Sabtu, 14 Januari 2012

The Pilot's Woman


Sinopsis

Mayor Penerbang Erick Corsair, salah satu penerbang terbaik TNI AU, kini tak lebih dari seonggok tubuh tak berdaya. Seorang The Dragon - call sign bagi para penerbang F-16 Fighting Falcon - kini hanyalah seorang manusia tak berguna. Manusia yang sepanjang sisa hidupnya akan bergantung pada kursi roda. Ia merasa menjadi naga yang telah kehilangan kemampuan terbang dan semburan apinya. perempuan yang amat dicintainya, sumber semnagatnya memutuskan hubungan karena kondisi yang dialami Erick, keluarganya menjauh dan mengirim dia ke pusat rehabilitasi orang cacat, tidak ada gunanya dia hidup lagi.

Rhenata pertama kali bertemu dengan Erick Consair pada saat dia magang di RSUPAU Lanud Iswahjudi beberapat tahun lalu, dan dia langsung jatuh cinta. Dengan senyumnya dia merasa tegang, jantung berdebar-debar, dan Erick adalah seorang lelaki gentleman sejati. Dia murah senyum, ramah, tidak seperti pilot lain yang sombong dan menganggap pekerjaan Rhenata yang sebagai perawat itu tidak ada artinya. Betapa kagetnya dia ketika mendapati Erick sekarang menjadi pasiennya dan lumpuh. Sekarang dia sangat berbeda,  tidak ramah, ketus, dan tidak ada semnagt untuk hidup. Tapi, tekat Rhenata sekuat baja, dia akan selalu mendukung Erick, membatunya dan mengembalikan semangat hidupnya walaupun Erick sering sekali bersikap kasar dan selalu menolak pertolongan Erick.

Review

Akhirnya sudah membaca karya Dahlian semua, makasih buat @noninge atas pinjamannya, nyari buku ini susah bok! :D

Yang selalu saya suka dari karya Dahlian adalah dia tidak berbelit-belit, sejak pertama memulai cerita dia akan langsung mempertemukan kedua tokoh utama, mnegembangkan karakter mereka, mengembangkan konflik, sampai akhir cerita pun akan seputar dua tokoh utama tersebut. Tidak membuat bosan dengan minimnya peran pembantu, ada beberapa yang juga berpengaruh tapi tetap berfokus pada dua tokoh utama. Sudut pandang dari tiap tokoh utama sehingga lebih mendekatkan kita dengan karakter mereka. Penulis sepertinya juga melakukan riset akan tokoh Rhenata di mana dia berprofesi sebagai perawat, karena profesi saya sama dengan Rhenata jadi saya tahu tindakan-tindakan keperawatan yang dia lakukan memang benar adanya. Kadang sebel sama pasien yang teralu menuntut dan agak risih kalau disuruh memandikan pasien cowok XD.
Saya suka banget sama karakter Rhenata, dia benar-benar punya pasokan sabar yang nggak akan habis, sudah ditolak, diusir berkali-kali sama Erick dia tetap mau membantu Erick, membawakan novel agar tidak bosan, membawakan cemilan, bahkan mau memasakkan makanan favorite Erick. Saya juga bisa memahami akan perubahan sifat Erick, gimana nggak hancur kalau cita-cita kita sejak kecil pupus, lumpuh, dikhianati orang terdekat, menjadi diffable? Beberapa kali saya ikut nyesek ketika Rhenata bertubi-tubi ditolak Erick.

Ada bagian favorite saya, di halaman 178 ketika Erick ingat akan perkataan Rhenata yang suka sekali bunga geranium,
"Selain geranium, bunga apa lagi yang kamu tanam?" Rhenata mengalihkan pandangan dari Erick. Mencoba menata kembali perasaanya yang kacau balau.
"Nggak ada." Erick melirik Rhenata dari sudut matanya. "Aku nggak tertarik pada tanaman lain, kecuali yang kamu suka."
Hati saya ikut teremas-remas waktu membacanya #eaaaa.

Sayangnya, konflik kali ini kurang nendang dan gampang banget tertebak, di mana Erick salah sangaka sama cowok yang mencium Rhenata dan saya menganngap waktu Rhenata disandera itu terlalu lebay. Typo masih ada, covernya bagus seperti biasa, terbitan Gagasmedia gitu loh, tetep menunggu karya Dahlian selanjutnya :))

3.5 sayap untuk pilot kita.


5 komentar:

  1. Review yang bagus kak :)
    Pengin baca, tapi sayangnya udah nggak ada yang jual :(

    BalasHapus
  2. Duh, bukunya jarang yah
    Padahal judul dan ceritanya menarik

    BalasHapus
  3. Nyari buku ini emang susah banget! Aku baca juga dari minjem rental :D

    BalasHapus
  4. Pengen baca ini :((
    Novelnya udah mihil nih. Malah ada yang jual sampai seratus ribu lebih :'( Hiks!

    BalasHapus
  5. Yang punya buku ini. Beritahu yaa... nyari bgt nihh

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...