhamdulillah, dana buat beli buku bisa dipakai untuk keperluan yang lain :D. Bulan paling sedikit mendapatkan buntelan adalah Januari (2 buku) dan Mei (3 buku), sedangkan yang paling banyak ada pada bulan November (18 buku), Juni (22 buku), dan Desember (41 buku). Untuk daftar lengkap buku apa saja silahkan baca di postingan monthly recap ya, sudah lengkap banget di sana. Jadi, total buku yang saya dapatkan selama tahun 2015 ada 212 buku. Semoga tahun ini rejekinya makin lancar, saya mencoba untuk puasa beli buku, beli sesedikit mungkin kecuali dari penulis favorit, benar-benar ingin fokus menghabiskan timbunan.

Terimakasih kepada semua pihak baik penerbit maupun penulis yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu, maaf banget kalau ada buku yang belum berhasil saya selesaikan, khususnya Penerbit Mizan, harus segera nih kalau mau dapat buntelan lagi XD. Tahun kemarin memang sangat produktif dan saya sedikit keteteran, timbunan malah saya kesampingkan demi segera menyelesaikan deadline blog tour dan review dari penerbit, sampai-sampai hidup saya tuh kayak seputaran baca-ngreview-kerja-makan-tidur, begitu berulang-ulang, LOL. Saya akan berusaha sesegera mungkin menyelesaikannya, kepikiran juga dan hidup jadi tidak tenang, hahaha. Tahun kemarin saya banyak sekali membaca buku romance dan sedikit membaca buku fantasy, tahun ini ingin mencoba membangun mood dan memperbanyak baca buku fantasy, pokoknya babat habis timbunan!

Endors

Terimakasih sekali untuk Luckty, Nana, Atria dan Rizky yang sering merekomendasikan saya ke penulis dan penerbit untuk gabung di event blog tour. Pun dengan beberapa penulis dan penerbit yang mengontak saya secara langsung baik melalui email, goodreads, facebook dan twitter. Tahun ini benar-benar gile, gile, gile, hahahaha. Maaf ya kalau ada kekurangan atau tidak bisa maksimal ketika mempromosikan buku, saya selalu mencoba meluangkan waktu sebisa mungkin untuk promosi, tapi ya namanya manusia biasa tentu masih banyak kekurangannya. Terimakasih khususnya kepada Penerbit Mizan dan Ice Cube yang setia memberi saya buntelan, pokoknya jangan kapok! XD

Oh ya, tahun ini saya juga mendapatkan tawaran job review antara lain dari cermati, matahari mall dan lazada. Emang sedikit menyimpang dari buku sih tapi saya selalu mencoba memasukkan unsur buku di dalamnya, rugi banget kalau nolak, dapat duit juga, hahahaha. Semoga tahun depan ada lagi ya, saya pingin banget di endors gadget nih, butuh handphone baru, memori handphone lama saya sudah tidak mencukupi, baterainya udah soak, saya terpaksa keluar dari banyak grup WA demi menghemat baterai dan konsen ke kehidupan nyata #tsah, dan nggak bisa donlot IJak, saya kan pingin nyoba nyewa buku di sana juga, huhuhu. Singkatnya, saya butuh handphone baru, bukan untuk berselfie ria atau update biar kekinian, saya malah berencana untuk mengurangi kegiatan bersosial media, butuh hanya untuk menunjang kegiatan ngeblog dan promosi saja kok, suer deh. Semoga semoga semoga rejeki tahun 2016 lancar, amin.

Events

Ada dua macam event, yaitu offline dan online. Pertama adalah offline, di awal tahun, pada bulan April para anggota Goodreads Solo melakukan kopdar, setelah sekian lama, hahaha, kalau nggak salah sih ada dua kali tapi yang kedua saya lupa kapan. Awal bulan kemarin juga ada kopdar lagi tapi saya melewatkannya, hiks, semoga tahun ini kita sering kumpul ya. Kemudian pada bulan Oktober saya berkesempatan mendatangi SoloPos FM untuk siaran tentang Goodreads dan BBI, pengalaman yang seru sekali. Di bulan November saya menghadiri peluncuran novel Suti dan bertemu langsung dengan Sapardi Djoko Damono. Semoga di tahun 2016 ini saya lebih aktif lagi ya, sering banget Solo ada event seru seputar buku tapi biasanya kendalanya ada di waktu, kadang pas saya masuk kerja, huhuhu.

Sedangkan untuk acara offline, akhir tahun kemarin akhirnya saya bisa datang ke IRF untuk kedua kalinya dengan berbagai drama, hehehe. Pada bulan Mei ada drama yang nggak kalah seru juga, yaitu event Love Cycle, nggak usah dibahas lagi ya kalau itu XD. Untuk event giveaway yang saya danai sendiri hanya pada hari ulang tahun BBI yang keempat, tahun kemarin absen mengadakan Giveaway Terselubung, semoga tahun ini akan ada lagi ya. Kemudian beberapa giveaway yang disponsori oleh penulis dan penerbit ada 4, antara lain Above the Stars, Break the Casanova's Heart, Beats Apart dan Love Theft. Untuk blog tour sendiri, selama tahun 2015 saya menjadi host untuk 25 blog tour dari berbagai penerbit, tahun kemarin blog tour memang sangat ngehits sekali :D. Semoga tahun ini semakin banyak tawaran ngehost giveaway dan blog tour ya, biar bisa berbagi pada pembaca setia Kubikel Romance juga :D

Goals for 2016
  1. Selesai membaca 100 buku dan mereviewnya, kalau lebih malah bagus. Pun dengan hutang-hutang review yang mengendap di draft ampai sekarang sejak bertahun-tahun lalu, berharap sedikit demi sedikit bisa lunas.
  2. Buy less books. Masih sama resolusinya, semoga saja mengalami peningkatan, tahun ini sudah bagus kok, kurang dibiasakan saja. Saya berencana mau serius menabung soalnya, benar-benar harus mengerem beli buku, bahkan kemungkinan saya akan menjual beberapa koleksi kalau terpaksa, agak sayang sih tapi lihat nanti saja deh.
  3. Babat timbunan. Mau fokus membaca timbunan, makanya harus mengerem beli buku kalau tidak ingin semakin menumpuk.
  4. Beli rak buku. Nasib buku koleksi saya sangat mengenaskan sekali, saya memang nggak jago merawat buku, untuk sementara terpaksa ditumpuk-tumpuk, huhuhu.
  5. Produktif ngeblog dan konsisten posting sesuai jadwal. Tahun lalu saya ingin tulisan saya lebih dewasa dan mengurangi berbagai meme, berhasil. Saya ingin memperbanyak postingan let's talk, how to, genres dan recomendation. Saya ingin mengaktifkan kembali jadwal yang sudah saya buat.
  6. Masih membuka tawaran mereview buku, blog tour atau giveaway. Tapi saya batasi hanya untuk penerbit major saja, bukannya sok atau belagu, saya mempunyai pengalaman yang tidak mengenakkan perihal self publishing, kecuali dari penulis yang tulisannya pernah saya baca dan suka banget, saya tidak masalah, nggak diterbitkan juga akan saya baca XD. Intinya saya akan membaca terlebih dahulu buku yang ditawarkan tentang apa, kalau menarik akan saya embat, hehehe.
  7. Semoga pengunjung Kibukel Romance bisa tembus satu juta ya, hehehe, tahun ini mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun kemarin, nanti saya bikin giveaway seru deh, janji :D
  8. Mengurangi kegiatan bersosial media kecuali untuk promosi. Saya sudah banyak mengurangi dari tahun lalu, mulai dari Path dan BBM. Akhir tahun ini mulai dari Grup WA, sedih sih karena nggak bisa bercuap-cuap dengan member Joglosemar yang lain, berhubungan dengan handphone tadi sih, butuh yang baru. Tapi ada efek positifnya juga, saya bisa lebih konsen dalam kehidupan nyata, lebih konsen dalam hal membaca dan ngeblog. Paling saya akan aktif di Twitter, Facebook, Instagram dan Goodreads #lah. Saya juga ingin lebih positif dalam hal menilai orang, yah mungkin di dunia maya dia resek, tapi belum tentu kenyataanya begitu. Hehehe, pokoknya berpikir positif dalam hal apa pun.
  9. Berat bada harus turun 20 kg! Hahaha nafsu banget ya. Ingin normal kayak dulu aja, dan terlebih saya ingin hidup sehat, tahun lalu sangat ugal-ugalan dalam hal makan, olah raga kalau ingat saja, pokoknya sangat cuek sekali, bahkan saya mulai merasakan tanda-tanda tubuh tidak sehat, harus segera dikontrol kalau tidak mau keblabasan. Selain itu, banyak baju saya yang nggak muat lagi, huhuhu.
  10. Menikah. Hahahaha, nggak ngebet banget juga sih, target nikah udah kelewat lama juga, dulu ingin nikah waktu usia 23-24 tahun, sama seperti ketika ibu saya menikah dulu. Lebih mikirin ke anak aja, saya pingin punya banyak anak soalnya, kalau bisa lima, hahahaha, kalau ketuaan kan kasihan rahim juga #tsah. Tapi semua saya serahkan ke Allah, semoga rejeki dan jodoh lancar di tahun 2016 ini, amin.

Sudah ah resolusinya, biar sedikit asal kesampaian semua. Semoga tahun 2016 ini menjadi tahun yang nggak kalah seru seperti tahun 2015 kemarin, amin.

source

24 komentar:

  1. Semog kesampaian ya resolusinya. Btw, boleh banget loh lempar ke aku buntelannya kalau abis dibaca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnnn, mbak Eva juga sering dapat buntelan kan? Hihihi

      Hapus
  2. Selamat atas pencapaiannya di 2015 :) semoga berhasil di 2016! =D

    BalasHapus
  3. Kak, ada rencana mau bikin postingan tentang book kaleodoscope 2015? Aku penasaran sama list top 5 best books kakak :)) sama book boyfriend juga hehe

    BalasHapus
  4. Cie... Cie... Blogger terkenal nih ye... Hahahaha. Eh, resolusimu yg nurunin bobot ma nikah itu lho, LOL banget. Udah lah Lis, jodoh di tangan Tuhan, santai aja lah... XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakaka, aminnnnn. Nggak ngoyo juga sih mbak, tapi kalau bisa tahun ini atau tahun depan #teutep XD

      Hapus
  5. Semoga goals dan harapan Mbak Sulis terkabul ya tahun ini, terutama goal yang paling akhir tuh, hehehe... Amiin, amiin....

    BalasHapus
  6. Kak Sulis, boleh nanya gak? Kan kata kka baca buku dan ngeblog itu hobby yak. Jadi kepo pengen tahu kerjaan kaka sebenarnya apa ka? Kok bisa banyak banget waktu luang buat baca buku gitu .. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerjaku di rumah sakit sebagai Juru Rawat alias perawat, hehehe. Nggak banyak waktu luang juga sebenarnya, kerja sehari biasanya tujuh sampai sepuluh jam, paling bisanya baca kalau sebelum tidur dan bikin review atau ngeblognya pas libur :)

      Hapus
    2. Hmmm,, gitu ternyata, kece ka :) Semangat buat menjalankan resolusi 2016 nya ka

      Hapus
  7. Keren ihhh apalagi bagian buntelannya. Biking mupeng hehehe. Semoga goals-nya tercapai semua, amiiin.

    BalasHapus
  8. Semogaharapannya mbak sulis di 2016 terkabul semua *amin*
    dan semoga saya bisa ngikuti jeak mbak sulis, yang sering banget dapat buntelan dan aktif meriview buku di blog :)

    BalasHapus
  9. Keren kak! produktif banget.
    semoga resolusinya bakal terwujud yaa. aamiiin...

    BalasHapus
  10. Keren banget kak bisa baca sebanyak itu :D
    Semoga resolusi tahun ini terkabul ya kak >_< semangat terus ngereviewnya

    BalasHapus
  11. Wah, ada namaku :))
    Teryata resolusi kita sebelas dua belas; berbuku buku nikah, gyahaha... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muahahahaha, susah nyari buku nikah, penuh rintangan XD

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...