Rabu, 10 Oktober 2012

55 Reading Question

Holla, ketemu lagi nih, lumayan lama vakumnya ya, hehe, tenang udah ada beberapa review yang udah aku buat kok tapi masih di kertas, insyaallah akan segera aku pindahin ke Kutu Bokek, kangen ngisi gitu karena disibukkan dengan kerjaan dan timbunan buku *alasan klise*. Biar nggak bosan nih, aku mau menuliskan 55 Reading Question, di mana awalnya aku tahu postingan ini dari beberapa anggota BBI yang lain, karena semua pake bahasa inggris jadi menghambat diriku untuk ikut. Untungnya nih, si FJ Rean buat 55 Reading Question ini in Bahasa, jadi boleh dong aku nyontek terjemahannya, udah minta ijin loh. Kalo pengen tahu jawaban dia apa, silahkan aja berkunjung ke stew.blogdetik.com.

Inilah 55 Reading Question versi Kutu Bokek:
1. Buku favorit masa kecil
Sebenernya aku mulai baca kelas lima atau enam SD, itu aja baca majalah remaja (yeah saya emang dewasa sebelum waktunya) dan novel Mira W punya abah. SMP mulai kecanduan komik, SMA teenlit trus berkembang ke berbagai genre. Jadi, kalau ditanya buku paling berkesan waktu kecil agak malu, nggak ada buku masa kecil kayak Bobo, Ebyd Blyton dsb, adanya novel Masih Ada Kereta Yang Akan Lewat karya  Mira W.
2. Buku apa yang kamu baca sekarang?
Sing_me_to_sleep

3. Buku apa yang sedang kamu pesan (untuk di pinjam) di perpustakaan?
Nggak ada, udah jarang ke perpus.
4. Kebiasaan buruk dalam membaca
Baca sambil tidur dan baca beberapa buku sekaligus, bukannya satu buku dikelarin dulu >.<
5. Buku apa yang sedang kamu pinjam di perpustakaan?
Nggak ada
6. Kamu punya e-reader (aplikasi untuk membaca buku digital atau ebook)?
Nggak punya, aku pecinta buku cetak.
7. Kamu lebih suka baca satu buku atau banyak buku dalam satu waktu?
Penggenya sih satu buku, karena udah kebiasaan jadinya beberapa buku. Tapi, kalau bukunya asik biasanya satu buku langsung tamat nggak perlu waktu yang lama ngelarinnya.
8. Apa kebiasaan membacamu berubah sejak ikutan menjadi blogger buku?
Sedikit, ada program baca bareng tiap bulan, itu yang menjadi pembeda yang biasanya baca ya baca apa yang ada.
9. Buku favorit (terbaru) yang kamu baca tahun ini?
Waduh banyak nih, tapi yang bikin aku langsung pengen baca ulang adalah buku ini

Memori

10. Buku terfavorit tahun ini?
Banyak sih ya, kayak Seri Nicholas Flamel, Mockingjay, Delirium, Divergent, tapi kalau yang paling adalah:

Memori

11. Berapa kali kamu membaca buku-buku di luar genre favoritmu?
Beberapa kalai, sejak jadi anggota BBI aku mengecap genre lain seperti klasik, Children book, dark, thriller, non fiksi, banyak pokoknya.
12. Apa saja genre favoritesmu (comfort zone, yang pasti kamu akan suka)?
Romance, Fantasy, YA, dark
13. Kamu bisa baca buku di bus yang sedang melaju?
Nggak pernah bisa di kendaraan apa pun, pusing.
14. Tempat favorit buat baca?
Tempat tidur
15. Apa saja aturan dalam meminjam bukumu?
Rawat baik-baik, jangan ada yang rusak dan yang penting jangan lupa dikembalikan.
16. Kamu pernah menandai sebuah halaman buku (dimana terakhir kamu sampai) dengan dog-ear (melipat sedikit ujung halaman)?
Pernah, biasanya buku rental karena nggak ada pembatasnya, hehe.
17. Kamu pernah mencorat-coret halaman buku-bukumu?
Kayaknya nggak pernah deh, aku suka kebersihan.
18. (Masih berhubungan dengan no. 17) termasuk mencoret-coret buku tulis?
Kalau ini sering, aku sering mencoret-coret di buku tulis untuk buat review, karena tulisanku emang kayak coretan nggak tentu arah --
19. Kamu suka membaca buku dalam bahasa apa?
Indonesia dong *cinta produk dalam negeri*
20. Apa yang membuatmu “jatuh cinta” pada buku?
Ceritanya, banyak hal yang bisa buku berikan pada kita, kisah yang romantis, sedih, mencekap, bergidik, membuat kita ketawa, terharu, sebel, semua rasa ada dalam buku.
21. Apa yang membuatmu terinspirasi untuk merekomendasikan buku pada orang lain?
Aku tahu genre kesukaan dia
22. Genre paling favorit?
Romance
23. Buku genre apa paling jarang kamu baca (tapi kamu berharap bisa membacanya)?
non fiksi
24. Buku biografi favorites?
Nggak ada, nanti deh kalau ada orang yang nulis biografi diriku, baru aku baca buku biografi.
25. Kamu pernah baca buku pengembangan diri?
Pernah, tapi lupa buku apa aja, hanya selewat.
26. Buku masak favorites?
Nggak ada, yang ada aku pengen makan itu kertas kalau lihat buku masakan.
27. Buku paling menginspirasi yang kamu baca tahun ini?

Before_i_die

Membuat aku bersyukur karena diberi kesehatan
28. Cemilan favorit saat baca?
Nggak ada #KapanKurusnya
29. Di buku apa dimana ada sebuah kasus (masalah) yang  menghancurkan mood membacamu?

1464171

Karena banyaknya tokoh yang mempunyai nama yang mirip membuat saya mumet dan kehilanggan mood untuk membacanya.
30. Berapa kali kamu setuju dengan kritikan orang pada sebuah buku?
Beberapa kali
31. Apa yang kamu rasakan saat membaca sebuah review jelek/negatif?
Kasian sih sama yang dikritik, tapi kan itu pendapat, dan kita bebas berpendapat.
32. Jika kamu fasih banyak bahasa asing, buku berbahasa apa yang akan kamu baca?
Bahasa Inggris
33. Buku paling mengintimidasi yang pernah kamu baca?
Mengintimidasi ini maksudnya apa ya? Kalau yang bikin aku geregetan sama tokoh utamanya, jawabannya adalah Dexter, iya, aku gemes banget sama dia, Kalau akun jadi Em, udah aku buang jauh-jauh itu si Dex.

13559646

34. Buku yang mengintimidasi kamu bahkan sebelum kamu mulai membacanya?

The_maze_runner

entah kenapa feeling aku buku sama buku ini bagus, udah punya dan nggak sabar untuk dibaca.
35. Puisi favorit?
Nggak ada, nggak suka puisi.
36 dan 37 (kedua pertanyaan ini seputar perpustakaan, jadi skip aja)
Okeh! aku juga jarang ke perpustakaan kok, terakhir setahun yang lalu pinjem buku untuk buat skripsi :))
38. Karakter fiksi favorite?
Simon di Memori dan Ethan di Take a Bow
39. Karakter jahat fiksi favorit?
Nggak ada, biasanya aku nggak mengganggap penting mereka
40. Buku yang suka kamu bawa untuk menye
rtai liburanmu?
Nggak ada, liburan ya liburan.
41. Waktu terlama tidak membaca buku?
Beberapa minggu saja
42. Judul buku yang tidak bisa kamu baca hingga selesai? (Tahun ini)

1464171

dari tahun kemaren g selesai-selesai nih :))
43. Apa yang bisa mengalihkan perhatianmu begitu mudah ketika kamu sedang baca buku?
Twitter
44. Film favorit yang diadaptasi dari novel?

Hunger_games

45. Film adaptasi novel paling mengecewakan?

Harry_potter_5

46. Nominal terbesar ketika membeli buku?
Nggak pernah lebih dari 300k
47. Apakah kamu sering membaca sekilas keseluruhan sebuah buku sebelum membacanya?
Iya, biasanya sinopsis di belakang sampul buku atau kalau nggak beberapa halaman awal.
48. Apa yang menyebabkan dirimu berhenti membaca sebuah buku di tengah jalan?
Nggak jelas konflik dan ceritanya.
49. Apa kamu suka menyusun rapi buku-bukumu?
Ehehehe, aku orangnya nggak bisa rapi, tapi selalu mencoba agar bukuku mendapat tempat di rak :P
50. Kamu lebih suka mana, menyimpan sebuah buku atau memberikannya pada orang lain setelah membacanya sekali?
Kalau suka ya dikoleksi kalau nggak suka dikasih atau bisa jadi modal swap.
51. Jenis buku yang kamu hindari?
Motivasi, agama, masakan
52. Judul buku yang bikin kamu marah?
Yang salah ketik, keterlaluan itu typonya.
53. Buku yang kamu kira tidak akan kamu suka tapi malah suka banget?

13012011_danur

54. Buku yang kamu kira bakal kamu suka tapi ternyata tidak?

Wings

55. Bacaan menyenangkan anti penyesalan?
Pertanyaannya binggungin deh. Bacaan menyenangkan anti penyesalah biasanya adalah buku-buku dari penulis favorit, gaya penulisan yang udah familier. Yang nggak pernah kecewa itu ketika aku baca bukunya Sitta Karina, Windry Ramadhina dan Christian Simamora, bikin nagih!

Sekian *ngos-ngosan*


5 komentar:

  1. Sama nih, aku juga agak bingung dengan arti pertanyaan terakhir. Nggak yakin sama arti guilty pleasure. Jadi aku coba niru arti dari blognya Mbak Alvina, heheh.Jadi 100 Years of Solitude ngebosenin ya? Untung aku nggak jadi baca buku itu untuk proyek bacabareng bulan ini :))

    BalasHapus
  2. Aku juga bingung dengan pertanyaan terakhir.Tp kalo guilty pleasure sih mengacu ke sesuatu hal yg menyenangkan dan kita nikmati, walo pun kita merasa bersalah menikmatinya (biasanya karena kita tahu hal itu sebnrnya salah ato gak bagus). Yah...kayak banyak makan junk food misalnya.Dalam hal buku, guilty pleasure ku mah buku kipas :))

    BalasHapus
  3. @FJ ngebosenin sih nggak tapi ngebingungin iya, hehe.@dewi wah kalau itu ak mah iya, nggak pernah kapok baca buku kipas :))

    BalasHapus
  4. Oky @ Kumpulan Sinopsis10 Oktober 2012 pukul 22.48

    Memori yaa? Jadi pingin baca juga

    BalasHapus
  5. iya, Ky, suka banget sama buku itu :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...