Senin, 27 Januari 2014

Liebster Blog Award


Hai hooooo, berasa lama banget nggak ngeblog ^^ yah nggak pa-pa deh toh seminggu sekali saya masih kelihatan (posting) kan? hehehehe. Nggak sibuk banget sih, biasa aja hanya saja saya lagi nafsu baca, terlebih seri Glam Girls, jadi nanti tunggu aja ya reviewnya *kalo ini suwer deh, ada 25 draft review di blog yang ngantri buat di publish :p*. Ok, mungkin TELAT BANGET posting ini, secara punya teman-teman blogger yang lain udah wara-wiri sejak awal bulan, sengaja sih sebenernya, biar agak sepi dan siapa tau saya ditimbuk beberapa kali, hahaaha bercanda, alasan utamanya pengen perbanyak review di blog ini karena sejak akhir tahun sampai awal bulan postingan saya mayoritas non review, biar seimbang gitu :D. Postingan ini nggak jauh beda dengan Rapid Fire Question, games seputar buku, hanya saja ada tambahan untuk menguak fakta tentang diri kita sendiri sebanyak sepuluh buah.

Dalang pertama kali yang bikin games ini adalah pemilik blog Read and Cafeeinated, waktu saya buka postingannya (ketika mau buat postingan ini) ternyata saya kena timpuk, hahaha, habis nggak dicolek di twitter jadi saya nggak ngeh, jadi saya punya LIMA pertanyaan untuk Libster Blog Award *ngos-ngosan*. Selain dari Brigida Alexandra, saya punya tugas special menjawab pertanyaan dari Ertalin @ Fiction and Me, ariansyahABO @ ABOokaddict, Yuska @ Lust and Coffee, dan Erdeaka @ The Bookly Purple. Makasih banyak yah teman-teman karena memilih saya, walau ada lima blogger yang memilih dan pertanyaan makin banyak, itu nggak berlaku buat fakta pribadi ya, nanti saya nggak misterius lagi dong kalau bicara panjang lebar tentang diri saya pribadi :p. Oke, nggak usah banyak ngoceh, berikut jawaban saya untuk Libster Blog Award:


Pertanyaan dari Brigida:

1. Why do you prefer review book than movies?
Karena ngreview film lebih susah dari buku. Di film banyak hal yang perlu diperhatika selain cerita, alur dan bla bla bla, lebih dari satu orang yang ada di balik layar, nggak hanya sutradara dan produser yang berperan penting, selain itu kalau mau mereview film saya harus fokus, gimana ceritanya, gimana gambarnya, gimana akting para tokohnya dan itu ribet, saya nonton film karena pengen seneng bukannya pengen dibuat pusing (cukup dengan ceritanya kalau itu film berat) dengan memperhatikan detail di dalamnya. Jadi yah, saya menyerah kalau disuruh bikin blog untuk film :D

2. How do you come up with the name of your blog?
Pernah saya buat postingan tersendiri dalam Apa Arti Nama Blogmu? :D. Singkatnya, saya pengen buat ruang kecil yang saya nyaman banget, tempat di mana saya betah berada di sana, dan jadilah Kubikel Romance, saya suka banget nama itu seperti Kutu Bokek, haha.

3. Do you have any plans for your book blog?
Banyak, salah satunya rajin posting review minimal seminggu sekali, melanjutkan mengumpulkan macam-macam buku sesuai kategori dalam Recommendations for You, membahas macam-macam genre khususnya genre romance, membuat giveaway bulanan; Strangers of The Month dan Giveaway terselubung, membuka sebuah diskusi tentang buku, dsb :D

4. What is the most difficult book to review in your whole life?
Buku-buku yang dapat empat-lima sayap dari saya. Itu buatnya bisa seharian bahkan bersambung. Saya cenderung susah bikin review kalau bukunya disuka banget, pengen menularkan apa yang saya rasakan untuk yang membaca review saya nanti sehingga dari membaca review tersebut dia tergerak untuk ikut membaca, dan menstranfer rasa suka itu nggak gampang. Kadang yang membuat lama itu juga dari risetnya, mencari di luar isi buku.

5. What is the most enjoyable book you've ever read?
Dari penulis favorit, rasanya pengen cepet namatin tapi begitu selesai pengen nagih lagi, yang bikin kembang kempis, mrebes mili :D

6. What was your biggest disaster while reading book? (spill your drinks to the pages?)
Bukunya kehujanan, ketumpahan kopi dan pembatasnya ilang, saya memang (sedikit) ceroboh.

7. Which is your favourite book cover?
Banyak >.< salah satunya ini ya


8. Do you still read classics?
Jarang, hehehehe, kalau romance mungkin saya akan membacanya, kebetulan buka klasik yang lagi pengen banget saya baca adalah Pride and Prejudice :p

9. If you could choose to be an author, whom you would be?
Farida Susanty. Goresan tangannya selalu terkesan dark tapi keren banget.

10. What is the most useful self-help book you've ever get into?
13 Reasons Why, membuat saya untuk mengerem ngomong terlalu apa adanya :D

Pertanyaan dari Ertalin

1. Lebih suka penulis lokal atau penulis luar negeri? Mengapa?
Kalau novel romance saya lebih suka penulis lokal, cocok aja sih, kalau luar kan budayanya udah beda dan ada bagian yang jarang terjadi di sini sedangkan untuk genre fantasy saya lebih suka penulis luar karena imajinasi mereka lebih liar :D

2. Adakah buku/novel yang berkesan yang dibaca di tahun 2013?
The Chronicles of Audy: 4R karena bikin saya nangis kejer subuh-subuh.

3. Lebih senang dengan gaya penulisan yang bagaimana?
Alur flashback dengan sudut pandang orang pertama, lebih bisa merasakan emosi karakternya.

4. Siapa tokoh favorit kamu dalam sebuah cerita?
Simon Marganda di novel Memori dong :p

5. Belanja online atau langsung ke toko buku?
Tergantung diskon XD

6. Suka menimbun dulu atau belinya pas lagi kepingin baca?
Pengennya beli pas lagi kepingin baca tapi apa daya selalu lemah kalau ada diskon akhirnya timbun dulu baca belakangan --"

7. Apakah ada target membaca dalam sebulan?
Nggak ada, targetnya ngereview setelah membaca.

8. Buku/novel apa yang menurut kamu oke untuk difilmkan?
Yang bergenre fantasy. Menurut saya fantasy adalah genre satu-satunya yang cocok untuk dibuat film karena membantu saya mewujudkan imajinasi penulis.

9. Jika berkesempatan, siapakah penulis yang ingin kamu temui?
Sitta Karina, pengen minta tanda tangan di semua bukunya yang aku punya :D

10. Saat membeli buku/novel, yang dilihat sinopsis atau cover ?
Sinopsis/cerita, penulis, cover, penerbit, harga.

Pertanyaan dari ABO

1. Buku yang paling ingin kamu baca sekarang?
Pride and Prejudice

2. Sad ending, Happy ending atau cliffhanger ending?
Pecinta happy ending garis keras.

3. Edward Cullen atau Peeta Melark?
Edward Cullen XD

4. Lebih suka baca buku sambil ngemil atau sambil dengerin musik?
Lebih suka suasana tenang, biar lebih konsen.

5. Buku yang paling menjadi favoritmu selama ini?
Memori - Windry Ramadhina dan seri Wallflowers - Lisa Kleypas, tiap tahun saya punya ritual baca ulang :p.

6. Pernah baca buku yang bikin kesel setengah mati? Judulnya?
Buku-bukunya mbak Morra Quatro, hahahaha, habis saya selalu sebel dengan endingnya.

7. Paperback atau hardcover?
Sebenernya saya lebih suka hardcover, karena lebih kokoh dan kesannya elegan.

8. Apa judul buku yang menurutmu paling sukses ketika diadaptasi jadi film?
Ehmmmm, The 5 Wave aja deh (padahal bukunya belum disentuh :p)

9. Dan apa film adaptasi dari buku yang paling mengecewakan menurutmu?
TWILIGHT!!!!!!!!!! Pengen nangis nonton filmnya saking kecewanya.

10. Metropop atau Amore?
Metropop.

Pertanyaan dari mbak Yuska

1. Kapan pertama kali sadar kalau kamu penggila buku/maniak baca?
Waktu awal kuliah.

2. Pernah berantem dengan teman/saudara/pasangan/ortu gara-gara buku? Bisa ceritakan sedikit? :p
Nggak ada yang serius sih, paling suruh nganti kalau ngilangin dan setelah itu nggak akan saya kasih pinjam lagi, trus larangan abah untuk berhenti beli buku, toh saya abaikan aja XD.

3. Blogger buku favoritmu siapa? Sertakan juga link blognya ya ^^
Banyak, salah satunya Mbak Nissa dari My Book Reviews Corner, review yang dia buat sukses bikin ngiler pengen baca bukunya dan The Readables, booktube sih sebenernya, pengen kayak dia, bisa ngreview secara visual :p

4. Kapan pertama kali ngeblog buku? Sebutkan postingan yang paling berkesan (kalau nggak keberatan, sertakan linknya ya ^^)
Mulai 2010, review yang paling berkesan buku After yang menjadi resensi pilihan Gramedia untuk pertama kali dan seneng banget waktu dipuji mbak Hetih kalau reviewnya keren, hehehehehe.

5. Buku paling keren yang pernah kamu baca.
Divergent

6. Buku paling nggak keren yang pernah kamu baca.
Lupa judulnya, lama banget bacanya >.<

7. Apa saja faktor penting yang membuatmu memutuskan untuk membeli sebuah buku?
Sinopsis/cerita, penulis, cover, penerbit, harga.

8. Sebutkan tokoh fiksi favorit sepanjang masa.
Simon Marganda di Memori *muncul terus pertanyaannya* :p

9. Sebutkan pasangan fiksi yang menurutmu paling romantis.
Susah >.< banyak banget yang favorit, Tris sama Tobias aja deh dari buku Divergent :p

10. Toko buku favoritmu.
Yang ada diskon super gede XD

Pertanyaan dari mbak Ratih

1. Sejak kapan kamu suka membaca buku?
Sejak awal kuliah.

2. Kenapa kamu suka membaca buku?
Untuk mengusir bosan dan mencari kesenangan.

3. Pernah nggak kamu merasa menyukai penulis tertentu lalu kemudian kamu merasa tidak menyukai penulis itu lagi? Kenapa?
Pernah, karena sifatnya yang sok dan nggak mau menerima kritik dari orang lain.

4. Sebagai lanjutan pertanyaan di atas, pernah nggak kamu sangat menyukai sebuah buku, tapi kemudian kamu merasa tidak menyukai buku itu lagi? Kenapa?
Pernah, saya lebih dewasa dan bisa berpikir lebih matang lagi #halah :p

5. Apa kendala terbesarmu dalam membaca buku?
Mood

6. Apa kendala terbesarmu dalam meresensi buku?
Mood

7. Apa alasan kamu bergabung dengan BBI?
Karena suka baca dan nulis.

8. Buku apa di wishlist kamu yang sampai saat ini masih belum kamu dapatkan/baca?
Banyak, mau ngasih kado buku tersebut, mbak? :p. Listnya ada di sini >>TBRR dan Harus Punya.

9. Jenis buku apa yang paling tidak mau kamu baca?
Agama, Masakan, Biografi.

10. Apa cita-citamu berkenaan dengan buku dan membaca?
Mungkin bisa menerbitkan satu novel dengan cerita yang belum pernah ada sebelumnya atau ingin jadi book blogger sukses kayak Diana Rikasari dengan fashion bloggernya :p.

*ngos-ngosan*

Sekarang mari kita membahas fakta tentang saya, mungkin agak absurd dari kebanyakan orang karena merasa hidup saya di dunia nyata ini penuh drama banget, hehehehehe. Dan specialnya, saya akan membeberkan sedikit rahasia tentang saya yang jarang diketahui oleh teman bahkan keluarga sendiri. So, here we go...

  1. Waktu kelas 4 SD pernah ke dukun buat mencari tahu siapa pelaku pencuri koleksi perangko saya, sebenernya ngerti sih nggak bakalan manjur, nurutin saran dari teman yang peduli sama saya jadi ayo aja :p. Dikasih kembang tujuh rupa trus suruh naruh di pintu masuk, nanti kalau ada orang lewat dan baunya wangi banget dia pelakunya. Ya nggak mungkin banget karena si pelaku adalah kakak kelas yang iri dengan koleksi saya yang super lengkap dan dia nggak pernah ke rumah. Sedih banget waktu ketemu album perangkonya di tempat kebersihan dengan sisa beberapa biji saja, hiks.
  2. Waktu lulus SD saya memutuskan untuk pindah agama, nggak disetujuin sama abah, terjadilah perang dunia ketiga. Kita diem-dieman sampai tiga tahun. Mulai akrab lagi setelah saya masuk SMA.
  3. Waktu lulus SD pernah ngirim ucapan selamat natal ke gebetan sekalian surat cinta. Sekarang kalau ketemu malu setengah mati, pura-pura nggak kenal aja XD.
  4. Pernah nangis tiap kali disuruh ngaji sama guru agama, ya karena nggak bisa dan nggak pernah belajar. Setelah itu mengadu ke ibu dan dia meminta tetangga saya untuk mengajari ngaji setiap habis magrib. Yah, walau nggak lancar banget setidaknya saya pernah qatam Al-Qur'an :D.
  5. Hari terburuk dan tersedih saya adalah ketika melihat ibu meninggal di depan mata dan nggak bisa berbuat apa-apa, waktu itu saya masih kelas 3 SMA, waktu di mana saya bener-bener serius belajar agar bisa lulus, tahun terberat saya. Dan ketika melihat ayah menikah lagi, bener-bener belajar apa yang namanya ikhlas dan nggak egois.
  6. Sebenernya saya nggak pernah daftar jurusan Keperawatan, dulu saya memilih antara Fisioterapi atau Kebidanan (saran dari guru les dan abah) tapi entah kenapa saya malah ketrima di jurusan Keperawatan. Curiganya teman saya yang ketrima karena no urut daftar kami berdekatan, merasa nggak enak dong, saya lapor lah ke bagian direktorat dan kata mereka emang bener saya ketrima di jurusan Keperawatan. Trima nasip aja.
  7. Gampang banget ngantukan, nggak di kelas di bus pasti tidur, bahkan pernah tidur berdiri dan nggak jarang jidat ketatap kaca dan mulut mangap. Teman-teman sampe hapal begitu tiba di kelas pasti saya siap-siap untuk tidur, dosen pun ada yang ngapalin. Sekarang saya kangen masa-masa itu dan tiap kali reuni pasti teman-teman ngatawain saya karena pasti langsung keinget masa-masa kegelapan saya dulu XD.
  8. Cengeng banget kalau masalah sepele. Contohnya jepit rambut dihilangin, jatuh dari sepeda, ke smash waktu main bulutangkis, nonton film atau baca buku. Begitu ada yang meninggal atau perpisahan susah banget untuk nangis (dulu waktu lulus SD hampir semua teman saya nangis kecuali saya).
  9. Moody-an banget dan terlalu terus terang. Kalau kata temen saya, saya itu orangnya terlalu aneh, polos, ngeyel dan telmi. Nggak sungkan kalau menegur siapa aja kalau punya salah, ceplas ceplos istilahnya tapi dengan nada guyon pastinya :D.
  10. Belum pernah pacaran #uhuk.
Yak, itu aja ya nggak usah banyak-banyak, drama banget kan hidup saya? Sebenernya masih banyak lagi tapi untuk privasi aja, hehehehe. Saya selalu mensyukuri garis hidup yang Tuhan berikan, memberikan warna dan kekuatan untuk survive menjalani hidup #tsah *malah curcol*.

Nih, saya kasih video yang keren dan cocok untuk saountrack hidup saya XD


Saya nggak mengirim pertanyaan balik ke blogger lain karena pasti sebagian besar udah dapet dan pertanyaannya pun rata-rata udah ditanyakan (padahal nggak ada ide buat tanya-tanya), jadi saya akhiri saja. Dan kira-kira kalau ada penghargaan beneran, blog saya ini dapet kategori apa ya? :p



8 komentar:

  1. Waah kaak... Aku kira cuma aku yang belom pernah pacaran :D *salah fokus*

    BalasHapus
  2. Thank you udah ngejawab kekepoanku ya *hugs*

    BalasHapus
  3. Pride and Prejudice udah nonton filmnya belum, mbak? Yang Keira Knightley. Itu salah satu film romantis favorit saya hehe

    Btw, saya blogwalking boleh ya? Baru bikin blog nih, semoga berkenan berkunjung ke http://idanisme.blogspot.com/ *shameless hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah, tapi nggak suka sama pemeran cowoknya >.<
      kemaren-kemaren udah lihat kok, nanti ninggalin komen deh :p

      Hapus
  4. makasiiih Mbak sudah dijawab :D
    lanjut 4R buku kedua ya brrti nanti ;) heehhe..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...