Selasa, 07 Mei 2013

Rapid Fire Question

Source: bibliocolors.blogspot.com
Sebelumnya mau minta maaf sama @daneeollie, @miss_zp dan @yuki_yuchan karena PR-nya baru dikerjain sekarang, maklum aja saya memang murid yang agak bandel, ngerjain tugas pasti telat, mefet-mefet, semoga aja nanti hasilnya tidak mengecewakan ya ibu guru dan PR-nya saya combo-in :D. Agak telat taunya karena beberapa hari yang lalu saya mulai mengurangi jam online, mau konsen membabat timbunan dan hutang pinjaman. Rapid Fire Question ini awalnya ditanyakan sama mbak @windascorfi di grup BBI di facebook kemudian dimodifikasi sama mbak @putripwu di mana dia menambahkan lima pertanyaan yang kemudian bisa dikembangkan lagi sama sasaran yang kena PR. Karena ada yang ngasih saya PR tiga, jadi pertanyaan yang harus saya jawab ada 25 soal, saya rapel yah, itung-itung ngisi waktu karena mampet bikin review :D

Pertanyaan wajib

1. Nambah atau ngurangin timbunan?
Ngurangin timbunan. Sebelum saya gabung BBI saya kerap sekali kekurangan bacaan dan jujur saya kangen masa-masa itu, sebab saya jadi suka berburu buku baru, berburu penulis baru yang barangkali nanti dia menjadi the next penulis favorit saya. Lagian banyak dosa ah kalo nggak dibaca-baca, dosa termanis XD

2. Pinjam atau beli buku?
Tergantung, kalo penulis favorit saya wajib punya bukunya, kalo penulis yang baru dikenal karyanya saya akan lebih memilih pinjem dulu baru nanti kalo suka saya akan cari buku seken atau diskonnya :p. Tapi kadang saya sering random beli buku penulis yang saya kenal, mencari the next penulis favorit saya :D

3. Baca buku atau nonton film?
Haram hukumnya nonton filmnya dulu baru baca bukunya. Beberapa kali saya nggak mau baca sebuah buku gara-gara kecewa berat sama filmnya.

4. Beli buku online atau offline? (tobuk yg temboknya bisa disentuh)
Offline, saya suka jalan-jalan ke toko buku, salah satu terapi juga yang bisa bikin pikiran segar :D
Lagian kalo beli online ongkir ke kota saya mahal, kecuali kalo beli buku bekas atau lagi diskon gede #teutep

5. (penting) buku bajakan atau ori?
Ori. saya suka mengkoleksi buku dan berharap semua buku saya dalam kondisi bagus, termasuk keasliannya.

6. Gratisan atau diskonan?
Gyahahaha, pertanyaannya nyindir nih. Sebagai #ordobuntelangariskeras tentu saya memilih gratisan kecuali saya nggak menang baru saya cari diskonannya #kutubokek #okesip

7. Beli pre-order atau menanti dgn sabar?
Saya orang yang sabar jadi tidak masalah kalau menungu sampai ada di toko buku, kecuali buku penulis favorit yang bukunya jarang ada di toko buku seperti Sitta Karina dan Farida Susanty, maka saya HARUS beli pre-order.

8. Buku asing (terjemahan) atau lokal?
Kalau kisah cinta saya sebenernya prefer ke roman indonesia, entahlah ini juga misteri bagi saya, mungkin kultur dan budayanya aja yang sama atau karakter tokohnya biasanya mirip dengan orang-orang disekitar kita jadi lebih mudah untuk memahaminya. Kalau fantasy saya lebih memilih buku luar, walau ada beberapa fantasy dalam negeri yang saya suka seperti Vandaria Saga dan Tetralogi Ther Melian.

9. Pembatas buku penting atau biasa aja?
Penting banget, merusak isi buku seperti melipat halaman itu sebenernya dosa besar tapi kadang saya lakukan gara-gara kepepet, nggak ada pembatas di buku tersebut. Tidak jarang juga saya pakai struck belanja sebagai pembatas darurat :D

10. Bookmark atau bungkus chiki?
Gyahahaha, saya kadang menjadikan bungkus makanan sebagai pembatas buku gara-gara kepepet, tapi lebih suka bookmark dong, lebih berkelas gitu loh :D

Pertanyaan dari mbak Dani

11. Happy ending vs sad ending?
Happy ending, saya benci mengeluarkan air mata karena lama berhentinya, lagian air mata saya mahal, saya nggak suka kisah sedih karena hidup saya sudah penuh dengan drama #eaaaaaa

12. Rhett Butler vs Ashley Wilkes?
Oalah, mereka ini tokoh dalam buku Gone With The Wind toh *mendadak amnesia* *barusan googling* *padahal udah pernah baca bukunya* *toyor*
Rhett Butler dong, karena dia tipe playboy yang ketika menemukan tambatan hatinya akan berubah 180 derajat *njungkel*

13. Buku baru vs buku second?
Gyahahahaha, nyindir lagi nih pertanyaannya. Sebagai #PemburuBukuBekas tentu saya memilih buku second tapi kondisi mulus. Asal buku itu bisa dibaca dan nggak ada bagian yang ilang saya nggak keberatan kalo buku itu second, yang penting nilainya bukan harganya #ceile

14. Twitter vs facebook?
Twitter. Lebih ke nyaman aja, nggak banyak orang alay di timeline saya yang namanya susah dilafalkan. Kalau nggak suka tinggal unfollow, kalau ada yang minta folbak kakakkkk, abaikan saya #okesip

15. Book swap vs book sale?
Book swap, karena saling bertukar buku itu seru, jendral!

Pertanyaan dari Zelie yang kenyal kayak jeli (?)

11. Lord of The Ring or Harry Potter?
Sama-sama film yang pernah membuat saya ternganga. LOTR baru nonton film dan baca The Hobbit sedangkan Harry Potter pernah baca buku 5-7, kalau berdasarkan pengalaman baca bukunya saya memilih Harry Potter, buku terakhirnya saya tuntaskan tidak lebih dari dua hari, membuat saya hanya makan, minum dan boker saja.

12. Romance or Fantasy?
Pertanyaan yang berat karena sama-sama dua genre paling favorit saya. Romance aja deh :D

13. Baca buku di perpus atau di tokobuku? XD
Di toko buku karena saya beberapa kali melakukannya, di perpus pernah juga sih tapi kan bukunya bisa dipinjem. Kalo numpang baca di toko buku kan nggak bisa kecuali di beli, memacu adrenalin karena harus cepat-cepat nyeleseinnya XD

14. Di perjalanan, lebih suka baca buku paperback atau ebook?
Nggak pernah bisa baca buku di kendaraan apa pun, jadi saya tidak memilih keduanya. Waktunya baca buku ya baca waktunya liburan ya liburan, beda tujuan dan nggak bisa digabungin.

15. Menulis tentang travelling atau membaca tentang travelling?
Membaca tentang travelling aja karena saya jarang bepergian, lagian nggak bakat nulis buku juga XD

Pertanyaan dari Yuki

11.  Buku bantal apa buku tipis?
Sebagai Ksatria Penakluk Buku Bantal saya pilih buku bantal, semakin seru ceritanya kita akan semakin nagih :D.

12.  Buku series atau langsung tamat?
Buku series yang nggak tamat-tamat, hehehe. Saya selalu merasa kehilangan kalau buku seru yang saya baca tamat, terlebih buku berseri karena kita tidak akan bertemu lagi, hiks #edisimelow

13.  Metropop atau amore?
Metropop, beberapa kali baca amore saya nggak cocok, konfliknya kurang nendang.

14.   Nabung atau belanja buku?
Nabung trus buat belanja buku, ehehehe. Setiap bulan saya udah menyisihkan untuk keduanya kok :D

15.  Cover jelek atau isi buku jelek?
Cover jelek aja deh, toh nanti bisa disampul pake kertas kado XD 

Yak demikian jawaban dari saya, semoga mendapatkan nilai yang baik ya bu guru :D
Berikut pertanyaan tambahan dari saya yang harus dijawab sama mbak Riri, mas Jodi, Ally, Rean, dan Sabrina :D
1. buku kipas atau buku kacrut?
2. sampul dulu dan dicium-cium dulu bau buku atau langsung baca?
3. baca sambil tiduran atau duduk?
4. nggak selesai baca atau baca kilat (skip)?
5. hero atau heroin?
selamat mengerjakan :D

NB:
Kemaren baca mention dari @skyducken dan saya dapat PR lagi, jadi saya tambahin di sini yah ^^
1. Hardbacak atau paperback?
Sebenernya lebih suka sama buku yang covernya hardcover, lebih apa yang elegan kali ya, ehehehe, lagian nggak gampang rusak juga :D
2. Nonton movienya dulu atau baca bukunya dulu?

Ohh, sudah pasti baca bukunya dulu dong, haram hukumnya nonton filmnya dulu
3. Baca sambil duduk atau tidur-tiduran?

i'm Librocubicularist, jadi baca sambil tiduran dong :p
4. Vampire atau werewolf?

Vampire! twihard sejadi XD
5. Bebek atau kelinci? 

Bebek aja deh, di makan lebih enak XD 

NBB:
Oke, barusan dapet PR lagi dari @myfloya jadi aku tambahin di sini lagi yah ^^ 
1.       Tokoh fiksi cewek yang dibenci?
Waduh susah juga nih, dari tadi mikir nggak ketemu. Kalo tokoh nggak di suka jarang sih dipikirin, selesai baca ya udah, nggak ada yang membekas banget, mungkin Bellatrix di Harry Potter kali ya, saya sebel banget karena dia membunuh Sirius Black, salah satu karakter favoritku di Harry Potter.

2.       Pernah baca novel erotis? Judulnya?
The Lady's Pleasure bisa dikatakan erotis enggak ya? Dari semua Historical Romance yang saya baca, buku itu yang paling hot :p 
 
      3.    Apa makna nama blog kamu?
      Saya punya tiga blog aktif, saya artiin satu-satu ya:
Kutu Bokek: dulu pas awal-awal saya buat blog buku, yaitu waktu jaman kuliah saya sering banget kesusahan beli buku, mayoritas buku yang saya baca adalah minjem di rental langganan (Quantum). Dari sanalah saya ganti istilah orang yang suka baca a.k.a kutu buku menjadi kutu bokek, suka baca tapi lebih sering pinjem, jarang beli, maklum anak kuliahan, sering bokek, ehehehe. Selain itu saya dulu juga suka banget berburu buntelan, jadi cocok banget deh sama statusku yang sering bokek :D Kubikel Romance: awalnya saya cuman punya satu blog buku, Kutu Bokek (dulu di posterous), kemudian melihat mbak Fanda yang mempunyai beberapa blog buku sesuai genre, saya jadi pengen ikutan. saya suka banget sama genre romance, bisa dibilang genre yang pertama kalisaya nikmati dan nggak pernah bosan. Saya pengen punya ruang tersendiri untuk bacaan itu jadi saya namakan Kubikel Romance, sebuah ruang kecil untuk buku-buku yang mempunyai kisah cinta.
     Mabok Baca: blog ini sebenernya untuk blog pribadi, semua hal yang saya sukai di luar buku karena saya sudah punya dua blog buku dan ketika saya mabok atau lagi nggak mood baca dan ngreview saya berkunjung kesini, tapi kenyataannya blog ini penuh dengan reblog tentang buku, ahahaha.

     4.  Situs buku yang sering dikunjungi? (misal : Bookmania, Bookriot)
    Ini kayak book blogger yang sering dipantengin ya? Nggak tentu, kadang kalau blogwalking blog mana aja aku datengin, kenalan kalo belum pernah berkunjung, selain itu kalo lagi pengen baca atau beli buku saya nyari reviewnya di blog anggota BBI lain yang udah pernah ngulas. Yang sering saya kunjungi itu blognya mbak @annisa_anggiana, @pippopu, @ndarow, sama mas Jodi. Kalau blog luar saya paling suka thereadables, sebenernya blog itu termasuk Vlog sih (video blog) jadi ngreviewnya lewat visual, gara-gara sering mantengin itu saya jadi pengen nyoba ngreview buku lewat video, tapi masih malu :p. Dan yang baru-baru ini saya kunjungi juga yaitu novelsounds.net ngeviewnya unik banget! ratingnya pake lagu dan tampilan blognya bikin iri, keren banget deh.
 
5.       Selain BBI, komunitas buku apa yang kamu ikuti?

Goodreads Indonesia dan Kaskus (lebih pasif :p)
enjoy ^^ 

9 komentar:

  1. ihiy! ternyata nyampul buku ada gunanya... menutupi kekurangan si cover jelek :D

    - hehe... pe-er-nya gak buru2 kan yaaaa.... XD

    BalasHapus
  2. yay...makasih udha jawab prtnyaan darikuu :D

    BalasHapus
  3. Aaaaa jangan makam bebek, bebek itu lucu <(* )

    Saya lagi program ngurangin buku yg belum kebaca, tp gatel pengen beli terus 8"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih, tapi banyak buku baru yang menggoda iman *hauhau*

      Hapus
  4. hahahaha... pe-er lanjut terussss.... *sialnya orang terkenal *LHO #plak

    BalasHapus
  5. Wah samaan Kak, aku juga lebih suka baca buku di Tokbuk, selain gratis gak perlu ngeluarin uang lagi hehehe, paling cuma diliatin sama si petugas tokbuknya aja

    BalasHapus
  6. Jawaban pertanyaan pertamanya: ngurangi timbunan?. hmm
    Seru yah anggota BBI sering berbagi buku. pengen gabung juga deh

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...