Kamis, 28 Maret 2013

Redfang

17089571

Redfang

Penulis: Fachrul R.U.N

Penyunting: Louis Javano

Ilustrator: Happy Mayorita

Ilustrasi sampul: V. Weyland

Pencipta hikayat: Amy Raditya

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-9092-9

Cetakan pertama, Desember 2012

452 halaman

hadiah dari @VandariaSaga

Sinopsis:

Delapan tahun silam, Cassius Redfang menghabisi adiknya demi menyandang gelar warisan sang ayah. Sekarang, dipandu mimpi ganjil istrinya, Cassius menemukan fakta mengejutkan, sang adik telah kembali mewujud di dunia. Dilanda kebingungan, Cassius mulai mencoba menyingkap teka-teki di balik kebangkitan adiknya. Mukjizat para Vanadis-kah? Tipuan? Ataukah.... orang itu justru berhubungan dengan hawa gelap yang menyeruak perlahan di negeri Blackmoon? Segalanya serba gelap...

***

Ini adalah kali kedua saya membaca novel dari Fachrul R.U.N, sebelumnya ada Hailstorm (review coming sooooooooooon) yang tidak memberi saya nafas akan pertarungannya. Setelah membaca buku ini saya mulai bisa mengikuti irama tulisan penulis. Sadis. Jangan harap ada cerita romantis yang manis-manis, yang ada adalah darah betebaran di mana-mana. Buku ini tidak kalah sadis dengan buku pertama hanya saja lebih kental aura misteriusnya sedangkan di buku pertama kental sekali aura peperangannya. Bisa saya bilang buku-buku karya Fachrul R.U.N ini cowok banget.

Sedikit sinopsis dari saya. Duke Cladius Redfang mewariskan takhta penguasa Canivius kepada putra keduanya, Velius Redfang. Sebagai putra pertama Cassius tidak terima, dialah yang seharusnya menguasai Cassius, begitu kata tradisi. Cassius adalah orang yang licik, dia selalu menggunakan cara kotor untuk meluluskan tujuannya berbeda dengan sang adik yang populer di masyarakat, dia cerdik, kuat dan suka memberontak. Cassius pun menantang duel adiknya, bagi yang menang nanti dialah yang menduduki singgasana Canivius. Sesuai dnegan sifatnya, dia berbuat curang dan berhasil membunuh adiknya sendiri. Pendapatnya salah ketika delapan tahun kemudian Velius datang kembali dan mulai meneror kehidupannya, ingin merebut apa yang seharusnya dia punya, Canivius.

Dia sudah mendapatkan apa yang dia inginkan bahkan seorang istri yang sangat dicintainya, mantan tunangan adiknya dulu, Avenia Mordino. Istrinya yang dianggap gila bermimpi bertemu dengan Velius dan dia merengek untuk dibawa ke tempat di mana dia melihat Velius, hutan di dekat Antipia, tempat Cassius membunuhnya. Dan ketika dia tak berdaya menolak permintaan istrinya, di tempat itulah Cassius bertemu lagi dengan Velius setelah delapan tahun yang lalu dia membunuhnya. Sejak saat itu, hidup Cassius tidak pernah tenang lagi. Cassius kembali mengerahkan orang kepercayaannya, Ninh, pengawalnya untuk menyelidiki keganjilan itu.

Konfliknya tidak berhenti sampai di situ, ada orang yang ingin memporak-porandakan Valta (wilayah paling timur di Kerajaan Blackmoon), mengadu domba tiga klan yang paling berkuasa di kerajaan tersebut; Hailstorm, Redfang dan Mordino sehingga perang besar tak terelakkan lagi.

Penuh misteri, sejak pertama baca saya sudah dibuat penasaran dengan siapa sesungguhnya Velius Redfang? Rasa penasaran inilah yang memacu saya membuka halaman demi halaman untuk mengetahui siapa sebenarnya orang yang sudah dikatakan meninggal bertahun-tahun yang lalu itu. Dan setelah saya mengetahuinya, saya kecewa. Sulit mengatakan alasannya karena nanti dianggap spoiler. Sedikit aja deh, saya lebih berharap kalau Velius Redfang lebih baik Deimos sungguhan aja, karena kenyataannya absurd banget, nggak habis dipikir dan menurut saya terlalu dipaksakan.

Itu aja yang membuat saya kurang puas, masih ada sedikit typo dan huruf yang lebih besar dari yang lain, selain itu tidak masalah. Covernya keren! Gambar Cassius Redfang dan dibawahnya Velius Redfang. Menggambarkan kalau kehidupan Cassius selalu dibayang-bayangi adiknya. Ilustrasinya juga oke banget, tidak malu-malu menggambarkan adegan sadis, apalagi bagaimana rupa Velius dengan kejinya dibunuh Cassius, sadisssssssss. Pengenalan tokoh di awal membuat kita mudah memahami karakter utama yang ada di buku ini. Ada juga peta kerajaan Valta yang membuat buku ini semakin komplit.

Perlu diketahui, di buku ini tidak ada tokoh protagonisnya, semua antagonis dan poin inilah yang membuat saya memberikan penilaian lebih, yang mengobati rasa kekecewaan saya.

Bener kata bang Dion, mungkin lebih lengkap kalau penulis membuat cerita tentang keluarga Mordino :p

Buku ini saya rekomendasikan bagi yang mencari buku fantasy yang cowok banget.

3 sayap untuk keluarga Redfang.

NB: Posting bareng BBI kategori Fantasy

24 komentar:

  1. Aku blm baca ini.. Kayakna lumayan.bgs yak. Awalnya aku pikir ini bagian dari serial lanfang..

    BalasHapus
  2. belum pernah baca VS. Yang cocok untuk pemula apa KakSulis?

    BalasHapus
  3. Saya nunggu kelanjutan Masa Elir dan Tabir Nalar saja ah...

    BalasHapus
  4. wakakaka, bukannnnn. ak belum pernah baca karya alm. LanFang, cuman mirip nama belakangnya aja :)

    BalasHapus
  5. kalo menurutku coba deh baca Kristalisasi soalnya ada prekuel buku seri VS lainnya :)

    BalasHapus
  6. itu ak juga nunggu banget mbak, ak juga suka tokoh utama di buku tersembut yang 'rombongan' :)

    BalasHapus
  7. iya keren banget covernya, lah di covernya kan ada tulisan Vandaria mbak, buku ini ditulis penulis yg nulis Hailstorm

    BalasHapus
  8. Nah cowok banget kan? soalnya emang berdarah2 ala F. Run tuh ya beginian wkwkwk. AKu lebih suka Tabir Nalar

    BalasHapus
  9. aku mau baca buku ini juga, selain suka vandaria aku udah terlanjur ngefans juga sama penulisnya sejak baca hailstorm. apalagi gak ada protogonisnya, huwa gak sabar

    BalasHapus
  10. eh kupikir bakalan dapet 4 bintang :D tapi kalau liat review tentang buku ini, emang bikin penasaran, padahal aku bukan pengikut seri vandaria saga

    BalasHapus
  11. Mbak Sulis yang suka romance ternyata suka bacaan yang berdarah-darah juga ya? Hehe... Aku belum pernah baca VS, kayaknya serinya banyak banget ya? Nggak ngikutin ni... :D

    BalasHapus
  12. Hehehe buku cowok banget. Aku ngebayanginya Redfang & Hailstorm itu jenis buku yang bakal disukain Augustus Waters. *loh* XD

    BalasHapus
  13. buku ini bisa juga buat pemula kok mbak, walau ada klan Haistorm

    BalasHapus
  14. kyaaaa nggak bisa move on dari TFiOS :D

    BalasHapus
  15. Hey, I love your new header.
    Wait, TFiOS itu apa?

    BalasHapus
  16. jadi sebenernya vandaria saga ini nggak bersambung ya lis? kita bisa baca yang mana aja duluan gitu? soalnya kayanya udah lumayan banyak ya...

    BalasHapus
  17. iya mbak kecuali yang Takdir Elir dan Masa Elir, itu merupakan trilogi :)

    BalasHapus
  18. [...] Redfang by Fachrul R.U.N (Fantasy Reading Challenge, What’s In A Name Reading Challenge) [...]

    BalasHapus
  19. ending-nya mengecewakan yah?
    banyak typo. #panggil proofreadernya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...