Sabtu, 09 Mei 2015

The Gashlycrumb Tinies by Edward Gorey | Book Review

The Gashlycrumb Tinies (The Vinegar Works #1)
Penulis: Edward Gorey
Ebook, 31 halaman.
The Gashlycrumb Tinies: or, After the Outing is an abecedarian book written by Edward Gorey that was first published in 1963. Gorey tells the tale of 26 children (each representing a letter of the alphabet) and their untimely deaths in rhyming dactylic couplets, accompanied by the author's distinctive black and white illustrations. It is one of Edward Gorey's best-known books, and is the most notorious amongst his roughly half-dozen mock alphabets. It has been described as a "sarcastic rebellion against a view of childhood that is sunny, idyllic, and instructive". The morbid humor of the book comes in part from the mundane ways in which children die, such as falling down the stairs or choking on a peach. Far from illustrating the dramatic and fantastical childhood nightmares, these scenarios instead poke fun at the banal paranoias that come as a part of parenting.
Entah kesurupan apa kok kemarin saya maraton baca children's book, hehehehe. Mungkin karena ceritanya nggak panjang dan penuh dengan ilustrasi, saya memutuskan membaca ebook yang dikasih mbak Ayu Yudha. Awalnya saya hanya kepingin baca The Giving Tree tapi dikasih bonus satu ebook lagi, yaitu buku ini. Iseng buka, ternyata bukunya lebih simple dari The Giving Tree dan penuh dengan ilustrasi dark, saya kira bakalan mudah dipahami ternyata perlu mikir juga :D

Buku ini berisi 26 kalimat yang disusun secara alfabet serta 27 gambar hitam putih yang gloomy. Pertama baca bingung, ini maksudnya apa ya? Setiap huruf mewakili satu nama dan ada kejadian naas yang menimpa orang tersebut, diperjelas dengan sebuah gambar. Ketika membaca ulang sekali lagi, saya baru bisa menyimpulkan.

Saya berpendapat buku ini menceritakan tentang hal-hal apa saja yang bisa membahayakan seorang anak kecil, yang bisa merenggut nyawa mereka. Misalnya saja jatuh dari tangga, diserang beruang, terbakar api, tersedak buah persik, tenggelam di danau, dan masih banyak lagi. Edward Gorey mungkin sengaja membuat cerita yang menakutkan untuk anak kecil, sengaja agar mereka lebih berhati-hati dalam bermain, tidak sembarang melakukan sesuatu dan ingin para orangtua lebih memperhatikan mereka, selalu mengawasi apa yang mereka lakukan, karena hal simple saja bisa berakhir bahaya.

Beberapa contoh ilustrasinya bisa di lihat di bawah ini, keren kan? :D
Saya suka banget gambarnya, saya memang suka yang dark dan cerita depresi, di sisi saya suka romance, hehehehe. Membaca buku ini jadi kepingin baca buku Edward Gorey yang lain, apakah se-spooky ini? :p

3.5 sayap untuk A for Amazing.

2 komentar:

  1. Ahhh buku anak. Level tertinggi dari setiap genre buku :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya simple tapi perlu mikir juga bacanya :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...