Minggu, 05 Juli 2015

June in Review | Monthly Recap


Hai halooo, memasuki bulan ketujuh dan masih bulan Ramadhan, belum bocor, kan? Tetap semangat terus ya, udah mau memasuki pertengahan bulan jadi nggak bakalan lama lagi :D. Bulan kemaren adalah bulan yang sangat membahagiakan bagi saya, mungkin juga karena efek bulan Ramadhan, bulan yang penuh rejeki dan nikmat. Ada lomba review yang berhasil saya menangkan dan hadiahnya nyenengin banget, kemudian banyak juga tawaran dari penulis untuk mereview buku mereka, seneng dobelnya lagi hampir semua tawaran tersebut saya puas, suka dengan bukunya, jadi nggak ada beban juga untuk menulis reviewnya. Bulan kemaren juga bisa dibilang bulan boros, karena saya juga banyak beli buku. Alasannya sih untuk melengkapi koleksi series favorit :D.

Beban moral ketika mendapatkan buntelan adalah kalau ratingnya di bawah tiga sayap. Saya selalu menekankan kalau review saya jujur, apa adanya, sesuai dengan apa yang saya rasakan, jadi berharapnya penulis atau penerbit tidak kaget terlebih kecewa dengan hasil review saya nanti. Ada yang pernah bilang kepada saya bahwa harga sebuah kejujuran itu sangat mahal, tidak bisa dibayar hanya dengan satu bahkan sekardus buku, dan saya setuju. Saya sangat menghargai kalau pihak penulis atau penerbit meminta saya mereview dengan sejujurnya, kalau pun tidak bagus bisa menjadi pembelajaran bagi mereka, mempelajari kesalahan dan berusaha lebih baik lagi, dan saya sangat menghargai itikad baik tersebut.


Saya sangat paham, mereka meminta mereview tidak lain tidak bukan untuk promosi, inilah kenapa saya menyebut sebagai beban moral, kalau review terhadap buku yang ditawarkan jelek, otomatis orang yang membacanya pun tidak tertarik. Namun tidak lantas saya menjelek-jelekkan buku tersebut, saya selalu menuliskan apa yang kurang atau penilaian saya. Jadi intinya, jangan kapok memberi saya buntelan, hehehehe. Pernah saya memberi rating 2.5 sayap kepada sebuah buku dari penerbit blablabla, eh seterusnya nggak dapat tawaran lagi, hahahaha, kasian banget ya, nggak pa-pa juga sih, mungkin belum berjodoh saja dengan penerbit tersebut, semoga lain kali bisa bekerja sama lagi ya *peace* :D

Book Haul
Berikut adalah buku-buku yang berhasil saya dapatkan di bulan Juni.


1. Rahasia Lantai Keempat by  Rettania
Buntelan dari penulisnya sekalian Blog Tour, selain dapet buku dapet wooden clip juga, bisa dipake mejeng foto-foto selfie, hahahahaha.

2. Now and Then by Arnellis (25k) >> beli karena mumpung murah
3. To Sir Phillip, With Love by Julia Quinn (13k) >> buat ngelengkapi seri Bridgerton yang saya punya.
4. Terbenam dan Tersingkir di Paris dan London by George Orwell (59k) >> udah penasaran sejak akan terbit.
Semuanya beli di Aruna Omah Buku, hehehehe.

5. Shadow and Bone by Leigh Bardugo
Hasil swap dengan Marina di Goodreads. Saya baru tahu kalau udah diterjemahin oleh Bentang, sudah lama pula namun entah mau dilanjutkan lagi apa tidak karena sampe sekarang belum terbit juga. Dapet yang edisi bahasa Inggris :D.

6. Parahyangan 147 by Mita Miranti
7. Bitter Winner by Mita Miranti
Buntelan dari penulisnya, kebetulan penulis baca timeline Goodreads saya yang mengatakan kalau Bitter Winner ada di rak cari-buntelan, dan dia bilang masih ada sisa buku Bitter Winner. Langsung mau dong, begitu sampe ada tambahan buku lagi, hihihi, seneng banget deh :D.

8. The Wedding Eve by Hozomi
9. Grey & Jingga by Sweta Kartika
10. Cerita Cinta Indonesia by Penulis GPU
11. Kotak Pelangi by Dyan Nuranindya
12. The Silkworm by Robert Galbraith
13. Let It Snow by John Green
14. The Truth About Forever by Sarah Dessen
15. By The Time You Read This I'll Be Dead by Julie Anne Peters
Semuanya hasil menang lomba review dari @bukupediacom, seneggggggg banget. Saya mendapatkan voucher buku 500rb yang bisa dibelanjakan di @bukupediacom. Langsung deh milih buku yang udah di wishlist lama. Tambah sekitar kurang lebih 80k sih, minimal beli buku harus seharga 510k. Harga buku asli jadi nggak ada diskon online, ditambah ongkir yang mencapai 60k, tambahan biaya registrasi 2500, hahahahaha, tetap disyukuri dong *seneng kejer*

16. Stay With Me Tonight by Sofi Meloni
Buntelan dari penulisnya via email, suka ceritanya :D

17. Dangerous Love by Christina Tirta
18. Dangerous Games by Christina Tirta
Buntelan dari penulisnya langsung, ada tambahan kain Bali dan block note Dangerous Love, sukaaaaa :D. Ceritanya agak unik nih, mbak Tirta awalnya menawari saya untuk mereview buku terbarunya yang akan terbit akhir Juni lewat Goodreads dan meminta saya menyarankan siapa lagi yang recommended untuk mereview. Nggak taunya beberapa hari kemudian saya ditawari Luckty juga, kemudian beralih ke facebook dan jadilah Blog Tour yang sedang berlangsung ini. Buruan ikut, ada hadiah kece loh :D

19. Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya
Hadiah menjadi peserta Love Cicles dari GagasMedia, ketiga kalinya megang buku ini, pertama pinjam, kedua dapat kado dan ketiga dapet buntelan ini, hahahaha berjodoh banget. Karena punya dobel akhirnya saya jadikan giveaway aja. Silahkan cari di mana karena saya masukkan ke dalam giveaway terselubung :D

20. Mitos dan Fakta Kesehatan by Erikar Lebang
Nitip buku ini lewat kang Dion pas ada pameran buku di Jogja, lumayan cuma seharga 10k aja, ngutang dulu ya, Kang XD.

21. Me and My Prince Charming by Orizuka
Menang kuis dengan menjawab pertanyaan akun twitter @readerizuka, hehehehe.

22. A Royal Pain by Megan Mulry
Dapet buntelan dari penerjemahnya, mbak Linda Boentaram. Waktu itu saya nggak sengaja berbagi tautan dari Gramedia dan menuliskan kalau tertarik baca buku ini setelah membaca sinopsisnya, eh nggak taunya mbak Linda baca dan punya, dikirimi deh ^^

23. Above The Stars by D. Wijaya
Dulu saya pernah ngetwit kalau tertarik dengan genre realistic fiction, nggak taunya dibaca sama @authorde dan ketika seri YARN terbarunya akan terbit, dia menawarkan bukunya untuk direview lewat email. Seneng banget dong karena saya emang pengen baca semua seri YARN ini. Tunggu reviewnya besok ya, kalau nggak ada halangan akan saya posting besok :D.

24. The Begining of Everything by Robyn Schneider
25. Lover Avenged by J.R Ward
26. The Infinite Sea by Rick Yancey
Hampir sebulan lebih saya menunggu buku ini datang, saya sampai lupa berapa harganya, hahahahha. Saya beli di mbak Maria @HobbyBuku, lupa apakah Lover Avenged mendapat diskon 30% atau sama dengan yang lain yaitu sebesar 25%. Bukunya tebal-tebal, ongkirnya sampe dua kilo XD.

27. Take Off My Red Shoes by Nay Sharaya
Buntelan dari penulisnya, udah selesai baca dan insyaallah reviewnya hari Selasa ya :D


28. Sudar Daddy by Lisa Kleypas (20k)
29. Tender Rebel by Johanna Lindsey (23k)
30. Call Me Irresistible by Susan Elizabeth Phillips (15k)
31. Lady Be Good by Susan Elizabeth Phillips (15k)
Semuanya masih segel dan beli di Rani Sle Novel Kolpri. Makasih buat Yuki Hikari yang merekomendasikannya. Saya lagi ngebet banget melengkapi series favorit yang dulu cuma minjam dan hanya punya beberapa, begitu nemu dengan harga yang murah langsung deh di sambar, nggak mau kehilangan lagi karena udah mulai susah nyarinya. Dari keempat yang belum dibaca bukunya Susan Elizabeth Phillips, baca reviewnya banyak yang bilang bagus, semoga :D

32. Love Only Once by Johanna Lindsey (15k)
33. The Duke and I by Julia Quinn (20k)
Beli seken di lapaknya Tammy, lumayan hampir terkumpul semua wishlist seriesnya :D

34. Love Dust by Zhie Yhezy
35. Love Dust 2 by Zhie Yhezy
Buntelan dari penulisnya, diterbitkan secara indie. Penulis menghubungi saya via email dan tanya gimana caranya kalau mau bukunya saya review. Gampang banget kok, tinggal ngirim buku cetak ke saya dan udah akan saya review sejujur-jujurnya, hehehe, nggak ada syarat macam-macam :D. Saya sebenernya agak pemilih kalau dalam bacaan terlebih yang diterbitkan oleh penerbit indie, biasanya lebih suka dengan penerbit major. Saya beri kesempatan khususnya bagi saya sendiri, kalau dua kali nggak sreg, untuk seterusnya saya akan menolak tawaran penulis yang bukunya diterbitkan secara indie. Semoga yang ini sesuai selera saya :D

Sebenernya mulai dari buku Above the Stars, paketnya saya terima awal Juli kemaren, karena pengirimannya agak terlambat (mendekati lebaran) jadi molor sampai ke tangan saya, jadi tetap saya ikutkan ke Book Haul bulan Juni. Masih ada lagi novel Hujan Bulan Juni beserta voucher 200rb dari @sastragpu yang belum sampai, marchendice dari Twigora karena saya kepilih menjadi Host Blog Tour paling favorit dan buku dari penulis indie juga tapi entah jadi dikirim atau tidak, agak was-was karena mendekati lebaran biasanya sibuk banget jasa pengantarnya, takut ilang, semoga aja besok sampai deh.

Bisa dibilang ini adalah Book Haul paling banyak yang pernah saya punya, 35 buku! Amazing! Beberapa udah saya baca dan review, semoga sisanya bisa kebaca semua :D

Bacaan Bulanan
Bulan Juni saya berhasil membaca 10 buku, nggak buruk-buruk amat :D

  1. Rahasia Lantai Keempat
  2. Bitter Winner
  3. Apartemen Parahyangan 147
  4. Grey & Jingga
  5. The Wedding Eve
  6. Stay With Me Tonight
  7. Dangerous Love
  8. Dangerous Games
  9. A Royal Pain
  10. By The Time You Read This I'll Be Dead
Hutang review yang baru sempat ditulis:
  1. The Martian | Trailer
  2. Perlukah Kita Keluar dari Zona Nyaman Ketika Membaca? | Let's Talk
  3. My Top Ten Books I've Read So Far in 2015
Dari segi review buku saya cukup produktif sekali, masih berusaha posting seseuai jadwal, semoga lama-lama nanti bisa terbiasa :D

Bulan Juni ada Blog Tour Rahasia Lantai Keempat, sedangkan bulan Juli ada Blog Tour Dangerous Love, masih berlangsung dan ayo ikutan bagi yang kepengen dapet hadiah. Sebenernya masih ada blog tour lagi yaitu buku terbarunya Sefryana Khairil, entah jadi atau batal saya juga nggak tahu, sampai sekarang belum ada pemberitahuan lagi, udah molor sejak dua bulan yang lalu. Semoga setiap bulan saya tetap bisa ngasih buku gratis ke pembaca ya, doain semoga rejeki lancar terus, amin :D

Demikian rekap selama bulan Juni, semoga di bulan Juli tidak kalah, buntelan makin banyak, hahahahaha. Ada satu lagu yang ingin saya persembahkan kepada yang ngasih saya buntelan, cekidot :D



5 komentar:

  1. Penasaran sama review Love Dust :D
    The Wedding Eve juga.
    Ditunggu reviewnya ! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Wedding Eve kan sudah, klik aja judul di atas :)

      Hapus
  2. Waah senengnya dapet Shadow & Bone yang inggris, aku dapetnya yang terjemahan. Cari inggris yang murah susah wkwkwkwk. Btw bukunya banyak sekali kak Sulis, banyak yang gratisan lagi XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah, hehehehe, sebenernya aku malah pengen yang terjemahan, mau swap kah? :D

      Hapus
    2. Aaa beneran kak Sulis? Boleh kalo mau swap :D

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...