Pages

Senin, 21 Mei 2012

Normal is Boring


Normal_is_boring

Normal is Boring
Penulis: Ira Latief
Desainer: Hariadhi
Ilustrator: Milla Andriana
Penerbit: Gramedia
ISBN: 978-979-22-8347-1
Cetakan pertama, 2012
138 halaman

Normal is Boring adalah buku tentang cara-cara pikir di luar kebiasaan yang bisa memicu Anda untuk membuat terobosan-terobosan kreatif (Creativity Breaktrough) baru dalam hidup Anda.
Judulnya unik ya, awalnya saya kira buku ini berisi tentang bagaimana cara menjadi kreatif atau seperti buku motivasi yang sangat jarang sekali saya lirik itu, mungkin ada benarnya juga, tapi saya merasa penulis lebih ingin berbagi pengalaman orang-orang kreatif yang pernah dia tahu atau jumpai, sehingga kita nantinya bisa menarik kesimpulan sendiri bagaimana menjadi kreatif itu. Sesuai dengan tagline di sampul belakang buku ini ‘kreativitas bisa diciptakan dari hal sederhana dan “tidak normal” bukanlah suatu kesalahan,’ menjadi kreatif itu sebenarnya tidaklah susah, kreativitas bisa diasah.
Siapakah orang kreatif yang nagkring di buku ini?
David Tan, seorang eksekutif muda di Malaysia melamar pacarnya dengan membuat iklan di billboard.
Saat Anda menyadari bahwa Hidup ini adalah sesuatu yang Luar Biasa, Anda tak akan ragu lagi melakukan hal-hal yang luar biasa dalam hidup ini, bahkan jika itu termasuk untuk menunjukkan rasa cinta.
Alain Robert, sang pendaki gedung pencakar langit di seluruh dunia, The Real Spiderman.
Yoris Sebastian, penggagas strategi “I Don’t Like Mondays” menjadi “I Like Mondays.”
Berpikir terbalik adalah strategi jitu dalam menghasilkan sebuah karya kreatif.
Tricia, hobi travelling keliling dunia dengan cara mengunjungi suatu tempat apabila tempat tersebut baru saja terjadi suatu kejadian tidak mengenakan atau bencana alam, sehingga dia tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.
Lady Gaga, dia tidak peduli apakah cantik atau jelek, yang penting dia harus terlihat nyentrik dan unik.
Orang-orang yang kreatif tidak pernah takut terlihat berbeda. Karena berbeda itu Aset.
Rumah sakit mungkin sudah tidak asing lagi dong, tapi kalau Rumah Sehat? Change the perspective.
Arief Rahman, membuat CV (Curriculum Vitae) di sebuah radio dengan cara berbeda dan unik, dia menuliskan CV-nya dengan format sebuah “cerpen” sepanjang satu halaman yang menceritakan segala hal unik tentang dirinya, ditulis dengan gaya santai dan humor. Hasilnya? Ia menjadi salah satu broadcaster andalan di radio tersebut.
Orang-orang kreatif tidak merasa perlu berkompetisi dengan banyak orang. Mereka menciptakan hal baru yang bisa memudahkan dirinya keluar sebagai pemenang.
Sheridan Simove, ketika dia kehabisan ide untuk menulis buku Apa yang Dipikirkan Pria Selain Seks, ia malah menerbitkan buku itu dengan 200 halaman kosong. Hasilnya? Buku tersebut berhasil mengalahkan penjualan Harry Potter dan Da Vinci Code di penjualan buku amazone.com.
Apakah sebuah kartu nama harus berbentuk kotak?
Hanya orang-orang kreatif yang punya ide gila dan bisa mewujudkannya menjadi sebuah hal yang digilai banyak orang.
Apakah hanya itu saja contoh orang kreatif di buku ini? Tentu masih banyak lagi, bahkan di luar sana pun banyak orang kreatif yang bisa kita jumpai, baca dan temukan sendiri :D.
Kegeniusan seseorang itu bukan hanya dilihat dari seberapa banyak pengetahuannya atau pemahamannya terhadap sesuatu. Kegeniusan seseorang itu bisa dilihat dari seberapa besar GAIRAH yang ia punya dalam melakukan hal yang ia cintai.
Dari contoh-contoh orang kreatif di atas kita bisa menarik kesimpulan bagaimana sebenarnya menjadi kreatif itu: be different, berpikir terbalik, berpikir luas, mengubah persepsi terhadap sesuatu, be uniqe, jangan takut berbuat gila, dan jangan takut meninggalkan zona nyaman.
Selain itu, penulis juga menuliskan bagaimana memancing kreativitas, hambatan menjadi kreatif, cara mendapatkan ide, dan tips kreativitas.
Sangat-sangat suka buku ini, tipis dan tidak butuh waktu yang lama untuk membacanya. Cara penulisannya pun asik, lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata sehingga membuat buku ini lebih mudah dipahami. Pokoknya, kasih jempol gajah buat ilustrasinya. Buku ini sedikit kata-kata tapi banyak makna.
Lalu, hal kreatif apa yang telah dilakukan penulis? Salah satunya adalah penulis menerbitkan buku yang judulnya bisa diisi sendiri oleh pembacanya :D.

Normal_is

DOSA bukanlah GAGAL dalam melakukan sesuatu. DOSA adalah MENYESAL karena TIDAK BERANI melakukan sesuatu.
Dan sepertinya review ini juga tidak perlu panjang-panjang, nanti malah jadi boring bacanya :p.
4 sayap untuk Abnormal.

NB: launcing buku ini juga unik loh, di Kuburan :D.

8 komentar:

  1. suka dg buku model kisah2 sukses gini, jadi motivasi

    BalasHapus
  2. hi peri hutan...thx yaaa utk review bukunya...:) keep creative coz normal is boring

    BalasHapus
  3. Kereeeennnn.... buku yang judulnya bisa diisi sendiri oleh pembacanya....
    aku suka kata" ini >>>> DOSA bukanlah GAGAL dalam melakukan sesuatu. DOSA adalah MENYESAL karena TIDAK BERANI melakukan sesuatu.

    BalasHapus
  4. Quote-nya super duper keren
    Aku share yah quote-nya di socmed
    "Orang-orang yang kreatif tidak pernah takut terlihat berbeda. Karena berbeda itu Aset".
    "Kegeniusan seseorang itu bukan hanya dilihat dari seberapa banyak pengetahuannya atau pemahamannya terhadap sesuatu. Kegeniusan seseorang itu bisa dilihat dari seberapa besar GAIRAH yang ia punya dalam melakukan hal yang ia cintai".
    "DOSA bukanlah GAGAL dalam melakukan sesuatu. DOSA adalah MENYESAL karena TIDAK BERANI melakukan sesuatu".

    BalasHapus
  5. Hah yg bener mba launching bukunya di kuburan? Ada yg datang kah.. :D

    BalasHapus
  6. Suka dg quotenya
    Kegeniusan seseorang itu bukan hanya dilihat dari seberapa banyak pengetahuannya atau pemahamannya terhadap sesuatu. Kegeniusan seseorang itu bisa dilihat dari seberapa besar GAIRAH yang ia punya dalam melakukan hal yang ia cintai.
    DOSA bukanlah GAGAL dalam melakukan sesuatu. DOSA adalah MENYESAL karena TIDAK BERANI melakukan sesuatu.

    BalasHapus
  7. Sepertinya keren nih buat dibeli awal pekan. Biar minggu ini ENGGAK boring. Thanks God It's Monday!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*