Minggu, 21 Agustus 2011

Poconggg Juga Pocong


11887365

penulis: @poconggg
editor: @syafrani
penerbit: @Bukune
ISBN: 602-220-002-4
142 halaman

Kerasukan setan apa sehingga saya baca buku ini. Mungkin iklannya yang heboh di twitter yang sering bersliweran hastak #PJP saya jadi penasaran sama buku yang tokoh utamanya hantu produk dalam negeri yang paling aku takuti ini. Jujur, awalnya saya bukan penggemar akun @poconggg, karena sebelum dia ada, saya lebih tertarik akan akun @pocongasli jadi saya berpikir, halah paling ikut-ikutan saja biar ikut tenar juga. Lambat laun akun @pocongasli tidak produktif lagi sehingga saya memutuskan memfollow akun "gadungannya" siapa tahu mengobati galau saya, nggak taunya sekarang dia malah lebih tenar, pernah jadi trending topic lagi, heran, dikasih sajen apa dia.

Sesungguhnya saya bingung ini buku bercerita tentang apa? Bagaimana cara dia menulisnya? #eh sebaiknya saya tidak menyinggung pertannyaan terakhir itu, dalem banget. Saya akan mereview bagian yang paling saya suka saja, kalau hampir semua isi buku, jangan salahkan saya Cong, sapa suruh bikin buku tipis.
Namanya adalah Poconggg (kenapa pake huruf g tiga kali saya juga tidak tahu, mungkin rahasia dia dan Tuhan), dia tergolong species Pocong, jangan salah memasukkan dia kebagian Tuyul, karena dia tidak punya tangan untuk mencuri #ups (sorry kelepasan Cong). Dia mempunyai gelar yang fenomenal, bukan seorang, bukan seekor, atau sebuah dan bla bla bla tapi "Seikat Pocong" ('Beli kangkungnya berapa ikat, Bu?' atau bisa juga diganti 'Beli pocongnya berapa ikat, Bu?') lupakan. Saya tahu kelemahan terbesarnya, PORTAL. jadi, kalau dikejar-kejar pocong, lari dan bersembunyilah di seberang portal, karena dia tidak bisa menggangkat ataupun melompatinya, hah, rasakan kau Cong! 

Saya juga kerasukan ikut gaya dia kalau lagi panik, kalau dia sering bilang panik tingkat SMP kelas tiga, panik tingkat kecamatan, panik tingkat Ujian Nasional, maka saya agak di edit dikit, PANIK TINGKAT UJIAN SKRIPSI (percayalah Cong, itu rasanya kayak nahan boker seminggu). 

Di bagian dia ngasih ide cerita film-horor-berkelas, saya hanya berpikir, "Nggak ada ide lain apa?" Dia ngasih judul film paling fenomenal yang pernah ada, tapi diedit dikit, ketiga film itu adalah Ada Apa Dengan Kunti?, Laskar Pelanconggg, dan Ketika Poconggg Bertasbih, dimana bagian berkelasnya, hah? #gaksante.
Saya terharu dibagian dia ngomong soal cinta, dia ngaku kalau nggak pernah jauh dari predikat jomblo, sepereti yang dia bilang "Single itu prinsip. Jomblo itu nasip, kalau Rian udah pasti Demasip." Dia ternyata bisa serius dan 'agak' romantis juga, seperti di halaman 42,
Kata orang, pacaran itu harus saling mengisi. Gue rasa ini ada benernya. Kalau orang pacaran punya sifat dan karakter yang sama dengan pasangannya, berarti kekosongan dan kekurangan mereka nggak pernah akan terisi. Malah dengan adanya perbedaan justru akan membuat mereka saling melengkapi setiap celah bisa terisi dengan perbedaan tadi.

Cinta emang ribet. Cinta nggak pernah bisa ngasih garansi dan kepastian kita bisa mencintai orang yang kita benci dan akhirnya membenci orang yang dulu kita cintai.

Cinta itu sederhana. Sama sederhananya seperti menulis menggunakan pena. Bukan titik yang membuat tinta, tapi tinta yang membuat titik. Bukan cantik yang membuat cinta, tapi cinta yang membuat cantik.
#eaaaaa
Pinter juga lo Cong, tapi sayang nggak pinter buat puisi cinta, apalagi menyamakan cinta dengan kentut, pake warna kuning segala lagi.
Pendapat dia tentang iklan mint, susu bayi dan sejak kapan sosis bisa bikin pintar sukses membuat saya ngakak, Good job, Cong.
Di bagian Sumpah Pocong, yang bikin ngakak adalah sumpah dari Richard Oaly, kalau namanya masuk ke buku @poconggg dia bakal: minum 7 botol yogurt cimory, terus nahan boker 3 hari. Abis itu, di hari ke-4, dia make CD bekas nahan boker di kepalanya.
jawaban @poconggg adalah:
Buat yang nggak tau Cimory itu minuman buat ngelancari BAB.
Mati, mati deh ini anak.
LOL.
Bagian terakhir yang cukup menarik adalah berisi tentang Prediksi Pocong yang katanya paling ditunggu-tunggu. Berhubung zodiak saya Sagitarius, saya akan memberikan bocorannya (awas kalau nggak bener Cong #asahgolok ).
Sagitarius
Berbahagialah kawan, akan banyak kejutan yang datang tahun ini! Walaupun mood agak nggak stabil, tapi kejutan-kejutan tersebut dapat mendongkrak kehidupan kalian. Ibarat pepatah, dilarang merokok.
Asmara: Dahsyat
Tahun ini kalaian akan sering mengalami cemburu yang membabi buta. Pada dasarnya gue nggak pernah ngerti kenapa babi-babi ini bisa buta, yang gue tau, asmara kalian tahun ini, sangat luar biasa.
Keuangan: Mantap
Akan ada mukjizat yang memungkinkan kalian membeli barang-barang yang kalaian impikan. Orang-orang disekeliling juga takut berkonspirasi dalam pencampaian mukjizat ini. Di luar negeri, situasi ini dikenal dengan nama Boston Chocolate Fondation.
Ps: Jangan harap gue bisa jelasin artinya apa.
Kesehatan: Premium
Yang gue maksud disini bukanlah bensin premium. Maksudnya, kesehatan kalian diatas rata-rata. tak ada satu pun kuman dan bakteri yang bisa mengganggu stabilitas kesehatan tubuh kalian. Di Zimbabwe, fenomena ini diberi kode khusus dengan sebutan Pk890-0276/00J (artinya apa sih ini?).
Karier: Nggak tau (padahal yang paling penting).

Semoga dengan membaca prediksi pocong ini ibadah saya selama 40 hari diterima oleh Allah, amin. Bukunya cukup menghibur walaupun di bagian akhir menurutku tidak telalu penting dan kadar tawa saya mulai habis, bukunya terlalu tipis, bolehlah dibaca pada waktu galau dan dalam keadaan jomblo, ada yang senasip gitu loh =))
3 sayap untuk si Lompat Lompat Lompat

NB: saran @poconggg, kalau mau nembak tanggal 1 April aja, semisal ditolak kita bisa ngeles dan bilang APRIL MOP!

5 komentar:

  1. Eh, ternyata buku ini agak-agak ajaib ya lis? wkwkwk ;)

    BalasHapus
  2. ajaib gimana mb? Pocong bisa nulis gitu ya? ^^

    BalasHapus
  3. Ini twitter sama bukunya sama-sama garing dan lucu dah

    BalasHapus
  4. Boleh deh masukin ke daftar baca ^^

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...