Senin, 03 Juni 2013

Forrest Gump

9878405

Forrest Gump

Penulis: Winston Groom

Alih bahasa: Hendarto Setiadi

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 979-605-103-6

Cetakan kelima, September 1997

304 halaman

buntelan dari @_marsh113_


Sinopsis

"Pokoknya, nggak enak deh jadi idiot," tapi, "paling nggak aku bisa bilang hidupku nggak ngebosenin." Begitulah kata Forrest Gump, tokoh novel yang lucu ini. Ketika tim football University of Alabama menarik Forrest dan menjadikannya bintang, itu baru permulaannya. Keluar dari tim fottball, ia terjun ke Perang Vietnam dan menjadi pahlawan, lalu menjadi atlet pingpong kelas dunia, pengulat, dan konglomerat. Ia bertemu dengan Lyndon Johnson dan Richard Nixon, juga mengalami pasang surutnya cinta sejati. Dan akhir kisahnya... benar-benar tak terduga.

My Review

Itulah yang bisa dilakukan oleh seorang yang dikatakan idiot, absurd memang, seperti ketika membaca Life of Pi, kita tidak akan mempercayai kisahnya namun tetap saya menarik untuk diikuti. Yang paling absurd lagi itu ketika menjadi astronot kemudian tersesat di pulau terpencil dan disekap sama kanibal, hahaha ironis banget. Buku ini direkomendasikan sama Nana ketika pada saat itu saya curhat di twitter kalau saya sulit ketawa membaca buku komedi. Dia bilang buku ini buku terlucu yang pernah dia baca, saya penasaran dan dengan baik hatinya dia menghibahkan buku ini kepada saya. Bagi saya, buku lucu itu ketika saya membacanya tiba-tiba saya ketawa begitu saja dan ketika selesai membaca buku tersebut kemudian menginggat kembali adegan yang membuat saya ketawa maka saya akan ketawa lagi, itu yang namanya buku komedi. Binggung ya? Pokonya gitu lah. Dan adegan yang paling membuat saya ngakak-ngakak nggak jelas di kamar adalah pada saat Forrest lagi bertanding catur demi mendapatkan hadiah, gara-gara menerapkan strategi yang nggak jelas dari lawan sebelumnya dia hampir aja kalah, Forrest ini jago banget matematika, fisika dan bisa dengan mudah memainkan alat musik harmonika, dan dalam bermain catur belum ada yang bisa mengalahkannya. Tiba-tiba aja dia kentut dan menang. Si lawan protes dong kalau itu termasuk kecurangan, hahahahahahahahahahaha lucu banget pokoknya. Setidaknya ada tiga kali saya ngakak tiba-tiba ketika membaca buku ini. Dan saya baru tahu kalau buku ini berseri, padahal endingnya udah mantap banget T.T
Begini, Forrest, kadang-kadang hukum-hukum itu memang nggak ngenakin, tapi tetap saja berlaku. Kayak kalau macan ketemu monyet di hutan -sial untuk si monyet, tapi untung untuk si macan. Memang begitu adanya.

Untuk terjemahannya, not bad lah kalau menurutku, mungkin penerjemah ingin menampilkan sosok orang idiot, sang naratornya, jadi bahasanya kayak anak kecil, nyantai banget, nggak ada formalnya sama sekali, ya itulah Forrest Gump.

4 sayap untuk "aku kebelet"

10 komentar:

  1. Terjemahannya bagaimana? Saya baru nonton filmnya aja, dan salah satu film favoritku.

    BalasHapus
  2. Mwahahah tuh kan ketawa... Ini buku emang gokil gila. Ada bagian sedihnya juga sih, tapi yaa... khas Forrest lah ceritanya. Aku dulu nyari lanjutannya tapi nggak pernah nemu. Penasaran juga baca kisah si Forrest sama anaknya.

    @ mbak Desty: filmnya beda dengan novelnya. Filmnya bagus sih, tapi terlalu serius.

    BalasHapus
  3. heeee....aku udah lama banget nonton filmnya, dan karena ngerasa udah au ceritanya, jadi males baca bukunya. Bagus toh ternyata? Tapi, ane jadi lebih tertarik baca bahasa aslinya hehehe.

    BalasHapus
  4. waaah.... jadi pengen baca.... :(((

    BalasHapus
  5. […] Forrest Gump by Winston Groom (Finding New Author Reading Challenge, What’s In A Name Reading Challenge) […]

    BalasHapus
  6. Wah 4 sayap Mba Sulis ngasihnya,,, pasti lucu....pingin baca dah biar ngakak2 jg :x)

    BalasHapus
  7. Wah 4 sayap Mba Sulis ngasihnya,,, pasti lucu....pingin baca dah biar ngakak2 jg :x)

    BalasHapus
  8. Wah 4 sayap dr mba Sulis, sptnya bagus dan kocakkkkk pengen bavca x)

    BalasHapus
  9. Bahahaha novel ini memang lucu banget
    Bisa dilebihin tuh kasih sayapnya mbak

    BalasHapus
  10. Ini novel umurnya pasti udah melebihi umur aku, cetakan kelima aja taun 1997

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...