Selasa, 07 April 2015

Songs That Remind Me of Romance Books | Books and Songs

source

Akhirnya kesampean juga bikin postingan Books and Songs. Sejak nonton videonya padfootandprongs07 saya terinspirasi untuk membuat postingan dengan tema yang sama dan pas banget dalam event Around the Genres grup romance membuat tema Songs That Remind Me of Books :D. Beberapa kali saya juga pernah memuat lagu sesuai dengan buku yang saya baca di reviewnya tapi belum pernah ada postingan tersendiri. Rencananya tema ini akan menjadi salah satu postingan tetap di Kubikel Romance, karena selain membaca saya suka banget dengerin musik, ingin lagu-lagu favorit juga nangkring di blog, pengen share cover artis favorit saya :D

Untuk postingan pertama saya nggak akan banyak menampilkan lagu-lagu favorit yang juga menjadi sountrack sebuah buku versi saya sendiri, berikut lima lagu yang akhir-akhir ini sering banget saya dengerin, masuk list 'diputer sampe jebol' :D

1. Gone, Gone, Gone by Phillip Phillips



When enemies are at your door
I'll carry you away from war
If you need help, if you need help.
Your hope dangling by a string
I'll share in your suffering
To make you well, to make you well

Ketika mendengar lagu ini saya merasa cocok banget kalau dijadiin sountrack buku Hopeless by Colleen Hoover. Trenyuh dengan pengorbanan Dean, bagaimana dia sangat kehilangan Sky dan nggak bisa melupakan, tetap berada di sampingnya dan memberi semangat Sky ketika mengetahui masa lalunya yang kelam, menjadi tamengnya.

2. Shut Up and Dance by Walk The Moon



"Oh don't you dare look back.
Just keep your eyes on me."
I said, "You're holding back,"
She said, "Shut up and dance with me!"
This woman is my destiny
She said, "Oh, oh, oh,
Shut up and dance with me."

We were victims of the night,
The chemical, physical, kryptonite
Helpless to the bass and the fading light
Oh, we were bound to get together,
Bound to get together.

Saya tampilkan salah satu cover lagu Shut Up and Dance yang saya suka :D. Lagu ini cocok banget untuk buku Easy by Tammara Webber, menginggatkan saya akan Lucas yang terlalu banyak mikir akan hubungannya dengan Jaqueline.

3. Marry Me by Jason Derulo



How many girls in the world can make me feel like this?
Baby I don't ever plan to find out
The more I look, the more I find the reasons why
You're the love of my life

Pertama denger lagu ini langsung keinget buku Marriageable-nya Riri Sardjono, salah satu buku tentang perjodohan dan pernikahan atau domestic romance favorit saya :D. Keinget pas Vadin nglamar Flory, meminta Flory untuk mencoba menerima perjodohan yang dilakukan kedua ibu mereka :D.

4. Best Day of My Life by American Authors


I'm never gonna look back
Whoa, I'm never gonna give it up
No, just don't wake me now

Oo-o-o-o-oo
This is gonna be the best day of my life
My li-I-I-fe
Oo-o-o-o-oo
This is gonna be the best day of my life
My li-I-I-fe

Lagu ini cocok banget disetel pas An berhasil memaksa Ju mengajarinya memasak dalam buku Walking After You - Windry Ramadhina, maklum aja Ju orangnya pemalu banget dan nggak suka dapurnya dikuasai orang lain jadi An seneng banget, kesempatan langka dan menurut saya adegan tersebut romantis banget, tambah cinta sama Ju :D.

5. Hold Back The River by James Bay


Tried to keep you close to me,
But life got in between
Tried to square not being there
But think that I should have been

Hold back the river, let me look in your eyes
Hold back the river, so I
Can stop for a minute and see where you hide
Hold back the river, hold back

Lagu ini menginggatkan saya akan usaha Alexandra untuk bisa lebih memahami Beno, menerima perbedaan mereka, mentoleransi Beno yang jarang pulang tepat waktu sampai akhirnya mereka menjadi dua orang asing di atap yang sama. Semua usahanya membuat dia lelah dan menyerah, tetap tidak bisa menjangkau Beno. Yap, buku Divortiare karya Ika Natassa.

Yak, itulah kelima lagu favorit yang menjadi sountrack imajiner akan buku yang saya suka. Kapan-kapan akan saya bagi juga lagu-lagu kece lainnya serta cover artis favorit saya :D

Apakah kalian juga suka ketika mendengarkan sebuah lagu lalu teringat suatu buku yang cocok sekali dengan lirik lagu tersebut atau sebaliknya? Yuk share pengalaman kalian di kotak komentar di bawah ini :D







21 komentar:

  1. Sulis suka lagu cover yang akustik ya? Hehehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung juga sih phie, aku juga suka KHS yang jarang pake akustik, cuma pas aja lagu di atas :)

      Hapus
  2. Kalo lagi baca dan mood nya lagi pengen sambil dengerin lagu, aku siapin earphone terus kebanyakan dengerin lagu one direction, atau lagu jadul kaya westlife, boyzone, m2m *ooops malu ketauan angkatan tua....
    Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakaka, kalo Westlife dan M2M dulu suka dengerin, Boyzone jarang :)

      Hapus
  3. Saya merasa gagal karena nggak pernah bisa nentuin salah satu lagu kesukaan sebagai OST buku yang sedang dibaca.... orz

    Tiap baca buku rasanya boro-boro terlintas di pikiran bahwa lagu a cocok buat judul buku b
    Sulit buat saya untuk membagi pikiran baca buku sambil dengerin musik
    Makanya saya suka takjub ama teman-teman yang bisa buat OST untuk sebuah buku
    Rata-rata judul yang dikasih tau mbak Sulis belum pernah kudenger, nanti kalau ada waktu nanti saya coba cari mp3 nya deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku lebih sering pas dengerin lagu baru teringat buku yang cocok, aku jarang baca sambil dengerin buku, lebih suka suasana tenang :)

      Hapus
  4. - Pathetique Sonata - Beethoven & Ballad No q utk If I Stay-nya Gayle Forman.
    - breathless by Better than Ezra dan wating for the end by Linkin Park utk Where She Went
    - the only exception - paramore buat pride & prejudice :))
    - the man who can't be moved buat Snape dr Harry Potter x)
    - I got you, babe by UB 40 utk Tfios.
    Itu versiku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget untuk The Man Who Can't Be Moved, huhuhu, tragis banget deh :(

      Hapus
  5. kalau adegan lamaran, aku suka keinget lagu Marry Your Daughter-nya Brian McKnight gara-gara temenku sering nyanyiin itu.

    BalasHapus
  6. kalau aku, sebenernya beberapa lagu itu pas karena emang soundtrack film -___- misalnya Boom Clap itu, terus Love Me Like You Do

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipilih jadi sountrack kan emang menceritakan isi bukunya, hehehehe

      Hapus
  7. Entah kenapa kalok denger musik akustikan rasanya romantis.. Apalagi kalok nyanyinya featuring gitu.. Melambai-lambai deh.. :P *baper*

    BalasHapus
  8. Suka suka sukaaa..., yang nomor 5. Suaranya keren ih.., aku belum baca bukunya sih... Sejauh ini menikmati video klip yang kamu kasih :D

    BalasHapus
  9. Ada sih saru lagu yg ngingetin bgt sama 1 buku. Lagunya Trisha Yearwood berjudul How Do I Live. Itu lagu jadul tapi saya sukaaaaa! :)
    Lagu itu ngingetin sama novel Bellamore dari Karla M. Nashar. Sebenarnya lagu itu sempat di-mention di dalam novel tsb, dan ternyata liriknya memang pas banget dengan sikon Lana & Fabian di mana Fabian harus meninggalkan Lana karena penyakitnya, sementara Lana sudah terlanjur sangat mencintai Fabian. Lana tidak tahu akan jadi apa hidupnya tanpa Fabian.

    Nah, kalo lagi baca novel, aku jarang dengerin lagu. Aku lebih suka nyetel musik instrumental dari Kenny G, Richard Clayderman, Kitaro, instrument OST drama, dan sejenisnya. :D

    BalasHapus
  10. jarang banget mengaitkan lagu dengan novel...sekarang juga jarang banget dengerin lagu, kalah ama berisiknya duo krucils. :D

    BalasHapus
  11. Aku gak terlalu tahu dan ahli ngehubungin novel dan soundtrack yang cocok itu gimana.. Tapi lagunya Frank Sinatra yang Fly To The Moon kira2 cocok buku apaan yaa ? Soalnya suka banget sama lagu itu.. Oh iya, recommend soundtrack Marry Me yang mbak post, aku suka :)

    BalasHapus
  12. kalau untuk novel aku ga terlalu tau soundtrack yang dihubungkannya. tapi kalau novel online yang di wattpad aku pernah disaranin soundtrack lagu bahasa france, Je I'aime a Mourir - Shakira untuk judul ceritanya itu The Flower Boy Next Door. dan sampai sekarang selalu jatuh cinta sama lagu itu,apalagi pas tau arti liriknya, meski ya ga pernah lancar ngucapin liriknya.

    BalasHapus
  13. Hihihi lagu nya pas kak :D kalo aku sih inget lagu 'say something' pas baca novel goodbye happiness, pas skandar nya ngejauh itu uh kerasa banget sedihnya :'(

    BalasHapus
  14. Kalau Aku pernah alami pas dengar lagu kenangan terindah Samson's jd ingat buku dealova.sampai menangis.oh iya seperti buku judul ayat ayat cinta film & lagunya mencerminkan isi buku.makasih bahasan nya @vivicynthia

    BalasHapus
  15. pernah hehehee...
    Kalau baca Divergent inget lagu Titanium dan menurutku itu cocok banget <3 Saling melengkapi hehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...