Rabu, 01 Januari 2014

Bookself Tour 2013

source: littlecelesse

Hai hoooooo, selamat tahun baru ya, semoga di tahun ini semua impian kamu terwujud, amin :D. Meneruskan tradisi di blog saya setiap tahunnya, hari ini saya akan mengulas apa saja yang terjadi di tahun 2013 kemaren bisa tentang buku apa yang saya baca, saya review, yang saya dapatkan dan apa saja yang saya alami selama setahun tentang dunia literati. Untuk yang pengen tahu postingan sebelumnya tentang bookself ini silahkan baca: Buku di Tahun 2011 dan Bookself Tour 2012.

Tahun kemaren saya berencana membaca 150 buku tapi gagal T.T Berbeda dengan tahun lalu, awalnya menargetkan 100 buku untuk dibaca tapi pertengahan tahun malah hampir terpenuhi kemudian saya menambah lagi jadilah 180 buku, pengennya 200 tapi nggak sanggup. Entah kenapa tahun ini saya jadi sok sibuk banget, saya juga melihat beberapa teman yang nasibnya mirip dengan saya, malah dia seperti tenggelam, nggak muncul lagi alias jarang ngeblog. Saya maklum kalau yang udah berkeluarga, prioritasnya udah beda lagi, setelah kerja pun saya juga mengalami, tetap dunia nyata jauh lebih penting, nggak jarang keluarga atau teman menegur saya agar mengurangi baca dan mulai memikirkan masa depan saya, serius banget yah obrolannya :D. Sebenarnya tahun ini saya udah mengurangi, apalagi berburu kuis, cuman yang hadiahnya menarik dan yang sanggup saya ikuti aja, untuk beli buku itu nanti akan saya bahas di resolusi tahun 2014 ^^



Di tahun 2013 saya hanya berhasil membaca 130 buku (untuk listnya silahkan baca di Wrap-Up Post Reading Cahllenges 2013), 77 buku sudah saya review, berarti sisanya ngutang, belum lagi utang review saya di tahun 2012 *jambak-jambak* Padahal resolusi utama saya adalah mereview semua buku yang saya baca. Ini adalah kelemahan saya yang masih belum ketemu pemecahnya. Faktor yang menggagalkan banyak, salah satunya adalah saya nggak bisa ngreview cepet, perlu beberapa jam bahkan satu hari kalau mau mereview buku, terlebih buku bagus karena saya biasanya bingung mau nulis dari mana, kemudian adanya sosial media, ini adalah faktor pengangu yang ampuh banget, baru akhir-akhir ini saya mencoba menerapkannya, menonaktifkan WA dan buka twitter sesekali, saya jarang buka facebook, kalau ada notifikasi aja. Untuk mereview buku setelah selesai membacanya itu ingin saya terapkan sebenarnya, cuman sering males, oke, saya memang susah untuk disiplin, hanya saja kadang saya maraton baca atau selesai baca pada malam hari dan kalau langsung nulis review bisa-bisa nggak tidur. Saya nulis kalau punya waktu luang, ini juga masalah yang harus dipecahkan.

Tapi saya nggak ingin nyogo, saya ingin nyantai aja untuk tahun depan, mengikuti reading challenge yang fresh dan sesuai timbunan, menikmati bacaan dan menuangkannya kedalam tulisan tanpa adanya paksaan. Target baca saya untuk tahun depan adalah 100 buku + reviewnya. Selalu sama dari tahun ke tahun =)). Mungkin saya akan jarang online juga, lebih ingin fokus ke dunia nyata, buku, dan ngeblog, sesekali boleh lah ngintip-ngintip :D.



Boros beli buku. Yap, saya tergoda kalau temen mengabarkan ada shocking sale di sini, di situ, apalagi buku yang udah dari lama saya pengen. Tahun depan saya akan beli buku yang emang benar-benar langsung saya baca, bukan untuk ditimbun. Selain untuk menghemat, saya juga ingin menghabiskan timbunan saya. Ini berarti saya harus jauh-jauh dari online shop yang sering jual buku bekas dan murah, agak susah sebenernya soalnya saya punya pedoman beli buku kalau nggak diskon gede ya buku bekas dengan kondisi bagus. Yah, semoga saja saya lebih dewasa dalam mengatur pengeluaran. Dan untuk berburu buntelan, saya lihat sikon aja, kalau mampu dan mau hayuk aja, mental gratisan saya nggak akan luntur =))

Berikut buku yang saya dapat gratis di tahun lalu:

  1. I Have A Dream (KKPK) by Fita Chakra
  2. Les Miserables by Victor Hugo
  3. City of Lost Soul by Cassandra Clare
  4. Pulang by Leila S. Chudori
  5. The Innocence of Father Brown by G.K Chesterton
  6. Inkspell by Cornelia Funke
  7. Titik Nol by Agustinus Wibowo
  8. Untuk Indonesia Yang Kuat by Ligwina Hananto
  9. Time Will Tell by Okke 'sepatu merah' & Riri Sardjono
  10. The Graveyard Book by Neil Gaiman
  11. Backpacker In Love by Gol A Gong
  12. Her Sunny Side
  13. Les Miserable 2 by Victor Hugo
  14. Love, Hate & Hocus Pocus by Karla M Nashar
  15. Unbelivable by Winna Efendi
  16. Winter To Summer
  17. A Cup of Tea for Complicated Relationship
  18. Melbourne: Rewind by Winna Efendi
  19. My Cup of Tea by Nia Nurdiansyah
  20. The Help by Kathryn Stockett
  21. Amba by Laksmi Pamuntjak
  22. So, I Married The Anti-fan
  23. Tangan Kelima
  24. What Happened To Goodbye by Sarah Dessen
  25. Explicid Love Story
  26. Remember When
  27. Kala Kali
  28. Goodbye Happines
  29. Lost Man's Lane
  30. Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa by Maggie Tiojakin
  31. Chairul Tanjung Si Anak Singkong
  32. Enigma
  33. The Ocean At The End Of The Land - Neil Gaiman 
  34. Good Memories - Lia Indra Andriana 
  35. Me Before You - Jojo Moyes 
  36. Circa - Sitta Karina
  37. Beauty Sleep - Amanda Inez
  38. After Rain - Anggun Prameswari
  39. Lampau - Sandi Firly
  40. Hatimu - Salsa Oktifa
  41. The Way We Were - Sky Nakayama
  42. Secret Admirer - Karizza Rakmavika
  43. One More Chance - Ninna Rosmina
  44. Aku Tahu Kamu Hantu - Eve Shi
  45. Camar Biru - Nilam Suri
  46. Unfriend You - Dyah Rinni
  47. Lost & Found - Sisca Spencer Hoky
  48. Kei - Erni Aladjai
  49. My Cup of Tea - Nia Nurdiansyah
  50. Selamat Datang, Cinta - Odet Rahmawati
  51. Tears In Heaven - Angelia Caroline
  52. Mrs. Dalloway - Virginia Woolf
  53. Mendekap Rasa 
  54. Always With Me 
  55. Discord buntelan
  56. Ther Melian Anthology
  57. Unwind 
  58. Revenge of The Girl With The Great Personality
  59. Point of Retreat 
  60. Daughter of Smoke & Bone 
  61. The Govins
  62. Get Lost
  63. Slammed by Collen Hoover
  64. Orang-Orang Tanah by Poppy D. Chusfani
  65. Rapshody by Mahir Pradana
  66. Recollection by Shienny M.S
  67. Oppa & I by Orizuka & Lia Indra Andriana
  68. Something Borrowed by Emily Griffin
  69. Outrageous by Moemoe Rizal
  70. Tokyo by Sefryana Khairil 
  71. The Begining of Everything by Robyn Schneider
  72. Fire by Khristin Cashore
  73. The Dark Heroin: Dinner With Vampire by Abigail Gibbs
  74. Clockwork Princess by Cassandra Clare 
  75. Don't Die My Love by Lurlene McDaniel
  76. Eleanor & Park by Rainbow Rowell 
  77. Draf1: Teknik Menulis Fiksi Pertamamu by Winna Efendi 
  78. Alone In Other Land by Lia Indra Andriana, Fei, Andry Setiawan
  79. A Gift From A Friend by Merry Riana
  80. A Lady's Pleasure by Renee Bernard 
  81. Looking for Alibrandi by Melina Marchetta
  82. Unforgettable by Winna Efendi
  83. Crosed by Ally Condie
Alhamdulillah *cium sajadah*
Semoga tahun depan makin banyak yah buntelannya :p, maaf belum semua saya baca dan saya review, semoga tahun ini bisa selesai semuanya.


Diminta mereview buku dari penerbit atau penulis. Tahun ini ada beberapa penerbit yang memberi saya kesempatan untuk mereview bukunya, seperti @buku_visimedia dan @penerbitharu. Maaf sekali buat @buku_visimedia karena ada dua PR yang belum saya review, saya sebenernya juga nggak minta atau memilih, tiba-tiba bukunya sampai rumah, yang pengen saya baca dan review sebenernya lanjutan dari Les Miserables tapi saya berterimakasih sekali diberi kesempatan untuk menikmati buku yang genrenya tidak saya suka, dan di situ masalahnya. Mood saya tahun ini tentang membaca buku agak menurun dan sebagian besar ingin baca romance. Oleh karena itu maaf sekali belum bisa mereview dan membacanya, semoga ada waktu yang tepat untuk membaca kedua buku tersebut. Sedangkan buku dari penerbit Haru tidak masalah karena mayoritas bukunya ada dalam menu cangkir teh saya, dan sebelum mengirim, pihak Haru selalu menanyakan buku apa yang ingin saya baca dan review. Jadi, saya tetap akan menerima tawaran mereview buku dari penerbit atau penulis dengan syarat masih dalam cakupan genre favorit saya atau saya emang ingin membacanya.

Ikut event buku. Tahun kemaren saya berkesempatan mengikuti event Gagas Debut dan berkesempatan mewawancari beberapa penulis, saya nggak kapok dan semoga tahun depan ada lagi yang memilih atau melirik saya, biar menambah warna di Kubikel Romance :p.

Giveaway. Semoga rejeki saya dimudahkan sama Allah ya, sehingga saya juga bisa berbagi. Maaf kalau nggak bisa sering ngadain giveaway karena wishlist saya juga banyak dan itu pun belum kesampean semua. Semoga di tahun depan banyak sponsor lagi kayak tahun ini, amin :p.

Tiga tahun lebih saya serius ngeblog dan beberapa kali ganti blog. Pertama kali ngeblog di posterous, setahun jalan pengunjungnya lumayan, kalau nggak salah mencapai lebih dari 10k viewers. Kemudian saya bagi dua untuk romance dan non romance, pengunjungnya makin bertambah, dan untuk Kubikel Romance mulai dari nol. Posterous tutup saya pindah ke wordpress, mulai dari awal lagi. Kemudian saya nggak punya banyak lagi waktu untuk ngeblog, akhirnya saya gabung jadi satu aja dan pindah ke Kubikel Romance, karena blogspot enak untuk diutak atik dan dengan satu blog saya nggak terlalu lama absen. Bisa dibilang tahun ini saya mulai dari awal lagi dan alhamdulillah pengunjung blog udah sampe 150k lebih! Terimakasih buat yang udah berkunjung, berkomentar dan sekedar mengintip. Semoga tahun depan makin banyak pengunjung Kubikel Romance, yang dibahas juga makin banyak lagi (tidak hanya sekadar review dan meme).

Yak, itulah titik mundur Kubikel Romance tahun lalu sekalian resolusi saya di tahun depan, semoga nggak cuman hoax terlebih untuk mereview semua buku yang saya baca :p. Sekian dan selamat tahun baru, wish you all the best :D



Keep Reading. Keep Writing
Love
@peri_hutan


Source:
theacademyshowroom
clarakensie threebottles


16 komentar:

  1. Buset banyak banget gratisannya!!! Kalo aku.. humm.. kayaknya tahun ini cuma dapet UnforgotTen. Lebih banyak beli diskonan sih.

    BalasHapus
  2. De-de-de-delapan puluh tiga buku gratisan......... *mangap* :OOO
    Aku kadang suka terkagum-kagum sama Kak Sulis karena *keliatannya* mudah banget dapet buku dari giveaway ataupun kuis dll. Alhamdulillah ya Kak rezekinya lancar, semoga tahun ini lebih lancar lagi :') Aku juga pengeeeeeeeen uhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, makasih ya, sebenernya nggak gampang juga untuk dapetinnya, butuh usaha ekstra karena saingannya banyak, iya alhamdulillah banget, aku juga nggak nyangka sebanyak ini, amin buat doanya. Ayo bergabung bersama ordo buntelan :D

      Hapus
  3. Banyak Bangeeet weeeee -___- kapan kapan pinjem mba sulis aja kalo gitu hiks hiks wkwkwkw

    BalasHapus
  4. Wow, keren Sulis nembus angka 83. Semoga 2014 makin berjaya di ordo buntelan yaaa... ;)

    BalasHapus
  5. Aku dapat sekitar tiga lusin buku gretong tahun lalu, udah bangga. Ini 83? Busyeeeet.
    *sembah*

    BalasHapus
  6. Hahaha dunia nyata memang jauh lebih penting Kak :D

    Buset, itu 83 buntelan.............. Semoga tahun ini aku bisa nyampai segitu ya Allah.........

    Dan btw, typo tuh Kak di bagian terakhir yang,

    Love
    @per_hutan

    Bukannya twitter Kakak @peri_hutan? Apa sekarang memang ganti uname?

    BalasHapus
  7. 83? Aku nyampe 10 aja nggak :( Hufet sih karena sibuk sekolah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pentingin sekolah dulu, jangan sering buka socmed, nanti kalo udah kerja bisa beli buku sendiri *ini bukan peri_hutan yang ngomong*

      Hapus
    2. Trus siapa yang nulis Kak? Kak Sulis? :p

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...