Senin, 07 Januari 2013

Wrap Up Historical Fiction Challenge 2012 & Welcome New HistoricalFiction Challenge 2013


2013_historicalfictionchallengebutton2

Bisa dibilang challenge Hisfic ini adalah challenge yang gagal total yang saya ikuti daripada challenge lain di tahun lalu, nggak banyak sih tapi rencana yang menggebu-gebu di awal hancur di akhir karena mood nggak berselera baca Hisfic. Walau nggak bisa tuntas, challenge ini berjasa membuat saya semangat baca Gone With The Wind selain challengenya mbak Fanda juga #ajimumpung. Kalo di tahun 2012 sistem penilaiannya berapa banyak halaman yang kita baca tiap bulan dari bulan Agustus sampai Desember, beda lagi dengan tahun ini, nanti akan saya jelaskan rulesnya, kita bahas buku Hisfic apa saja yang saya selesaikan di tahun lalu.
Tingkatan Level:
> 1000 pages/month [Historian]
> 800 pages/month [Curator]
> 600 pages/moth [Librarian]
> 400 page/moth [Collector]
> 200 pages/moth [Shopper]

[Agustus: Historian]
  1. Three Nights with a Scoundrel (512 p)
  2. Someone to Watch Over Me (Bow Street Runners #1) (424 p)
  3. Life of Pi (446 p)
[September: Historian]
  1. Then Comes Seduction (Huxtable Quintet #2) (488 p)
  2. A Kingdom Of Dreams (Westmoreland #1) (600 p)
[Oktober: Loooooooooooser] None

[November: Historian]
  1. Gone With The Wind (1124)
  2. The Rake (408 p)
  3. Gadis Kretek (284 p)
 [Desember: Curator]
  1. At Last Comes Love (544 p)
  2. Lady Sophia's Lover (432 p)
See? Awalnya semangat banget lama-lama 'nglokro', paling parah bulan Oktober, bisa dibilang bulang paling nggak mood baca di tahun lalu, buku yang saya baca di bulan tersebut juga paling sedikit daripada bulan lain, hanya mampu membaca 9 buku. Kegagalan saya dalam menuntaskan HisFic challenge ingin saya bayar di tahun ini, seperti yang saya katakan di atas rulesnya sedikit berbeda, kalau tahun lalu level sesuai dengan jumlah halaman per bulan, tahun ini rulesnya adalah berapa banyak buku Hisfic yang kamu baca dalam tiga tahun, yap, challenge ini berlangsung sampai 2015. Lama banget ya? Itu pertanyaan saya ketika membaca pertama kali challenge ini, trus konfirmasi langsung ke mbak Hobby Buku kok lama banget mbak? Ternyata challenge ini bisa diikuti dalam tahunan, emmmmm, tiap tahun bisa kita tentukan berapa banyak buku. Nah, nanti juga bisa diikutkan dalam endingnya di tahun 2015 bukan? Tinggal menjumlah berapa banyak buku tiap tahun. Saya nggak mau muluk-muluk, saya ikut challenge yang per satu tahun karena kebetulan ada timbunan buku Hisfic dan itu pun nggak banyak, selain itu biasanya saya terpacu kalo kepepet, nah kalo dikasih waktu tiga tahun bisa-bisa bukunya nggak cepet saya baca.
Level:
Historian: > 20 buku/ 3 tahun
Curator: 15-20 buku/ 3 tahun
Librarian: 10-15 buku / 3 tahun
Collector: 5-10 buku/ 3 tahun
Nah, tahun ini saya mengambil level Collector, alasannya karena timbunan buku Hisficku nggak lebih dari 10 buku, ehehehe.
Timbunanku:
  1. Juliet by Anne Fortier (European History)
  2. Water of Elephants by Sara Gruen (European History)
  3. Hotel On The Corner of Bitter and Sweet by Jamie Ford (European/Japanese History)
  4. A Single Shard by Linda Sue Park (Korean History)
  5. Kapitan Pedang Panjang by Fira Basuki (Indonesia History)
  6. Seratus Tahun Kesunyian by Gabriel Garcia Marquez (European History)
  7. The Calligraper's Daughter by Eugenia Kim (Korean History)*
  8. Maryam by Okky Maddasari (Indonesia History)
  9. Les Miserables by Victor Hugo (European History)
Lah kenapa itu ada negara-negaranya segala? Sebuah challenge tidak akan menarik kalo tidak ada penyemangatnya, yaitu hadiah :p Mbak Maria memberikan hadiah hagi yang mampu menyelesaikan challenge tersebut sebesar IDR 60 atau $ 6 dengan syarat buku yang dibaca mengandung 5 kategori tempat kejadian, bacaan saya kurang dari Jepang dan Cina, nanti deh cari pinjaman dulu :D
Semoga saja semuanya bisa selesai tahun ini, amin, kalau nggak bisa yah ikut challenge yang tiga tahunan #ujungujungnya :D
Untuk yang mau ikutan juga silahkan ke Hobby Buku


NB: * pinjem mbak Sinta
btw nggak ada pemenang HisFic Challenge lalu ya mbak? :)

1 komentar:

  1. Yay, akhirnya ikutan lagi, smg terselesaikan tahun ini ya :DPemenang Pilihan tahun lalu Fanda, sdh diumumkan via twitter, nanti aq buat wrap-up post-nya. Jangan lupa masukan link postingan ini atau list daftar bacaan di Sign-Up Post ya mbak :DGood Luck !!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...