Rabu, 27 Agustus 2014

[Meme] Wishful Wednesday #47: Road Trip

Hai hoooo, kembali lagi dalam postingan Wishful Wednesday, sekarang udah mulai jarang ikutan nih, ikutnya kalau ada giveaway aja, hehehehe. Saya memang sengaja membatasi postingan non review, agar postingan review lebih banyak, selain itu akhir-akhir ini saya juga lagi males update atau ngedata buku apa aja yang pengen banget atau sudah dibaca, maka dari itu wishlist kali ini bukan buku baru, yah nggak baru-baru amat. Walau pernah menang sekali, saya tetap semangat ikut demi mencoret satu wishlist :D

Giveaway kali ini bersifat subjektif, di mana pemenangnya akan dipilih langsung sama mbak Astrid. Jadi, buat yang ikutan harus menulis kenapa pengen banget sama buku yang diajukan, semenarik dan seunik mungkin. Yah, semoga saja alasan saya menarik minat mbak Astrid untuk dijadikan salah satu pemenang, sekali lagi :p

Kenapa saya kasih judul Road Trip? Karena wishlist saya adalah buku yang bergenre perjalanan. Sedikit cerita, dulu waktu kecil saya bercita-cita ingin menjadi seorang pramugari, dengan alasan saya bisa keliling dunia. Pergi ke semua tempat yang ada di dunia ini, itulah impian saya sebenarnya, bahkan sampai sekarang impian itu tidak pernah luntur, melihat dunia yang tidak hanya tempat tinggal saya semata. Hanya saja, saya punya masalah pelik menyangkut pribadi saya sendiri, yang membuat impian saya mungkin tidak akan pernah terkabul, karena saya adalah seorang pengecut.


Pengecut karena saya takut mengambil langkah baru, pergi ke tempat baru, takut tersesat. Sejak kecil sampai sekarang saya jarang sekali pergi jauh dari rumah, keluarga besar rumahnya juga dekat-dekat. Bisa dihitung dengan jari tempat mana yang pernah saya singgahi, itu pun dalam rangka rekreasi keluarga atau sekolah. Bahkan, ketika ingin pergi ke tempat yang belum pernah saya datangi, saya harus mengajak teman atau menyeret kakak saya untuk menemani, setelah itu baru saya berani sendirian ke tempat tersebut. Tidak ada yang namanya backpacker, travelling ke kota-kota eksotis Indonesia. Impian saya kopong.

Lalu, mulailah saya membaca buku-buku travelling, kisah perjalanan orang lain agar saya ikut termotivasi, sedikit lebih berani, berani mengenal orang lain, berani untuk tidak merasa takut, berani mengambil kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut, berani tersesat. Melihat keindahan suatu tempat dari kaca mata mereka, yang suka berpetualang, agar saya punya keberanian seperti mereka dan suatu saat bisa melakukannya sendiri.

Wanderlove by Kirsten Hubbard
Genre: Road Trip
Harga: 78k (available on bukabuku)

Sinoipsis:
Demi melupakan kisah cinta yang berakhir pahit dan merasakan petualangan sesungguhya, Bria Sandoval, gadis berusia 18 tahun, ikut tur ke Amerika Tengah. Tetapi, ia salah pilih: rombongannya beranggotakan orang-orang tua. Jadi, ketika bertemu Rowan, backpacker tulen dan pelatih selam, Bria meninggalkan rombongan dan bertualang dengan cowok itu serta saudara perempuannya.

Saat menyusuri desa-desa suku Maya dan pulau-pulau di Belize, mereka menyadari bahwa mereka ingin meninggalkan diri mereka yang lama. Dan Rowan tahu bahwa untuk melupakan masa lalu, kita harus terus bergerak maju. Namun, Bria sadar ia tak bisa lari selamanya. Pada suatu titik, ia harus mengingat masa lalu.



Biasanya buku travelling berfokus pada tujuan atau apa saja yang ada di tempat tersebut, sedangkan Road Trip lebih dinilai dari perjalanannya itu sendiri, apa saja yang terjadi ketika melakukan perjalanan, ada kisah apa? Pertama kali saya membaca buku bergenre road trip adalah ketika membaca Amy & Roger's Epic Detour by Morgan Matson, dan sangat suka. Saya lebih cocok dengan genre road trip daripada travelling. Road trip memberikan gambaran kalau dalam pergi ke suatu tempat, bahwa prosesnya lah yang paling menyenangkan. Itu yang saya butuhkan, bahwa sampai ke tempat tujuan adalah bonusnya.

Wanderlove adalah salah satu buku bergenre road trip yang sudah diterjemahkan oleh Gramedia, dan saya ingin mengoleksinya, membacanya dan tertular keinginan untuk berpetualang, entah jalan apa yang nantinya saya pilih. Jadi plissssss, mbak Astrid, bantu saya mewujudkan impian saya ya?

*postingan ini diikutkan dalam giveaway Wishful Wednesday di Books to Share*


4 komentar:

  1. samaaaa aku juga suka banget buku2 roadtrip.. yang amy&roger keren yaa... makasih udah ikutan ya lis :)

    BalasHapus
  2. Mungkin karena genre travelling udah terlalu banyak ya, lama-lama jenuh juga. Pengen juga baca buku ini. Sama Amy & Roger juga. Btw sudah baca Abundance of Katherines, Lis? Itu juga mengandung unsur roadtrip. :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...