Kamis, 25 April 2013

Close Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia


Hai hooo, sebelumnya maaf nih sama Bebi karena baru ngucapin selamat ultah hanya di twitter saja, postingan secara khusus di blog belum, saya ganti di sini aja ya. Selamat ulang tahun yang ke dua semoga saja makin banyak masyarakat Indonesia yang tahu, selalu jadi acuan orang-orang kalo mau membeli sebuah buku, "bukunya keren nggak ya? ak lihat review anggota BBI dulu aja deh," gitu Bebi gembul *kasih fanta biru dan bakpao rasa coklat* :D. Selain itu saya berharap Bebi bisa mendatangkan banyak orang untuk berbagi buntelan kepada anggotanya biar dapet buku yang direview secara gratis *teutep* *ordobuntelansejati*, menjadi Krikus Reviewnya Indonesia, amin. Dalam rangka memperingati ulang tahun kedua ini, para divisi event membuat tiga acara seru, yaitu; BBI Blog Hop (kali ini saya jadi peserta aja, mau berburu harta karun, kalo nggak ikut sebagai ordobuntelan saya merasa gagal :p), Close Up Interview (CUI) dan BBI Berbagi. Dalam BBI Berbagi saya udah milih-milih buku dari rak saya untuk disumbangin, lumayan bersih-bersih, nggak nggak dibaca lagi atau males dibaca lebih bermanfaat kalau dibagikan kepada yang kekurangan bacaan. Tempatnya udah ditentuin sama mbak @bzee_why, Insyaallah besok jumat atau sabtu penyerahan buku-buku yang tidak hanya dari Solo aja tapi teman-teman BBI Joglosemar lainnya.


Nah, kali ini saya akan memposting hasil wawancara dengan mbak @de2via dari blog My Heaven on Earth. Sebelum ada acara CUI ini saya sama sekali belum mengenal mbak Riri atau yang biasa dipanggi Via ini, "waduh, siapa ini, aku belum terlalu kenal dengan para anggota baru BBI" dan emang salah satu diadainnya acara CUI ini untuk mendekatkan kita sesama anggota BBI lainnya, biar lebih saling mengenal, nggak cuman anggota lama aja yang cerewet :p. Saya akui, dengan semakin bertambahnya anggota BBI agak keteteran kalo mengunjungi satu per satu, mengenalkan diri dan balasannya nggak digubris (well, saya pernah nglakuin ini untuk mengenal anggota baru), memang udah ada aturan nggak tertulis kalo blog kita didatengin dan dikomentarin maka kita wajib membalasnya. Sebenarnya ini salah satu contoh gampangnya, biasanya setelah itu kalo saling berbalas komentar, saling memfollow kita jadi lebih kenal, pengalamanku ya. Berdasarkan pengalaman itulah saya tidak ingin menyia-nyiakan CUI ini. Karena di blog mbak Riri tidak ada akun twitternya, saya cari data mbak Riri di grup facebook, dan untungnya dia sudah menuliskan identitas lengkap, langsung deh saya mention dan ternyata ketika melihat nama blognya, saya menjadi salah satu peserta giveaway hopnya *tepok jidat*.

Saya ingin memanfaatkan CUI ini dengan sebaik-baiknya karena sebelumnya saya belum pernah berkenalan dengan mbak Riri dan inilah kesempatan bagus untuk mengenal dia. Saya udah langsung terbersit metode apa yang saya pilih untuk melakukan wawancara. Terinspirasi dari 55 Reading Question maka saya membuat versi saya sendiri. Ada beberapa pertanyaan yang saya ambil dari reading question tapi sebagian besar pertannyaan dari saya. Dan sebelumnya maaf sekali buat mbak Riri kalau merusuhi malam minggunya, membuat emosi, nagis dipojokan karena lihat daftar pertannyaan saya di email, pissssss :D

55 My Heaven on Earth Question versi Peri Hutan:

1. Karena baru kenal sama mbak Riri, boleh dong ceritain tentang dirinya, biodata singkatnya kayak nama panggilannya sehari-hari, sekarang kesibukannya apa, apakah sudah berkeluarga atau masih menjadi mahasiswa (abadi) :D
Nama lengkapnya Silvia Riri Alvina, seringnya dipanggil Silvi [walaupun aku sebenernya gak suka dipanggil Silvi - nanggung banget sih koq [a]-nya dibuang... :d], lebih suka dipanggil Silvia [tapi ada temen yang bilang nama Silvia itu susah diinget dan gak praktis untuk dilafalkan], waktu jadi ABG tanggung selalu membahasakan dirinya dengan Via, lalu setelah ngerasa Via terlalu imut, gak cocok lagi karena udah ngerasa dewasa, panggilan tadi diubah jadi Vi... kadang2 ada beberapa orang yang manggil Riri dan setelah menikah nambahin sendiri dengan nama suami jadi Riri Hanafi...

Dan waktu kecil di rumah dipanggil Isil... halah! banyak banget ya namanya.... :D
Sehari2 kerja di kantoran,  aku kerja di perusahaan asuransi umum, salah satu perusahaan joint venture jepun di sudirman, bagian apa... hhhmmm... lagi ngerjain report mulu... tampangku udah kaya' spreadsheet... jadi bilang aja bagian reporting... hihi... XD, pergi pagi2 buta (lebay!), berjuang diantara kemacetan Jakarta [supaya bisa sampe kantor sebelum jam 08.05 WIB dan supaya bisa sampe rumah lagi pas sorenya], sebenernya bosen banget sama rutinitas berangkat dan pulang ngantor... tapi belum punya alternatif pengganti kegiatan dan sumber penghasilan siiihh..
Sudah menikah tapi belum punya anak... hopefully soon will.

2. bagaimana tanggapan keluarga atau teman dekat dengan hobi yang mbak miliki?
Gak gimana2 sih... cuma kadang kalo pindahan kasian yang angkat2 kontainer2 berat isinya buku...

3.
apakah profesi mbak berhubungan dengan dunia buku?
Sayangnya tidak... pengennya iya...

4. apakah keluarga mbak ada yang suka baca buku juga?
Kakak iya... dia suka banget novel2 romantis sejenis Harlequin gitu... Suami kadang2 baca buku yang dia pengen baca... Mama juga kadang2 baca buku tentang agama Islam...

5. sejak kapan mulai suka baca?
Sejak dulu kala... udah lupa deh... mungkin sejak SD kelas 3an... udah mulai baca 5 Sekawan & Hardy Boys Trio Detektif [entah kenapa koq awalnya inget Hardy Boys :D ], pinjem punya tetangga yang kakaknya punya koleksi buku, tapi karena kakaknya tinggal di kota lain, bukunya bertebaran gak keurus, jadi sering aku pinjem... kalo gak salah sih begitu...

6. sejak kapan mbak mulai menulis review buku?
Baru sih... baru tahun lalu aja... review pertama ebook Bared to You by Silvia Day - pinjeman dari temen kantor ;-) yang kemudian mengenalkan aku ke BBI juga... [dadah dadah ke @mba_uti :D ]

7. sejak kapan bergabung dengan BBI?
Setelah bikin Blog Buku :)

8. kenapa nama blog mbak My Heaven on Earth?
Kenapa yaa... sebenernya sebelum gabung ke BBI, blognya namanya Alter Ego, tadinya mau nulis2 cerita fiksi gitu... trus tau2 bikin review buku... karena untuk gabung BBI, blognya harus cuma tentang buku, bikin lagi blog baru yang bingung mau dikasih nama apaan... dapet idenya My Heaven on Earth... because book is really a piece of heaven on earth for me :D
“book is your time travelling machine, take you anywhere, anytime... book is my heaven on earth...”

9. buku pertama apa yang mbak baca?
Refer ke jawaban No. 5 - sepertinya 5 Sekawan... dan novel dewasa pertama yang aku baca itu novelnya Sidney Sheldon sayang lupa judulnya dan God Father-nya Mario Fuzo yang dipijemin temen SMP, waktu itu kelas 3, novel2 itu punya kakaknya... bacanya sembunyi2 karena blum boleh sama Mama... hehe...

10. buku favorit waktu kecil?
Seri Si Badung-nya Enid Blyton... hehe... menurut aku Elizabeth Allen itu keren banget... rebellious banget XD

11. buku favorit sepanjang masa?
Love Story by Erich Seagall sama Sophie's World by Jostein Gaarder.

12. apa genre favoritnya dan
genre buku yang nggak disuka?
Genre favorit adalah Fiction dan kebanyakan YA Fiction, yaa... sejenis Hunger Games, Harry Potter, Bartimaeus... seru... :D

Belum pernah gak suka sama buku by genre sih yaa... gak suka sama buku lebih karena pembahasaannya yang gak enak atau kalau terjemahan, terjemahannya yang terlalu kaku... Kadang nemu aja gitu buku yang berat banget flow-nya, mau nerusin males, tapi sebenernya pengen juga tau ceritanya selesainya gimana...  

13.
genre buku yang jarang dibaca?
Haha... gak pernah terlalu merhatiin juga sih...


14. siapa blogger favoritnya? baik dalam negeri maupun luar negeri

blogger dalam negeri... dulu aku [waktu Facebook & Twitter blum populer kaya' sekarang] setiap hari pasti ngecekin blognya @enda, @sepatumerah dan @bayikbayik sama2 beberapa blog lain yang aku lupa... [llhhaah... blogwalking mulu kapan kerjanya? :d ], sekarang blog temen aja jarang ditengokin... [hai Indah... maaf yaa... ]; my favorit blog ever is... http://aalayaa.com/ - dan... maaf juga blum sempet "bener2" nengokin blog temen2 di BBI [*jadi malu sayah... *], tapi ada sih blog temen BBI yang sering aku tengokin karena baca update-nya di twitter... blognya @mba_uti nih... http://readwithoutborder.wordpress.com/

kalo luar negeri, sekarang sih lagi seneng baca http://bookishtemptations.com/ hehe... referen buku2 romance... :D

15. siapakah penulis favorit mbak?
Siapa yaa... sebenernya bukannya favorit gimana2 banget, tapi lebih kepada kagum sama mereka... kalo penulis Indonesia aku kagum sama Dewi "Dee" Lestari & Marga T. Kalo luar negeri, aku kagum sama Sidney Sheldon, Agatha Christie & Barbara Cartland.

16. siapa karakter yang paling di suka? di buku apa?
Kaya'nya aku mesti mengingat2 dulu... Ooohh... aku tau.... Bartimeaus, Jin serba bisa yang cerdas, witty... keren banget deh pokoknya.... dari The Bartimaeus Trilogy by Jonathan Stroud.

17. siapa karakter yang paling dibenci? di buku apa?
Naahh... aku sih gak pernah ya benci sama orang atau karakter, tapi ada karakter yang aku bener2 gak suka... Anastasia Steele di FSoG... ih, jadi cewek koq bener2 gak berpendirian... cuma baca buku pertamanya doang sih, sorry yaa... bwat paa penggemar FSoG :d

18. buku apa yang paling menginspirasi mbak?
Bisa dibilang Sophie’s World, to have question about who we are, what are doing here... walaupun sebenernya gak exactly nemu jawabannya juga sih... tapi aku suka bagaimana kita jadi tergugah untuk menemukan jati diri kita...

19. buku apa yang bikin kembang kempis?
Kembang kempis?? Kaya’ kantong aja... :D kembang kempis maksudnya deg-degan gitu ya? I would say... Rebel Heart by Moira Young, sequelnya Blood Red Road... adduuhh... cinta segitiga yang bener2 susah, walaupun agak sebel sama kedua cowok2 itu... tapi bingung mau milih yang mana... pengen sama Jack tapi kasian juga sama DeMalo... aduh gimana dong... [lllhhaaahh... malah galau disini :d ]...

20. buku apa yang bikin mbak pengen tendang?
Bukunya yang ditendang? kenapa? jelek banget? :D adduuhh... apa yaa... blum tau deh... sebenernya ada klo maksudnya jelek banget... Backstage Pass by Olivia Cunning... iiiddiiihh... gak jadi baca, baru baca awalnya aja udah ilfil banget...

21. buku apa yang bikin kamu gregetan sama tokoh utamanya?
Wallbanger by Alice Clayton... oh my God, i’m in love with Simon... he’s so sexy, he’s so romantic... definitely my best boyfriend book ever... aku klo udah ngomongin Simon suka ngelantur... berhari2 ngebayangin seandainya ketemu Simon di dunia nyata... aku bahkan sampai nulis note blog tambahan karena gak bisa ngelupain Simon... hihi... aneh banget yah?

22. buku apa yang nggak selesai mbak baca?
Buku yang gak selesai kaya’nya ada beberapa sih... alesannya mungkin karena gak terlalu enak dibaca...

23. buku apa yang selesai dibaca sekali duduk?
Buku yang selesai dibaca [hampir] sekali duduk itu pernah ada... tapi aku lupa judulnya... Yaaa... penonton kecewa :D

24. kapan waktu tercepat dan terlama mbak membaca buku?
Selain buku yang hampir terselesaikan dalam waktu kurang dari 24 jam untuk jawaban diatas, sepertinya record kecepatan membacaku sampai dengan sekarang di poin 150 halaman/hari... mungkin gak terlalu cepet sih... tapi rasanya aku juga gak mau baca lebih cepat dari itu... karena rasanya sayang kalo buku bagus terlalu cepat selesai dibaca... nyesel gimana gitu... koq ceritanya terlalu cepat berakhir... ihiks!
Kalo terlama sih... yaa... gak pernah ngingetin juga sih... mungkin karena bukunya gak seru atau emang lagi hectic banget jadi gak sempet baca buku...

25. apakah sering judge book by it's cover?
I guess I have done that almost all the time... :D walaupun gak selalu buku bercover jelek gak aku baca sih... contohnya buku Sophie’s World yang aku baca adalah yang covernya gambar wayang... [what the heck!], i really hate it, bukannya aku gak suka wayang... tapi adduuhh... masa’ wayang sih... yang bener aja... makanya langsung aku sampul pake kertas kado... ironi banget kan... :d

26. apa yang membuat mbak membeli sebuah buku?
Ya itu sampulnya... hihi gak ding... karena judul dan ringkasan yang dibelakang buku... penentu banget tuh... sama mungkin rekomendasi orang kali yaa...

27. tipe cover buku favorit?
Waahh... aku gak pernah merhatiin, tapi aku gak suka klo ada buku laris trus buku2 yang lain covernya dimirip2in... [maksud lhoh??!!] :D

28. tipe cover buku yang bikin nggak mau beli bukunya?
HHmmm... itu tadi... jawaban yang diatas, walaupun tetep sih... sebenernya cover gak gitu ngaruh bwat aku...

29. lebih suka baca buku cetak atau ebook?
Sebenernya cetak... tapi ebook is really convenience, gak ribet bawanya... kadang suka sayang kalo buku dibawa2, suka lecek atau kotor, ebook kan bisa baca di gadget [aku sih cuma baca di HP Android aja... gak punya gadget khusus, walaupun naksir berat sama Kindle Fire... lhhoooo... koq malah ngomongin gadget... :d ], trus lama2 sayang juga punya buku numpuk, dibaca lagi juga gak... menuh2in rumah iya... XD
Tapi sekarang kan aku lagi baca ebook Gabriel’s Inferno by Sylvain Reynard, aku pengen deh beli buku cetaknya... karena dibuku ini banyak banget potongan2 puisi yang pengen aku baca lambat2 di bukunya... ;-)

30. lebih suka baca satu buku diselesaiin dulu atau beberapa buku sekaligus?
Senengnya sih satu buku diselesein dulu, tapi kadang2 suka gak tahan pengen baca buku tertentu, jadi buku yang lagi dibaca pending dulu... gak pernah tandem sih... maksudnya sekaligus baca dua atau lebih buku bersamaan...

31. lebih suka baca buku dalam negeri, terjemahan atau buku luar?
Terus terang aku cuma suka beberapa penulis Indonesia, jadi lebih sering baca buku luar (terjemahan atau bahasa Inggrisnya)...

32. lebih suka buku fiksi atau non fiksi?
Fiksi... tapi kadang aku suka nyelingin baca Non Fiksi juga terutama tentang psikologi...

33. apakah setuju sebuah buku difilmnkan?
Setuju aja kalo jadinya bagus... aku bikin Give Away temanya ini lho... ikutan deh hadiahnya lumayan... lllhhoo... koq malah promosi... :D ini link-nya http://myheavenofbooks.blogspot.com/2013/04/bbi-2nd-anniversary-giveaway-hop.html padahal udah tutup kali give away-nya juga... 
 
34. lebih suka baca bukunya dulu atau nonton filmnya?
Eeehhmm... sebenernya lebih suka milih... baca bukunya ATAU nonton filmnya... atau lebih memilih untuk beranggapan film itu adalah versi lain dari bukunya... hihi... bingung gak?

35. buku apa yang nggak pengen mbak baca karena nonton filmnya?
Apa yaaa... sebenernya sih lebih ke kalo udah nonton filmnya, gak usah baca bukunya... tapi kalo udah baca bukunya kadang malah penasaran pengen tau filmnya gimana... karena menurut aku film itu adalah visualisasi dari hasil khayalan kita waktu kita baca bukunya...

36. buku apa yang menurut mbak sama bagus dengan filmnya?
Life of Pi...

37. film apa yang lebih bagus daripada bukunya?
Blom pernah ada...

38. apakah kebiasaan baca mbak berubah setelah menjadi book bloger?
Gak juga sih... cuma sekarang harus nyempetin bikin review... tadinya rajin setiap selesai baca langsung bikin review, tapi karena akhir2 ini agak sibuk [alesan.com] jadi agak jarang bikin review... asal jangan di suspend aja yaaa dari BBI karena gak pernah update :D

39. apakah mbak bisa membaca buku di kendaraan umum?
Sudah bisa doonngg... *bangga* karena perlu latihan untuk bisa baca buku di kendaraan umum, tadinya gak bisa, tapi trus pernah dapet semacam saran dari salah satu blog yang aku baca, klo untuk bisa baca buku di kendaraan (gak harus umum) itu perlu latihan... jadi sekarang aku SUDAH bisa... hehe...

40. adakah kebiasaan buruk dalam membaca?
Tiduran, bikin leher sakit... trus kadang klo keasikan lagi baca dari siang, sampe gelap gak bergerak dan gak nyalain lampu, jadi maksain baca gelap2an... :D

41. posisi favorit mbak ketika membaca buku? apakah sering membaca sambil ngemil?
Tiduran...
Jarang sih... aku gak suka tangan kotor trus pegang buku, sayang bukunya ntar kotor, apalagi klo sampe berminyak...

42. apa hoby mbak selain baca?
nonton film [seringnya nonton dvd bajakan di rumah, sesekali ke bioskop 21], jalan2 [pengennya rutin, paling gak setahun sekali ke tempat yang agak jauh], dan beberapa kegiatan lain yang sebenernya pengen lebih sering dikerjain... sayangnya lagi kehabisan waktu luang... misalnya nulis di blog, tuker2an kartupos via postcrossing.com, naek sepeda...

43. apakah sering menandai bagian yang disuka? biasanya dengan apa?
Kadang2... tapi suka lupa... karena asik baca, males gerak, nandainnya pake stiker khusus bwat nandain buku... atau klo di ebook bisa pake bookmark... ;-)

44. bagaimana cara mbak merekomendasikan buku bagus kepada teman mbak?
Lebih seringnya kalo lagi ngobrol sama temen yang sama2 suka baca... atau kaya’ sekarang lewat blog...

45. apa yang mbak rasakan ketika membaca review yang jelek/negatif?
Aku orangnya gampang terpengaruh... jadi klo baca review jelek/negatif seringnya kebawa juga... malah sering gak jadi baca... kecuali emang pengen banget baca buku itu [yang karena dapet rekomendasi positif juga sih...], jadi review jelek/negatifnya aku abaikan... seringnya sih aku gak mau baca review kalo emang pengen baca suatu buku tertentu... tapi kadang penasaran juga, paling gak sih... liat score-nya di Goodreads, klo kurang dari 4 jadi males gitu... :D

46. bagaimana tanggapan mbak kalau ada yang mencela genre bacaan mbak?
Haha... aku sih orangnya bebas yaa... gak suka mewajibkan orang lain untuk suka bacaanku juga... apalagi baca buku kan selera... jadi terserah aja... klo gak suka trus nyela, kaya’nya lebih ke nunjukkin kualitas seseorang itu secara pribadi yaa... bukan masalah genre bukunya... [kira2 ngerti gak? ;-) ]

47. bagaimana tanggapan mbak dengan kritik yang pedas sebuah buku yang menyaingi kripik maicih level 10?
Kritiknya gimana dulu? Membangun atau cuma nyela tanpa dasar? Kalo aku udah baca bukunya mungkin aku bisa komentar, tapi kalo aku belum baca... hhhmmm... aku sih lebih milih untuk diem aja... lllhhaahh... gak tau ceritanya apa koq ikutan ngritik... :d

48. apakah mbak pernah membaca buku memasak dan setelah itu mempraktekkannya?
Buku memasak itu sama gak sih sama buku kumpulan resep? Aku punya beberapa dan emang jadi panduan bwat masak... :D

49. apakah mbak termasuk pembaca yang moody-an?
Hihi... saya sebagai Cancer sejati udah semestinya untuk moody dalam segala bidang, termasuk membaca...

50. apa yang membuat mbak kehilangan mood baca? dan berapa lama mbak vacum membaca?
Apa yaaa... mungkin karena lagi gak pengen aja... lebih pengen nonton misalnya... berapa lamanya aku sih gak pernah terlalu merhatiin juga... tapi pasti balik lagi pengen baca...


51. ketika membeli buku apakah langsung disampul atau dibaca dulu?
Sekarang gak pernah nyampul buku lagi... jadi jawabannya langsung dibaca...


52. berapa nominal terbesar dalam membeli buku?
Waaahhh... gak pernah merhatiin...


53. apakah mbak termasuk ordo penimbun buku?
Yay! Iiiyyyaa... saya penimbun... [agak malu sebenernya... karena beberapa cuma dibeli, ditimbun dan belum dibaca... *nunduk*]


54. berapa jumlah timbunan buku yang mbak miliki?
Mungkin lebih tepatnya berapa kontainer... berapa yaaa... ntar aku itung dulu... ada 6 kontainer... kebayangkan klo pindahan...


55. sejauh ini berapa koleksi buku yang mbak miliki?
Aku juga blum sempet ngitung, karena beberapa buku ada yang ketinggalan di rumah Mama dan apa komik harus dihitung juga... hehehe... banyak banget kalo gitu... tapi gak terlalu banyak banget juga sih sebenernya... *galau*

Berikut penampakan mbak Riri, maaf ya ngambil tanpa ijin, sengaja sih biar jadi kejutan ^^. Sekarang mbak Riri tinggal di Cibubur bersama suami tercinta dan bekerja di PT. Sompo Japan Insurance Indonesia, perempuan alumni Universitas Brawijaya ini lahir pada tanggal 3 Juli (tahun dirahasiakan, kalo mau ngado silahkan :p), hasil stalker di fba-nya di sini, kalau ada salah mohon dibenerin :p. Bisa juga ditemui di http://de2via.tumblr.com

Yak, itulah hasil interview saya dengan mbak Riri. Semoga saja dengan adanya interview ini kita menjadi lebih kenal dekat dengan anggota BBI yang lain :D. Dan khusus buat mbak Riri, terima kasih banyak sudah mau aku usilin dengan pertanyaan seambreng, senang berkenalan dengan mbak Riri :D



NB: yang pengen baca giliran saya diwawancarai sama @miss_zp silahkan meluncur ke >> littleangelinme.wordpress.com

24 komentar:

  1. Wow.. pertanyaannya banyak. Btw, BBI yang bukan ordo penimbun ga ada deh kayaknya :D

    BalasHapus
  2. busyeeet, pertanyaannya segambreng?! xD

    BalasHapus
  3. "37. film apa yang lebih bagus daripada bukunya?"

    The Painted Veil. Seriusan mba Vi, kalo ga percaya coba ajah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhmmm... mesti dicari nih... thanks info-nya yaa.... :D

      Hapus
    2. filmnya emang bagus chemistry Edward Norton dan Naomi Watts dapet banget, bukunya ada tapi belum baca masih ditimbun :(

      Hapus
    3. udah baca bukunya nih, hemmmm jadi penasaran sama filmnya :D

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. *hehehe, maap. tadi salah input username*

    @de2via : haaaaaaaaaaai *dadah dadah juga* ;)

    - @mba_uti -

    BalasHapus
  6. wah ketemu sesama klan penimbun buku #yeh malah bangga

    no 37 : film yang lebih bagus dari bukunya? kalau menurutku STARDUST - Neil Gaiman, aku pribadi belum baca cuma nonton filmnya (biasa kalau udah nonton filmnya suka males baca bukunya) dan banyak yg bilang emang bagusan film daripada buku.

    BalasHapus
  7. Mba Riri manissss...hehehe...kalau masih jomblo pasti jadi salah satu kembang BBI dehh hahaha...btw sulissss pertanyaannya buanyak bangeeet...niat deh *tepoktangan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... makasih... tapi... untungnya udah gak jomblo yaa... klo gak, ntar nambah2in persaingan dong yaaa... :D

      Hapus
  8. Hwaa, pertanyaannya banyaakk...
    Haha, soal nama Silvia yang jadi Silvi itu mirip sama pengalamanku juga. :p
    Anyway, salam kenal Mbak Riri...

    BalasHapus
  9. Salut ama Sulis yang bisa bikin pertanyaan sebanyak itu.

    Toss sama Via, sesama orang yg menjudge buku dari sampul :))

    BalasHapus
  10. wuah pertanyaannya seabreg-abreg :p

    BalasHapus
  11. weleh.. pernyataan yg super :-D ....

    Salam kenal ya...
    silahkan saya undang mampir juga ke blog saya, agan2 sekalian :-)
    minta komentarnya heheehee
    http://uliearieph.blogspot.com/2013/04/spesial-kebaikan-dari-marina-uv-white.html

    BalasHapus
  12. kak Riri sabar banget, ya... menghadapi pertanyaan sebanyak ini.. *puk puk puk* #digamparsulis

    BalasHapus
  13. jawaban lengkap sesuai pertanyaan yg banyak :)

    BalasHapus
  14. dahsyat uy pertanyaannya :) banyak n detail, kerennn...

    BalasHapus
  15. Hallo mba riri.. Saya juga belum kenalan nih..

    BalasHapus
  16. fyuh! kelar juga bacanya... meski panjang, tapi interviewnya jadi lebih bisa ngasih bayangan seperti apa Mbak Riri ^_^

    BalasHapus
  17. Kebanyakan pecinta buku uda baca dr kecil dan sd ya ^^ interviewnya lumayan panjang mba.. tp seru ^^

    BalasHapus
  18. Aku tertarik dg komunitas BBI
    Bagaimana menjadi anggotanya?
    Gmn syarat pendaftrannya?
    Aku baru mw bikin blog khusus buku, bisa langsung jadi anggota gak?
    Ada minimal posting dulu baru menjadi anggota?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...