Senin, 05 Januari 2015

Bookself Tour 2014

Source: appalachianjamwich
Hello good readers, sudah mulai beraktifitas lagi nih, agak males ya pengennya libur terus tapi tetep dapet duit, hahahahaha. Oke, ini adalah postingan terakhir tentang 2014, salah satu postingan yang ada setiap tahun juga, cuma agak terlambat sih karena ini udah hari kelima di tahun 2015, kemaren-kemaren nggak sempat karena liburan ke Kendal, boro-boro deh baca buku yang ada sibuk jadi juru masak, bawa lima buku yang dibaca cuma satu buku itu aja nggak selesai XD. Tahun kemaren bisa dibilang tahun tercepat yang pernah saya lalui, nggak kerasa tiba-tiba sudah berganti tahun, banyak banget resolusi yang belum tercapai dan terkabul, mari kita review kegiatan baca dan ngeblog saya selama setahun terakhir :D

Read & Review

Target baca saya pada tahun 2014 ada 100 buku dan alhamdulillah bisa tercapai, bahkan lebih satu :p. Untuk lebih lengkapnya daftar bacaan selama setahun terakhir kemaren bisa dibaca di 2014 in Books. Bisa dibilang tahun kemaren saya banyak membaca buku yang bukan 'cangkir teh saya', banyak penulis baru, nggak buruk bahkan bisa menjadi pengalaman baru dan menemukan penulis baru, hanya saja baca saya menjadi lambat karena harus sedikit menyesuaikan atau membangun feel baru, selain itu saya benar-benar disibukkan oleh pekerjaan, ini adalah masalah terbesar saya soal penghambat baca buku, pekerjaan saya benar-benar menguras fisik dan psikis, kadang sampai rumah udah kecapekan banget, pengennya istirahat dan nggak mood baca, jadi ya syukur banget deh satu buku bisa diselesaikan hanya sekali duduk.

Ada 81 review buku selama tahun 2014, bukan dari buku yang saya baca pada tahun yang sama, ada beberapa hutang review dari tahun sebelumnya, percaya atau tidak, ada 20-an draft review di blog saya yang mau saya tulis tapi keburu mood ilang, belum lagi yang lain. Masalah utama lagi yang dari tahun ke tahun belum terpecahkan, langsung mereview begitu selesai baca, saya nggak bisa. Oke bukannya nggak bisa, hanya saja kembali ke kesibukan saya, kerja shift membuat waktu baca saya nggak teratur, terlebih saya hanya bisa baca di tempat tidur, tempat di mana saya benar-benar bisa fokus, jadi, waktu di mana saya benar-benar bisa nyaman membaca adalah ketika akan tidur atau pas libur, selain itu jarang banget bisa baca.


Buntelan

Tahun kemaren saya benar-benar selektif dalam mengikuti kuis buku, ikut yang bukunya dipengen aja, lebih suka ikut lomba resensi, melihat banyak timbunan saya yang sudah meronta-ronta untuk dibaca. Berikut daftar buku yang saya dapatkan selama setahun terakhir:
  1. Clockwork Prince by Cassandra Clare
  2. The 5 Wave Rick Yancey
  3. The Cooko's Calling by Robert Galbraith
  4. Lockwood & Co. by Jonathan Stroud
  5. Dirty Little Secret by aliaZalea
  6. My Brief History by Stephen Hawking
  7. Marriageable (cover baru) by Riri Sardjono
  8. Just One Day by Gayle Forman
  9. (Me)mories by Nay Sharaya
  10. Along for the Ride by Sarah Dessen
  11. Finale by Becca Fitzpatrick
  12. White Fang by Jack London
  13. Skripsick by Chara Perdana
  14. Girls in the Dark by Akiyoshi Rikako
  15. Career First by Maya Arvini
  16. Prodigy by Marie Lu
  17. Champion by Marie Lu
  18. Dear Prudence by @danniefaizal
  19. Unravel Me by Tahereh Mafi
  20. Daisuke Da Yo, Fani-chan by Winda Krisnadefa
  21. Putri Tidur Tuathina by Mimosa Q
  22. Limitless by Nick Vujicic
  23. Lover Enshrined by J.R Ward
  24. Diary Princessa by Swiestien Kustantyana
  25. Evergreen by Prisca Primasari
  26. Petualangan Pinokio
  27. X - Kenangan yang Berpulang by Devania Annesya
  28. Kill & Tell by Linda Howard
  29. Kepada Cinta by 25 Pemenang Sayembara Cinta
  30. Alita @ Heart by Dewi Sekar
  31. Divortiare by Ika Natassa
  32. Trave(love)ing 2
  33. Silabus Menulis Fiksi dan Non Fiksi by Edi Akhiles
  34. Anna and The French Kiss by Stephanie Perkins
  35. Take Me To Your Heart by Yudhita Hardini
  36. Days of Blood and Starlight by Laini Taylor
  37. Divergent by Veronica Roth
  38. Insurgent by Veronica Roth
  39. The Fault in Our Stars by John Green (cover film)
  40. Deep Rooted Tree #1 by Lee Jung-myung
  41. Deep Rooted Tree #2 by Lee Jung-myung
  42. Moon in the Spring by Hyun Go Wun
  43. Princeless Moment by Prisca Primasari
  44. Reached by Ally Condie
  45. Amy & Roger's Epic Detour by Morgan Matson
  46. Something Blue by Emily Giffin
  47. Heart of the Matter by Emily Giffin
  48. Baby Proof by Emily Giffin
  49. Love the One You're With by Emily Giffin
  50. Under the Never Sky by Veronica Rossi
  51. The Gosh Bride by Yangsze Choo
  52. Mermaid Melody by Ayuwidya
  53. Emma by Jane Austen
  54. Inferno by Dan Brown
  55. The Darkest Minds by Alexandra Bracken
  56. This is How I Do by Lia Indra Andriana
  57. Winterflame by Fachrul R.U.N
  58. Bonus Track by Koshigaya Osamu
  59. Cheeky Romance by Kim Eun Jung
  60. Indonesian Fashion Bloggers Now! by Ade Aprilia
  61. Destined by Aprilynne Pike
  62. Kedai Bianglala by Anggun Prameswari
  63. A to Z by Request by Reading Lights Writers Circle
  64. Sabtu Bersama Bapak by Aditya Mulya
  65. An Abundace of Katherines by John Green
  66. Paper Town by John Green
  67. Wanderlove by Kristen Hubbard
  68. Winterflame by Fachrul R.U.N
  69. Perfectly Boyfriend #1 by Yuu Watase
  70. Perfectly Boyfriend #2 by Yuu Watase
  71. Perfectly Boyfriend #3 by Yuu Watase
  72. Perfectly Boyfriend #5 by Yuu Watase
  73. Perfectly Boyfriend #6 by Yuu Watase
  74. Gone Girl by Gillian Flynn
Sedikit berkurang dari tahun lalu, tapi tetap alhamdulillah ^^. Terimakasih banyak bagi semua pihak yang sudah berbaik hati memberi buku, maaf kalau ada review yang kurang berkenan atau belum dibuat reviewnya, saya berjanji akan melunasinya, kurang dua buku kok, Insya Allah reviewnya akan saya posting bulan ini, dua bulan terakhir ini benar-benar bulan tersibuk bagi saya. Semoga tahun depan buntelan yang saya dapat sama banyaknya ya ^^. Sedangkan untuk giveaway dari saya, sama cuma ikut BBI giveaway hop dan beberapa Giveaway Terselebung, semoga tahun depan saya bisa mengadakan banyak giveaway, doain ya semoga rejekinya lancar :D

Source: chrisprattings
Endors

Bukan hanya fashion blogger aja yang bisa mendapatkan barang untuk dipromosikan, kita sebagai blogger buku bisa juga kok, yaitu mendapatkan buku gratis untuk direview :p. Tahun kemaren saya sangat berterima kasih sekali untuk Penerbit Mizan (diwakili oleh mbak Esti dan mbak Dyah), Penerbit Erlangga, Penerbit Haru, Fantasious, Vandaria Saga (makasih Melo :*) beberapa penulis lewat BBI atau mengontak saya secara pribadi seperti Nay Sharaya dan Swiestien Kustantyana, terima kasih sekali lagi, senang berkenalan dengan karya-karya kalian. Tidak lupa juga buat Luckty yang ngasih buku untuk direview dan Dinoy yang ngasih banyak buku + hadiah ultahnya, Jo yang mau saja saya porotin, teman-teman Joglosemar akan arisan bukunya, my Santa semua pihak yang sudah memberi saya buku untuk direview, terima kasih banyak sekali lagi, jasa kalian tak terkira jangan kapok ya :p *muah muah*

Events

Tahun kemaren saya absen mengikuti IRF, salah satu event bagi pembaca yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Semoga saja saya ada rejeki agar tahun ini bisa datang lagi. Nggak banyak event buku yang saya datangi, kalau nggak salah ingat talkshow buku Cewek Kuat dan Kulik Dunia Penulisan dan Penerbitan Buku, datang di Pameran Buku Jogja, udah kayaknya itu aja. Semoga tahun depan kegiatan offline saya lebih berwarna :D. Untuk event online ada beberapa blog tour yang saya ikuti, seperti blogtour Finale dari penerbit Fantasious, Campaign One Book One Day: Career First dari Penerbit GagasMedia, Girl in the Dark dari Penerbit Haru dan Winterflame dari Vandari Saga, ehmmmm kayaknya itu aja deh, hehehehe. Semoga tahun depan makin banyak ya tawaran blogtour atau event buku di blog ya, amin :p


Reading Goals for 2015
  1. Selesai baca 100 buku (kalau bisa reviewnya juga). Banyak review di tahun kemaren atau tahun- tahun sebelumnya yang belum ditulis, saya berencana untuk membayarnya. Semoga saja saya bisa menerapkan review buku seusai baca.
  2. Buy Less Books. Tahun depan saya berencana membeli buku yang benar-benar saya suka dan akan dibaca. Jadi, tahun lalu saya terlalu gelap mata akan diskon, begitu ada diskon gede saya langsung beli, mengabaikan keuangan saya alhasil tabungan saya ludes, nggak memperhatikan apakah saya benar-benar butuh membaca buku tersebut. Membatasi membeli buku dari penulis baru kecuali buku terjemahan. Jadi, untuk tahun depan dana untuk beli buku saya alihkan untuk masa depan *tsah.
  3. Babat Timbunan. Ini benar-benar penting bagi saya, sebelumnya saya nggak pernah menimbun buku, setelah gabung di BBI saya ketularan salah satu penyakit mereka, menimbun buku. Banyak buku bagus yang belum terjamah di timbunan dan saya berencana untuk membacanya. Makanya tahun ini saya fokus akan Goodreads Reading Challenge aja nggak mengikuti reading challenge yang lain atau ngehost reading challenge karena benar-benar ingin fokus baca dan ngreview.
  4. Kembali aktif ke Diary of Kutu Bokek. Hahahaha, blog yang ini beneran lumutan deh. Ceritanya saya mau nulis diary lagi, biar nggak sumpek akan kerasnya hidup ini *ceileh
  5. Produktif ngeblog dan lebih dewasa lagi dalam tulisan. Mungkin tahun depan saya akan jarang ikut meme, tahun ini saja saya sudah mulai memangkasnya. Inginnya banyak review dan informasi tentang buku (seperti postingan Let's Talk), memosting macam-macam genre (yang dari dulu nggak kesampaian). Dalam menulis review pun saya ingin lebih bebas, saya lihat dua tahun terakhir ini saya terlalu teknis dalam menulis review, saya ingin kembali seperti awal-awal ngeblog, lebih bebas dalam mengekspresikan pendapat dan perasaan saya sewaktu membaca sebuah buku.
  6. Saya sangat terbuka bagi penerbit atau penulis yang ingin menawarkan bukunya untuk direview, saya bakalan senang sekali. Tapi kalau bisa bukunya nggak jauh-jauh dari genre romance dan fantasy ya karena kalau dari dua genre tersebut saya lebih cepat membacanya. Genre lain nggak masalah hanya saja saya bakalan lelet, seperti yang saya sudah ungkapkan di atas, saya perlu waktu untuk mendapatkan mood dan feel buku yang bukan cangkir teh saya.
  7. Kalau pengunjung Kubikel Romance tahun depan bisa tempus sejuta bakalan adain giveaway yang hadiahnya seru deh, wakakakaka.
Udah, sepertinya itu aja, semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan harapan saya bisa terkabul semua, amin :D. Hampir dua tahun menghuni blogspot setalah dua kali berpindah tempat, pengunjung Kubikel Romance mencapai 300k! Seneng deh, semoga makin banyak yang mantengin blog ini, semoga seperti blognya Diana Rikasari, hehehehehe, amin :D

Tidak ada kata terlambat, selamat natal dan tahun baru, wish you all the best :D

Rebloged from I'm not 12


9 komentar:

  1. Itu buntelannya boleh dipinjemin gak sih? wkwkwk * kabuur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka, boleh kok kalau aku udah selesai baca :p

      Hapus
  2. Wah itu buntelannya buanyak banget XD semoga smua goals-nya bisa tercapai ya taun ini! Aku juga pengen banget bisa babat timbunan XD Happy new year! ;D

    BalasHapus
  3. Buntelannya banyak amat. Kerenn. Yey! Sama, Sulis. 2015 ini tahun khusus babat timbunan. Good luck ya :)

    BalasHapus
  4. Reading Goals-nya semoga tercapai ya Kak Sulis. Eh, izin adopsi IRRC ya, semoga di tangan Syifa nggak kalah keren acaranya, hehe ^^

    BalasHapus
  5. Ditunggu keproduktifannya tahun ini mba :D

    BalasHapus
  6. Wow...buntelannya banyak bangeeeet. Bikin mupeng deh :D

    BalasHapus
  7. Uwoww...ada namaku disebut di postingan ini, toss sesama #ordobuntelan :D
    https://luckty.wordpress.com/2014/12/27/july-december-book-haul-2014/

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...