Selasa, 16 Agustus 2016

Resensi: Bristol Karya Vinca Callista | Giveaway

Judul buku: Bristol
Penulis: Vinca Callista
Editor: Septi Ws
Desainer sampul: Teguh
Penerbit: Grasindo
ISBN: 978-602-375-593-6
Cetakan pertama, Juli 2016
216 halaman
Buntelan dari @grasindo_id
El-Visnu Ansara mengajak Kaendra Salasika ke Bristol, Inggris, untuk memilih jurusan kuliah yang akan diambilnya. Sebenarnya, hal itu bisa dilakukan dari Indonesia. Tapi, Kae enggak menolak tawaran jalan-jalan gratis ke kota impiannya. Apalagi, dia bisa pergi jauh dari adik kembar yang tidak diinginkannya.

Namun ternyata, perjalanan ke sisi lain dunia menyeret Kae ke banyak pertanyaan membingungkan. Tentang Elvis dan beasiswa yang diberikan untuknya. Tentang masa lalu Elvis yang belum usai dengan Alita, cewek paling keren yang jadi idola Kae, sekaligus pemilik flat mewah tempat mereka tinggal di Bristol.

Kae berada di ambang krisis kepercayaan diri, sementara mimpi-mimpinya yang tinggi terus mendesak minta diwujudkan. Bristol pun tanpa diduga mempertemukannya dengan Greg, cowok Inggris yang mendambakan perempuan Indonesia dalam hidupnya

Kae tak punya banyak waktu. Ia harus segera menentukan pilihan. Dan, Bristol menjadi saksi kepada siapa hati Kae dijatuhkan.
Kaendra tidak menyangka kedatangannya ke Pameran Pendidikan Inggris membuatnya bertemu dengan Elvis yang kemudian mewujudkan salah satu mimpinya, yang tadinya hanya angan-angan semata sekarang Kae bisa berkuliah di Bristol, Inggris. Sebelumnya Kae merasa diperlakukan tidak adil oleh ayah karena hanya mampu membiayai kuliah salah satu anaknya, antara dirinya atau Keola, saudara kembarnya, dan adiknya lah yang terpilih, di mana sempat memadamkan keinginan Kae untuk mengasah kemampuannya menulis di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Berkat tawaran beasiswa dari perusahaan ayah Elvis, Kaendra berkesempatan pergi ke Inggris dan memilih jurusan yang dia inginkan.

Di Bristol, Kae dan Elvis tinggal di tempat Alita, teman sekaligus orang yang memiliki masa lalu yang belum selesai dengan Elvis. Kae sangat mengagumi Alita, kemandirian dan kematangannya tinggal di negeri orang membuat Kae berharap dia bisa seperti dirinya, hidup sendiri tanpa kehadiran ayah dan saudara kembar yang dia benci, Kae sangat bersemangat memulai hidup baru. Namun, masalah justru mulai muncul ketika Alita hadir di tengah hubungan mereka. Mulai dari memilih jurusan kuliah antara Media Artistry atau Media Literacy, Masa lalu Alita dan Elvis yang membuat Kae dan cemburu. Sampai Greg, teman grup band Alita, Papersaga, yang sangat terobsesi dengan perempuan Indonesia dan mengenalkan Kae pada keindahan kota di barat daya Inggris ini.

Bristol memiliki makna yang cukup penting bagi Kae, lewat dinginnya yang membekukan, ternyata bisa mencairkan sesuatu yang selama ini dipendam oleh Kae. Tentang keinginannya dalam menemukan jati diri, cinta, dan makna keluarga. 
Memori adalah bahan baku kehidupan manusia. Menyadarkan betapa pentingnya masa lalu, dan masa kini yang akan segera menjadi masa lalu.
"'ngerasa sendirian' itu kadang karena kita hidup dengan energi yang negatif dan udah kemakan sugesti kalau enggak ada orang lain yang mau dengerin kita."
Waktu berfungsi sebagai sumber daya yang terbatas bagi jatah kehidupan seorang manusia. Penggunaanya menjadi nilai tukar yang paling berharga.
Aku menulis, karena setiap hari harus ada yang dikerjakan manusia.
Aku mencinta, karena harus ada yang dirasakan sepanjang harinya. 
Bristol menjadi buku keempat Vinca Callista yang saya baca setelah Ratu Callista Sang Panglima Laskar Onyx, Semburat Senyum Sore, dan Dunsa. Dari beberapa pengalaman membaca ini, satu hal yang pasti adalah plot ceritanya kadang tak tertebak, ibaratnya yang seharusnya lurus penulis memilih berbelok kemudian lurus seperti jalan yang biasanya dipakai, baru ke tujuan akhir. Dan entah kenapa saya selalu merasa untuk novel non fantasi yang dia tulis, ada beberapa kepingan kehidupan nyata penulis yang ingin dibagikan ke pembaca. Hanya tebakan saja sih, hehehe, melihat penulis sedang menempuh pendidikan di kampus King's Collenge London, bagian Kae pertama kali menginjakkan kaki di Inggris membuat saya membayangkan hal yang dialami penulis sendiri :D.

Penulis cukup detail menggambarkan keadaan, terlebih setting tempat yang dialami tokoh utamanya, misalkan saja pada saat Kae datang ke flat mewah Alita, sangat detail sekali deskripsinya. Penulis juga tidak hanya mengenalkan apa saja keindahan kota Bristol yang bisa ikut dinikmati pembaca, jujur saja, saya baru tahu ada kota di Inggris yang bernama Bristol, bagi saya sangat antimainstream, karena biasanya yang saya tahu seputar London, Cambridge, Manchester, Birmingham, dsb. Saya tidak akan membocorkan kemana saja destinasi yang Kae kunjungi selama di Bristol, biar kalian yang belum pernah mendengar kota tersebut, sama seperti saya, cukup penasaran. Sedikit bocoran deh, bagian favorit saya adalah ketika Kae pergi ke jembatan Clifton Bride. Dan bagi kalian yang ingin kuliah di luar negeri khususnya di Inggris, banyak informasi yang bisa kalian dapatkan di sini, mulai dari susahnya pemilihan jurusan sampai kehidupan di sana, penulis cukup baik menggambarkannya lewat kata.

Sedikit kekurangan dari buku ini, saya merasakan adanya plot hole di mana ketika Kae menceritakan tentang ibunya saat kecelakaan, di bagian itu saya berharap cerita akan digali lebih dalam lagi, tapi ternyata hanya numpang lewat saja. Dan saya merasa chemistry antara Kae dan Elvis kurang terasa, memang dia digambarkan lebih dewasa dan kaku sehingga dia terlihat terlalu formal, sedangkan Kae layaknya anak kecil yang girang dikasih permen loli, selalu ceria, tapi kalau keluarganya disinggung dia akan menjadi masam. Mungkin kurang banyak adegan bersama kali ya, malah saya merasa hubungan Kae dan Greg terjalin lebih baik. Alita sendiri awalnya saya cukup menyukai tapi lama kelamaan sifatnya membuat saya berbalik, tapi tidak ada yang benar-benar saya benci kok, secara penokohan penulis cukup sukses menghidupkan karakternya.

Bristol saya rekomendasikan bagi kamu yang ingin berkeliling di kota yang indah ini, tidak hanya itu, kalian juga akan menikmati perjalan kisah cinta para tokohnya. Bristol juga salah satu serial terbaru yang diterbitkan Grasindo, A Love Story; City, semacam menggabungkan kisah perjalanan dengan kisah cinta, selain itu ada Istanbul dan San Fransisco yang baru terbit. Btw, covernya juara!



Saatnya giveaway!
Maaf nih nggak sempet bikin banner, jadi langsung aja ya :D. Bakalan ada satu novel Bristol gratis bagi satu pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia. 

Caranya gampang banget!
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC (bagian The Readers di side bar blog klik aja 'ikuti' atau sign in)
2. Follow akun twitter @grasindo_id dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kalian punya dengan hastag #GABristol, boleh mention saya.
4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah dengan menyertakan akun twitter/email kalian, "Kota di Inggris mana yang pengin banget kalian kunjungi?" Sudah itu aja, nggak pakai alesan juga nggak pa-pa kok. Gampang, kan? :D

Giveaway berlangsung hanya 5 hari saja, sampai tanggal 19 Agustus 2016, jadi ayo buruan ikut sebelum terlambat :D. Pengumumannya di postingan ini juga ya, semoga beruntung!


*UPDATE*

Haiii, maaf ya agak telat ngumumin pemenangnya, langsung aja berikut nama yang beruntung mendapatkan Bristol secara gratis dari penerbitnya...

@hervayulyanti

Selamat, nanti akan saya hubungi untuk konfirmasi dan pengiriman hadiah, buat yang lain tetap semangat! :D

33 komentar:

  1. "Kota di Inggris mana yang pengin banget kalian kunjungi?"
    London

    @NSMia

    BalasHapus
  2. Twitter: @aimuliya
    Email: aimulyani24@gmail.com

    Q: Kota di Inggris mana yang pengin banget kalian kunjungi?
    A: Tentu saja London!
    Tapi sebelum London, karena saya penggemar(?) tempat-tempat asri, hijau, klasik, dsb., saya ingin mengunjungi desa Castle Combe. Saya suka suasana pedesaan, apalagi yang cantik dan bersih, mata jadi segar :D

    BalasHapus
  3. Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/765400983941767169

    Kota di Inggris mana yang pengin banget kalian kunjungi?
    Bristol, sebelumnya saya tidak tau kalau di Inggris ada kota ini setelah cari info sana-sini, kota ini wajib dikunjungi karena banyak event tahunan yang menyenangkan seperti festival balon udara, festival bazaar kerajinan, festival bazaar kerajinan.

    BalasHapus
  4. Nama: Elsita F. Mokodompit

    London

    @sitasiska95

    BalasHapus
  5. "Kota di Inggris mana yang pengin banget kalian kunjungi?"

    London. Pengin ngeliat langsung situs warisan dunia di London seperti Menara London, Kebun Botani Kew; kompleks situs bersejarah yang terdiri dari Istana Westminster, Westminster Abbey dan Gereja St. Margaret, serta pemukiman bersejarah Greenwich.

    Twitter: @nunaalia
    Email: auliyati.online@gmail.com

    BalasHapus
  6. Sharie @nAshari3

    Ke kota Manchester :)

    BalasHapus
  7. Kota Oxford. Itu tuh yang ada universitas kerennya.

    Hapudin - @adindilla - hapudincreative@gmail.com

    BalasHapus
  8. @rin_mizsipoel
    mizsipoel@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/rin_mizsipoel/status/765522225172733953
    https://twitter.com/rin_mizsipoel/status/765523475989729280
    https://plus.google.com/109573570312785437434/posts/GZj2SuJT7ng

    Jawaban: I Love Birmingham

    BalasHapus
  9. Nama: della salsabila
    Twitter: @dellasalsbl
    Email: dellasalsabila01@gmail.com

    Saya ingin sekali ke london!!😍
    Berbeda dengan yang lainnya, jika saya pergi ke london saya pasti akan mengunjungi tempat2 yang pernah disinggahi oleh harry potter😁 because i really2 like harry potter omg!😍 seperti king's cross station, london zoo's reptile house, exhibition hall of australia house (home of the australian embassy) itu loh yg jadi bank para goblin😁😁😁, leaden hall market, london eye, big ben dan istana buckingham. Pengen deh foto2 disanaa!!!! Pasti kebayang2 dengan adegan di film harry potter deh uuu😍 terus yg kedua pengen ke oxford!!!! Pengen liat universitas dan perpustakaan nya yang besarrr itu tempat dimana harry potter baca2 buku😍 aaaaa! Jadi gasabar!!!!

    BalasHapus
  10. https://twitter.com/dellasalsbl/status/765745462968094721

    BalasHapus
  11. Nama : Prisma Winda
    Twitter : @prisma_30
    Email : prismaniv@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/Prisma_30/status/765842020782878720

    Klo aku dapat kesempatan pergi ke Inggris,banyak banget kota yang pengen aku kunjungin yaitu London pastinya,terus ke Birmingham,Manchester,Cambridge(cuma pengen ngunjungin universitasnya sih),Leeds,Nottingham,Oxford(sama kayak sebelumnya,cuma pengen ke universitasnya juga),dan yang terakhir sama kayak judul buku diatas yaitu Bristol(masih sama aja kayak sebelumnya,pengen liat universitas Bristol dan ada alasan lain juga yaitu pengen liat Gua Raksasa disana).

    Sekian dan terimakasih....
    Wish me luck ^_^

    BalasHapus
  12. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Akun: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/765854434614087680

    Jawaban: Manchester. Soalnya kali aja bisa masuk ke Old Trafford terus foto-foto bareng Sir Alex Ferguson kalo ketemu kan wow sangat 😆😆😆

    BalasHapus
  13. Nama : Nurhayati
    Twitter : @nur_hayati12345
    Email : nur1hayati12345@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/nur_hayati12345/status/765892824084512768

    Jawaban : Saya pengen banget ke London,Manchester, dan Birmingham. Cuma sekedar buat traveling ke tempat tempat paling terkenal disana. Dan pergi buat liat liat culture yang ada disana

    BalasHapus
  14. Nama : Herva Yulyanti
    Twitter : @hervayulyanti
    Link Share : https://twitter.com/hervayulyanti/status/766121973478850560
    Jawaban : Pengen ke London :)

    BalasHapus
  15. Twitter : @fitania09
    Link : https://twitter.com/fitania09/status/766127602452926464

    Jawaban : Swindon

    BalasHapus
  16. @She_Spica
    Shedetective.coolkid@gmail.com


    Pingiiiin banget ke London untuk mngunjungi 2 tempat yg sangat saya impi2kan, yaitu menara jam Big Ben dan museum Sherlock Holmes.
    Selain karena hasrat trpendam saya akan 2 tempat tersebut, yg pastinya saya jg pgn gahooolll dong kaya holang2 bisa pergi ke London *EdisiNgimpiKebangetanFrustasi 😂😂
    Terima kasih.

    BalasHapus
  17. @She_Spica
    Shedetective.coolkid@gmail.com


    Pingiiiin banget ke London untuk mngunjungi 2 tempat yg sangat saya impi2kan, yaitu menara jam Big Ben dan museum Sherlock Holmes.
    Selain karena hasrat trpendam saya akan 2 tempat tersebut, yg pastinya saya jg pgn gahooolll dong kaya holang2 bisa pergi ke London *EdisiNgimpiKebangetanFrustasi 😂😂
    Terima kasih.

    BalasHapus
  18. Twitter : @frdliash
    E-mail : fridaliash@gmail.com

    Pengen banget ke london sihh. Dulu pernah baca novel london dan karena itu pengen kesana liat london eye yg jadi salah satu seting tempat dibuku itu. Terus pengen liat big ben juga sama ga lupa pengen ke hyde park. Suatu saat semoga tercapai:""*

    BalasHapus
  19. twitter: @redsinad
    e-mail: wanudyaatmajani@yahoo.com

    Kota di Inggris mana yang pengin banget kalian kunjungi? Saya ingin sekali ke Liverpool! Saya adalah fans berat dari klub sepakbola Inggris Liverpool FC. Menonton mereka bertanding di Anfield Stadium, Liverpool dengan pertandingan bertajuk bigmatch, seperti melawan Manchester United, Manchester City, Chelsea, atau Arsenal atau melawan rival sekotanya dalam pertandingan bertajuk Derby Merseyside adalh salah satu keinginn terbesar saya. Berteriak dan bernyanyi Liverpool Anthem, You'll never Walk Alone bersama ribuan fans Liverpool dari berbagai belahan dunia adalh mimpi saya. Yah siapa tahu juga, jodoh saya ada di Liverpool.

    BalasHapus
  20. Akun Twitter : @RaaChoco
    Email : humairabalfas5@gmail.com


    Kota di Inggris mana yang pengin banget kalian kunjungi?


    Newcastle Upon Tyne dan liverpool

    Newcastle :
    » Di sana aksen Inggrisnya masih terasa, beda dengan London.
    » Ada spesies burung yang unik bernama burung Magpies yang suka menyerang mata orang, jadi pengen tau.
    » Walau aku perempuan aku suka sepak bola, dan Liga Inggris adalah Liga yang paling aku sukai juga aku tunggu-tunggu pertandingannya. Newcastle itu masih satu area dengan Sunderland dan Middlesbrough, jadi kalau main bola suka rame supporter dari ketiga klub itu.


    Liverpool :
    » Kotanya The Beatles gitu, dan aku fans berat mereka. Apalagi kalo bisa mengunjungi tempat pemotretan mereka di jalan Abbey Road.
    » Dan juga klub Liverpool, YNWA :)


    Pasti enak kalo bisa mengunjungi dan nonton pertandingan sepak bolanya secara langsung. Semoga kesampean, aamiin :) :)

    BalasHapus
  21. pengen ke Menara Jam Big Ben, ouh, ouh, itu lhoh iconnya kota inggris yang sering kelihatan di berbagai media tulis ataupun cetak. Saking populernya tempat itu, pengen pakai banget aku bisa lihat secara langsung jam besar itu. secara Live, bukan lewat browsing lho,hehe..


    rinivir90@gmail.com
    @Rinitavyy

    BalasHapus
  22. Twitter : @PidaAlandrian92

    Aku pengin pergi ke Kota Wales. Pengiiiiinnn bangeeettttt. Bangeeet banget deh pokoknya..
    kenapa? karena disana surganya puing-puing buku. dan berhubung aku lopee dgn nama-nya buku, makanya pengin banget ke sana. FYi, Wales itu hanya Kota kecil loh, bukan kota besar yg ada di Inggris.

    Fyi again, kota ini terkenal dengan sebutan Kota Buku. Kenapa? karena hampir sebagian besar toko di kota ini adalah toko buku. Bahkan, puing-puing istana batu yang ada di kota ini pun dijadikan sederetan toko, termasuk toko buku bekas yang diberikan nama "The Honesty Bookshop". Dan harganya itu berkisar 1 Poundsterling atau kurang dari itu.

    Dan yg paling uniknya, di toko The Honesty Bookshop nggak ada punjualnya, jadi kita yg ingin membeli buku meletakkan uangnya di kotak yg udah di sediakan. (hampir sama dgn toko kejujuran yg biasa ada di daerah ku juga). heheh. cuma bedanya di daerahku bukan toko buku tp mini market yg menjual sgala macam makanan.

    Sekian..

    Kalau ada yg ngajak aku Kota Wales, pasti deh aku langsung iyain. heheh..

    Salam Pida Alandrian.

    BalasHapus
  23. @hensus91 | henis_minozz@yahoo.com

    Aku mau ke London. Mau naik London Eye, bianglala super besar yang tentu akan memuaskan kecintaanku pada sensasi berputar 360 derajat dan menikmati pemandangan sekitar. Jadi pengen sekali ke London dan naik 'mata'-nya

    BalasHapus
  24. @rinicipta / rinspiration95@gmail.com

    Ke London. Belum ke Inggris rasanya, kalau belum pernah menjejakkan kaki di London. Banyak tempat menarik yang ingin aku kunjungi. Destinasi wajibnya ke landmark-landmark Inggris dan buat dokumentasi disana :D

    BalasHapus
  25. @dabelyuphi

    london. dari dulu tiap baca buku london pasti tidak pernah lepas untuk dijadikan settingnya. jadi pengen lihat sendiri gimana suasana london sesungguhnya.

    BalasHapus
  26. @anandanf07 / anandanftrn[at]gmail[dot]com

    London. Karena ada museum Sherlock Holmes😍😍

    BalasHapus
  27. Twitter: @ Lynlainy17
    Jawaban: London

    BalasHapus
  28. twitter : @anabahtera
    email: anabahtera@yahoo.co.id

    Kota Inggris yg sangat ingin dkunjungi?

    LIVERPOOL pastinya
    tempat club kesayangganku berada, pengin merasakan euforia berada dstadion Anfield..You'll never walk alone!

    BalasHapus
  29. @murniaya

    Birmingham.

    Alasannya karena di sana ada 3 arena yang sangat bergengsi di mata dunia. Yang pertama adalah Wimbledon Stadium, yang kedua adalah National Indoor Arena (NIA), dan yang ketiga adalah Barclaycard Arena. Aku pengen ngunjungin 3 arena mewah ini.

    3 arena itu adalah venue yang sering dipakai di perhelatan besar sebuah turnamen olahraga internasional. Tak terkecuali bulutangkis. Wimbledon Stadium adalah arena legendaris untuk turnamen All England, ia juga dipakai jadi venue bulutangkis waktu Olimpiade London 2012. NIA dan Barclaycard juga pernah dipakai jadi venue All England, sebuah turnamen tertua bulutangkis. Kalau sekarang turnamen All England sudah dipindahkan ke Barclaycard Arena. Meski tiket masuknya mahal - bisa sampe jutaan pas babak-babak akhir - tapi kalau bisa jadi saksi kemenangan wakil Indonesia di sana sebagai juara All England, itu kayaknya mau duit berapa juta pun ga masalah. :D

    BalasHapus
  30. Ke London. Belum ke Inggris rasanya, kalau belum pernah menjejakkan kaki di London. Banyak tempat menarik yang ingin aku kunjungi.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...