Sabtu, 30 Maret 2013

Ten Little Niggers (Sepuluh Anak Negro)

2172799

Sinopsis:

Sepuluh orang diundang ke sebuah rumah mewah dan modern di Pulau Negro, di seberang pantai Devon. Walaupun mereka masing-masing menyimpan suatu rahasia, mereka tiba di pulau itu dengan penuh harapan, pada suatu sore musim panas yang indah.

Tetapi tiba-tiba saja terjadi serentetetan kejadian misterius. Pulau itu berubah menjadi pulau maut yang mengerikan... Panik mencekam orang-orang itu ketika mereka satu demi satu meninggal... satu demi satu...

Novel Agatha Christie yang paling mencekam dan menegangkan!

Cerita detektif - tanpa detektif!

***

Judul asli: And Then There Were None (Lalu Semuanya Lenyap)

Penulis: Agatha Christie

Alih bahasa: Mareta

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Cetakan ketiga, Oktober 1994

264 halaman

Pinjem mbak @destinugrainy
Sepuluh anak negro makan malam;

Seorang tersedak, tinggal sembilan.

Sembilan anak Negro bergadang jauh malam;

Seorang ketiduran, tinggal delapan.

Delapan anak Negro berkeliling Devon;

Seorang anak tak mau pulang, tinggal tujuh.

Tujuh anak Negro mengapak kayu;

Seorang terkapak, tinggal enam.

Enam anak Negro bermain sarang lebah;

Seorang tersengat, tinggal lima.

Lima anak Negro ke pengadilan;

Seorang ke kedutaan, tinggal empat.

Empat anak Negro pergi ke laut;

Seorang dimakan ikan herring merah, tinggal tiga.

Tiga anak Negro pergi ke kebun binatang;

Seorang diterkam beruang, tinggal dua.

Dua anak Negro duduk berjemur;

Seorang hangus, tinggal satu.

Seorang anak Negro yang sendirian;

Menggantung diri, habislah sudah.

Sepuluh orang dengan latar belakang berbeda diundang ke Pulau Negro oleh seseorang yang sangat misterius, Ulick Norman Owen. UNKNOWN. Mereka semua tidak tahu bahaya yang akan mereka hadapi, bahwa satu per satu dari mereka mati oleh kesalahan yang tak pernah tercium hukum. Namun, ada satu orang yang tahu kesalahan terpendam mereka, dan dia, dimulai dari kesalahan yang paling kecil mengeksekusi satu per satu sesuai dengan sajak anak Negro.
"Anda semua bertanggung jawab atas tuduhan berikut:

'Edward George Amstrong, apa yang Anda kerjakan pada tanggal 14 Maret 1925, menyebabkan kematian Louisa Mary Clees.'

'Emily Caroline Brent, pada tanggal 5 Nopember 1931 Anda bertanggung jawab atas kematian Beatrice Taylor.'

'William Henry Blore, Anda menyebabkan kematian James Stephen Landor pada tanggal 10 Oktober 1928.'

'Vera Elizabeth Claythorne, pada tanggal 11 Agustus 1935 Anda membunuh Cyril Ogilve Hamilton.'

'Philip Lombard, pada bulan Pebruari 1932 Anda bersalah atas kematian dua puluh satu orang suku Afrika Timur.'

John Gordon Macarthur, pada tanggal 14 Januari 1917 Anda dengan sengaja membunuh pacar istri Anda, Arthur Richmond.'

'Anthony James Marston, pada tanggal 14 Nopember tahun lalu Anda bersalah atas kematian John dan Lucy Combes.'

'Thomas Rogers dan Ethel Rogers, pada tanggal 6 Mei 1929 Anda menyebabkan kematian Jennifer Brady.'

'Lawrence John Wargrave, pada tanggal 10 Juni 1930 Anda bersalah atas kematian Edward Seton.'

Terdakwa, apakah Anda ingin mengajukan pembelaan?"

Akhirnya saya merasakan salah satu mahakarya The Queen of Crime, eyang Agatha Christie, ternyata lumayan seru juga :p Dari dulu saya sering lihat karya beliau di toko buku tapi entah kenapa tidak berminat sama sekali, bahkan saya kira dia penulis asal Indonesia yang ternyata lahir di Devon, Inggris tempat yang sering dia gunakan untuk setting ceritanya, mungkin saking banyak bukunya jadi bingung mau mulai yang mana dulu. Nah, dari berpuluh-puluh buku yang pernah dia buat entah kenapa lagi saya tertarik dengan Sepuluh Anak Negro ini yang dalam judul aslinya berjudul And Then There Were None, mungkin juga karena saya baca sajak anak Negro yang kayaknya kok seru banget ya sepuluh orang mati berurutan sesuai dengan sajak tersebut.

Yang paling asik ketika membaca buku thriller adalah kita tidak akan menemukan jawaban yang paling benar kalau tidak menyelesaikan sampai akhir buku tersebut, jadi mengasah kesabaran kita :p dan yang paling seru lagi adalah menebak siapa dalang semua masalah yang terjadi, kita ikut-ikutan jadi detektif!

Buku ini tidak tebal dan alurnya cepat, tips membaca buku ini adalah hafalkan semua tokoh yang ada di buku ini, kita harus jeli karena semua tokoh di buku ini mati dan pelakunya salah satu dari mereka. Saya bisa menebak kalau pasti pelakunya salah satu dari sepuluh orang yang diundang tapi tetap saja kebingunggan ketika orang kesepuluh mati dan siapa pelakunya???? Untung saya orangnya sabar :D

Kekurangan buku ini menurut saya adalah saya orangnya pelupa dan saya nggak hafal para tokohnya jadi bolak balik ngulang baca biar ngeh 'ini tadi yang mana ya?' hahahaha, soalnya kebanyakan sudut pandangnya orang pertama dan di buku ini cukup banyak isi kepala yang harus dicerna dengan baik-baik jadi saya nggak bisa baca cepet dan ada korban yang mati tidak sesuai dengan sajak jadi menurut saja kurang nendang. Saya lebih suka cover terbarunya, sesuai banget dengan isi buku ini.

Untuk kesan pertama saya tidak kapok dan pengen nyoba baca buku penulis yang pada tahun 1971 dianugerahi gelar Dame Commander of the British Empire ini, tapi yang mana????? banyak banget bahkan lebih dari 80 novel yang bercerita tentang detektif, jadi saya pengen nyoba yang mainstream dulu aja :D ada saran dan ada yang mau minjemin atau buntelin? #KutuBokek XD

Oh ya, buat yang pengen tahu lebih banyak  tentang Agatha Christie dan karya-karyanya coba deh berkunjung ke selselkelabu.blogspot.com recomended banget dan ada postingan yang keren banget yang dibuat oleh mbak Astrid tentang Hercule Poirot, salah satu tokoh ciptaan Agatha Christie yang paling sering muncul di buku-bukunya yang terkenal dengan sel-sel kelabunya, A Tribute to Hercule Poirot.

Buku ini saya rekomendasikan untuk yang pengen nyoba kaya Agatha Christie untuk pertama kalinya dijamin bikin nagih :D

Dan seperti kebanyakan tips dari orang-orang setelah membaca buku ini, jangan buka halaman terakhirnya.

3.5 sayap untuk The Queen of Crime

15 komentar:

  1. ini buku AC pertama yang kubaca, sekaligus yang bikin aku ketagihan untuk membaca karya agatha christie lainnya

    BalasHapus
  2. aku juga pengen baca buku dia yang lainnya nih mbak terutama yang Pembunuhan Atas Roger Ackroyd *cari pinjeman* :D

    BalasHapus
  3. iya, itu bagus juga, sayang aku belum punya. yang judul Buku Catatan Josephine juga bagus, gak nyangka pelakunya :D aku punya kalo mau pinjam

    BalasHapus
  4. haduhhhh, itu berseri atau lepas kayak buku ini mbak? coba ak tanya mbak desty dulu deh dia punya apa nggak kedua buku tersebut, soalnya kita lebih dekat untuk bertransaksi buku :p

    BalasHapus
  5. gak berseri koq, semuanya berdiri sendiri :)

    BalasHapus
  6. Suliiiissss makasih ya udah menyebut2 tulisanku ttg poirot disini hihihi...btw senangnyaaa bertambah lagi member fansclub nya oma agatha.. :D 10 anak negro ini emang yg paling bikin merindiiing...cobain yg ada Poirotnya deh lis..Roger Ackroyd bagus, atau Pembunuhan Di Malam Natal juga bikin kaget2 gitu endingnya...kalau mau pinjem2 bilang aja yaaa...aku lagi ngumpulin yg cover baru nih sekarang.

    BalasHapus
  7. hore! ada target yang bisa dipinjemin nih :))

    BalasHapus
  8. [...] Sepuluh Anak Negro by Agatha Christie (Finding New Author Reading Challenge) [...]

    BalasHapus
  9. Selamat hunting buku2 AC ..pasti seru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku naksir tiga buku yang dijadikan satu alias cerita yang paling disukai pembaca di seluruh dunia, kalau ngikutin semuanya nggak kuat XD

      Hapus
  10. [...] saya membaca buku detektif dari tiga penulis yang berbeda, pertama adalah The Notting Hill Mystery, Ten Little Niggers dan kali ini adalah kumcer detektif. Saya memang masih baru dalam genre ini jadi butuh waktu lama [...]

    BalasHapus
  11. aku juga buku agtha. meskipun suka ngantuk, hihihi. tapi over all kalo lagi serius bikin penasaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga moody-an banget kalau baca thriller XD

      Hapus
  12. Aku sarankan baca the hollow sist, bagus...
    Yg 10 anak negro memang agak boring sih menurutku...
    Aniway makasih ya dah nunjukin blog sel sel kelabu,..hihi aku maniak buku serial murder soalnya palagi bukunya tante agatha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, The Hollow ya, hmmm, nanti coba cari reviewnya dulu deh, makasih rekomendasinya :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...