Selasa, 06 September 2011

Komik 5 cm


12416280

Penulis: Donny Dhirgantoro, Is Yuniarto
Penerbit: Grasindo
cetakan: I, 15 Agustus 2011
ISBN13: 9789790815926
176 halaman

Numpang baca di gramed solo hihihi.
Waktu di Gramedia awalnya saya cuman bolak-balik isi buku nggak niat beli karena nggak suka sama novelnya, karena penasaran kenapa sampai dibuat komiknya dan kabarnya akan ada filmnya saya pun membaca versi lain dari novel 5 cm. Yang paling bikin penasaran lagi saya lupa artinya 5 cm itu sendiri, saya tidak ingin langsung membaca di bagian belakang, ceritanya saja saya sudah lupa. Ok, karena komik dan biasanya cepat di baca saya pun nangkring di tempat duduk yang disediakan toko buku tersebut (Thank God! nggak perlu berdiri kesemutan).

Nggak begitu suka sama novelnya, nggak selesai bacanya, terlalu berbelit-belit, waktu mau tamat saya langsung ilfil karena Riani ternyata sukanya sama Zafran, hahaha, egois memang. Dari awal saya sudah berharap Genta bisa meraih tujuannya, salah satu tercapai tapi tidak dalam urusan cinta.
Komentar pertama saya waktu membolak-balik halaman adalah Keren! saya suka sekali ilustrasinya, saya benar-benar dimanjakan, banyak yang benar-benar kocak, inti ceritanya pun dengan jelas tergambar. Jauh lebih suka dari bukunya, nggak berbelit-belit. Nggak sabar dong untuk melihar gambar masing-masing tokoh, saya pun langsung melahap nggak sampai satu jam.

Inti ceritanya tentang lima sahabat yang bertahun-tahun bersama, salah satu dari mereka, Genta, mengusulkan agar mereka tidak bertemu selama tiga bulan agar tidak jenuh dan dia akan merencanakan pertemuan yang tidak akan terlupakan.Kehidupan pribadi mereka pun terurai satu per satu.
Sebuah kehormatan bagiku, Genta, mendaki Mahameru bersama sahabat di tanah air tercinta ini.
Aku Riani, hari ini aku sekali lagi jatuh cinta pada negeri ini.
Saya Arial, Seseorang yang sangat mencintai tanah ini. Saya berjanji akan melindunginya dengan segenap kekuatanku.
Gue Ian, yang berani nyela Indonesia, rubut sama gue!!!
Aku Zahfran, kebanggaan ini akan terpatri di hati ini sampai kapan pun.
Bagian yang paling bikin ngakak adalah waktu Ian lagi konsul skripsi BAB 1 kalau nggak salah sama dosennya, kira-kira begini dialognya:
"Ian, kamu SD berapa tahun?"
"Yaa enam tahun Pak! Emang kenapa?"
"Kalau kamu nylesein kuliah enam tahun juga, berarti otakmu... Otak anak enam SD"
LOL saya mringas mringis baca di tobuk.

Dan quote favoritku tentu saja arti dari 5 cm tersebut,
"Dan setiap kali impian dan cita-cita muncul, letakkan di depan kening kita. Jangan menempel, biarkan menggantung 5 cm di depan kening, supaya dia tidak terlepas dari mata kita."
3 sayap untuk ilustrasi yang keren










4 komentar:

  1. Baru tau kalo ada komik 5 cm
    Aku dulu baca novelnya juga gak selesai2
    Nonton juga sih filmnya. Tapi yang aku suka dari filmnya itu malah keindahan gunung semeru bukan alur ceritanya

    BalasHapus
  2. Baru tahu juga kalau ada komik 5 cm dari postingan ini

    kurang suka baca komik lebih suka bca novelnya.. so filmnya yah lumayan endingnya mengejutkan gak nyangka Riani sama Zafran,,,, ucapan mereka di puncak Mahameru itu keren banget.. bikin saya tergoda pengen mendaki^^

    BalasHapus
  3. Hihi aku jg sama kaya Mba Sulis, suka numpang baca kalo bagus br beli.... abis sayang klo uda beli trnyt ga sesuai dengan gambaran, apalgi klo lg bokek mending baca2 dulu di tobuk..

    BalasHapus
  4. Btw filmnya keren menurutku kebersamaan mereka sempet tegang pas hampir sampai di puncak semeru ..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...