Senin, 09 September 2013

The Book With Writer's Signature

Source: percybeth
Sekarang ini mudah sekali mendapatkan tanda tangan seorang penulis, banyak toko buku online yang menawarkan pre order dengan iming-iming tanda tangan penulisnya. Nggak salah sih, justru mempermudahkan para pembaca untuk mendapatkan tanda tangan penulis favoritnya. Hanya saja perjuangannya tidak ada. Dulu waktu online shop belum marak, para pembaca datang langsung ke talkshow penulis, dari sanalah mereka mendapatkannya. Perjuangan yang tak terlupakan. Saya pernah dua kali datang ke acara bedah buku, dan itu berkesan sekali. Apakah saya termasuk salah satu pemburu tanda tangan penulis? Yep. Apakah saya selalu ikut pre order untuk mendapatkanya? Nope.

Saya punya beberapa buku yang bertanda tangan penulisnya, hampir sebagian besar saya dapatkan melalui kuis, dikasih penulisnya langsung, beberapa kali pre order dan datang langsung ke talkshow penulis. Berikut koleksi buku bertanda tangan saya beserta sejarahnya: 



Delapan Peri - Sitta Karina
Saya nggak tahu kalau buku ini ada tanda tangan penulisnya, niat saya adalah membeli buku terbaru dari Sitta Karina, buku-bukunya susah sekali didapat di toko buku di kota saya, satu-satunya cara adalah melalui online dengan membeli langsung ke penerbitnya. Seneng banget punya tanda tangan salah satu penulis favorit :)










Quarter Life Dilema - Primadona Angela
Walau bukan salah satu penulis favorit, sudah banyak buku mbak Dona yang saya baca. Tanda tangan ini saya dapatkan ketika mengikuti kuis yang dia adakan di twitter untuk menyambut cetak ulang ganti cover untuk buku Quarter Life Dilema. Pertanyaan kuis waktu itu adalah, "apa dilema terbesar dalam hidupmu?" Lalu saya jawab, "waktu mau masuk SMP yaitu memilih salah satu agama yang dianut oleh kedua orangtua saya." Berkat jawaban itulah saya mendapatkan buku ini.

 





Satsukei Sensei - Primadona Angela
Yep, saya punya dua buku yang ditandatangani oleh mbak Dona, semua saya dapatkan dari hasil menang kuis di twitter. Saya lupa pertanyaannya, yang jelas kuisnya diadakan untuk menyambut buku ini yang baru rilis di pasaran.












Parodi Film Seru - Isman H. Suryaman
Saya lupa lagi bagaimana saya bisa mendapatkan buku ini, kalau nggak salah saya ikut kuis dari mbak Dona, nggak menjadi pemenang utamanya tapi mendapatkan hadiah hiburan, dan dapatlah salah satu buku dari suaminya :p










Our Story - Orizuka
Standar sih pertanyaan kuisnya, disuruh ngetweet alasan kenapa kamu pengen banget punya buku ini. Waktu buntelannya datang dan saya buka, seneng banget! Hadianya ternyata nggak hanya buku tetapi ada notebook, tempat pensil, pembatas buku, pin Our Story, selain itu buku ini juga merupakan buku Orizuka yang paling saya suka, selain 4R tentunya :D



Membuka Pintu Langit - A. Mustofa Bisri
Kenapa nggak tanda tangannya Gus Mus tetapi malah Andi F Noya? Karena buku ini saya dapatkan waktu ikut kuis Kick Andy. Sebenarnya saya punya dua buku yang ditandatangani oleh Andy F Noya, yang pertama sebuah buku tentang perempuan yang sudah saya swap sama kang Dion. Buku tersebut saya dapatkan melalui @KickAndyMagz, waktu itu pertanyaannya adalah, "kalau ketemu dengan ibu Sri Mulyani apa yang akan anda tanyakan?" Jawaban saya adalah, "Bagaimana Ibu menjadi kuat?" Sedangkan buku ini saya dapatkan waktu ikut kuis yang bisanya ada di akhir acara, cepat-cepatan menjawab lewat email. Saya kasih tips ya biar menang, selain konsen menonton acaranya, sebelum kuisnya dibuka kamu siapkan dulu semua syarat pengirimannya, jadi waktu ada pertanyaan kamu tinggal jawab langsung kirim, itu cara saya :D 


Life Traveller - Windy Ariestanty
Buku ini saya dapatkan dari Dominiq (iya, model dan artis itu), temen kak Windy yang juga ikut berkontribusi satu bab di buku ini. Kuisnya via twitter dan kalau nggak salah pertanyaannya adalah "kenangan waktu kecil apa yang paling berkesan buatmu?" Jawaban saya adalah, "waktu kelas 4 SD pergi ke dukun buat mencari siapa dalang yang mencuri koleksi perangko saya." Serius, ini beneran nyata, saya ceritain panjang kali lebar, dan akhirnya menjadi salah satu pemenang. Nggak cuman buku ini saja, kalau nggak salah tiga kali saya ikut kuis yang pertanyaannya sama dan saya jawab sama juga, saya menang XD.





Atas Nama Jiwa - dr Nova Riyanti Yusuf
Masih kuis di twitter, waktu itu kalau nggak salah pertanyaannya adalah "Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu bertemu orang yang ingin bunuh diri?" Dan jawabannya, "Saya akan peluk dia dan bilang kalau dia nggak sendirian". Senengggggg banget dapet buku ini, terlebih ada kata-kata dari NoRiYu langsung, bukunya juga keren!

 







[un]affair - Yudhi Herwibowo
Dapet cuma-cuma dari mas Yudhi, waktu itu di pm via facebook ditawarin sama buku dia yang akan terbit, saya langsung iyakan aja dong toh bukunya bergenre romance. Makasih ya mas Yudhi, ditunggu Enigmanya #loh :p









 

Three Wedding and Jane Austen - Prima Santika
Kuis di twitter juga, saya agak lupa syarat-syaratnya kalau nggak salah sih ada beberapa pertanyaan gitu, gampang-gampang sih soalnya penulis juga ngasih cluenya. Sebelum di kirim penulis bertanya pengen ditulis kata-kata tentang apa, saya mah terserah aja, apa pun yang ditulis sama penulisnya pasti bikin saya seneng kejer, dan waktu menerima bukunya, huaaaaaaa indah banget, makasih banget ya mas Prima, maaf belum bisa bikin reviewnya karena bukunya masih dipinjem temen, saya janji kok akan mereviewnya :*




The Journey - Penulis Gagas
Kalau ditanya buku mana yang perjuangannya paling berat, saya akan menjawab buku ini. Ceritanya sudah saya jelaskan di postingan Aku dan Gagas, membuat saya tidak ingin meminjamkannya karena takut hilang. Yang membuat special adalah ada tanda tangan lebih dari satu penulis di buku ini. Dan saya kapok jadi hantu chatting!









Dilema - Alvi Syahrin
Lupa pertanyaanya, kayaknya sih standar pertanyaan kuis di twitter, kenapa kamu pengen buku ini. Paling sering saya menjawab pengen ngereviewnya. Buku ini udah lama selesainya tapi belum bikin reviewnya juga, huhuhu, sabar ya kang, pasti saya review kok.










Hanami - Fenny Wong
Buku ini saya dapatkan waktu ikut kuis di blognya penulis, biasalah ngisi helikopter. kalau nggak salah pertanyaannya juga sama kenapa pengen baca buku ini. Dulu saya pernah sekali baca bukunya Fenny tapi nggak suka, pengen mencoba kembali siapa tahu dikesempatan kedua ini ceritanya lebih menarik, sayangnya sampai sekarang belum sempet dibaca *timbun terus, Lis, timbun!









Love, Hate and Hocus Pocus - Karla M. Nashar
Gimana sih rasanya di dm penulis favorit dan bilang mau ngasih cover terbaru dari buku pertama? SESUATU BANGET, hahahaha. Ceritanya saya baca seri keduanya, bikin reviewnya dan saya share tidak lupa saya cc-in ke penulisnya, mungkin penulis baca di review tersebut saya pengen buku pertama yang cover baru, biar melengkapi gitu. Eh nggak taunya itu tadi, dikasih cuma-cuma ^^ Saya udah baca ulang dan berniat bikin reviewnya, tapi belum sempet *kebanyakan males*

 







Pulang by Leila S. Chudori
Bukunya saya dapat waktu menang review di goodreads untuk tema bacaan bulan Januari. Begitu tahu penulisnya mau talkshow di Solo saya buru-buru selesein biar tahu apa yang akan dibicarakan nanti. Saya suka banget sama bukunya, langsung menjadikan mbak Leila sebagai penulis. Nggak saya sia-siakan dong, datang keacara, dengerin diskusinya, foto dan minta tanda tangan. Pertama kali saya minta tanda tangan langsung ke penulis untuk diri saya sendiri (sebelumnya pernah dateng ke talkshownya Hanum Salsabila Rais untuk buku 99 Cahaya di Langit Eropa tapi buku yang saya mintakan tanda tangan punyanya mbak Vina :p).

Montase - Windry Ramadhina
Masak nggak punya tanda tangan penulis favorit, maka dari itulah pas tau ada pre order saya beli langsung dari penulisnya. Sekali-kali bolehlah jadi mainstream :p









Pintu Harmonika - Clara Ng & Icha Rahmanti
Saya nggak tau kalau buku ini ada tanda tangan penulisnya, la wong saya beli seken, hehehe. Bonus lah, koleksi buku bertanda tangan saya bertambah, lagiaan saya suka banget sama buku ini, bonus plus plus XD.


Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa - Maggie Tiojakin
Buku ini baru mendarat beberapa hari yang lalu. Waktu itu mbak Maggie membuka pengumuman bagi siapa yang pengen mengulas buku ini di media silahkan kirim email ke alamat yang sudah disebutkan. Awalnya saya ragu, dalam pikiran saya yang namanya media itu yang sudah kondang seperti kompasiana, detik atau portal berita lainnya, nah kalau blog buku termasuk nggak nih?. Terus Lulu woro-woro kalau dia dapet balasan email, dia menuliskan media apa yang akan dipakai yaitu blog buku, bukunya akan dikirim setelah lebaran, saya dan teman-teman BBI Joglosemar lainnya pun ikut kirim email, dan hampir semuanya dapet. Belum selesai baca, tunggu saja reviewnya di blog ini ^^

Yak, itulah koleksi buku bertanda tangan penulis dari saya, semoga nggak ada yang kelewat. Impian saya adalah koleksinya bertambah terlebih buku-buku dari penulis favorit. Saya nggak terlalu tergoda pre order, saya lebih tertantang kalau ikut kuis *ya karena gratis*, seperti yang saya katakan sebelumnya, kesannya lebih dalam, tak terlupakan, terlebih kalau kuisnya mengasah kesabaran kita :p. Lebih seneng lagi kalau dapet langsung dari penulisnya, hehehehe. Punya buku yang bertanda tangan penulis? Share dong buku apa aja dan gimana kamu mendapatkannya lewat komentar di bawah ini ^^

14 komentar:

  1. wow, banyaak sekaaalii bukumu yg ada ttd penulisnyaaa..

    aku punya madre yg berttd Dee, ada juga berjalan di atas cahaya, (uhuk, yang itu tuuh.. XD) terus bukunya maggie SKTLA, buku mas Yudhi jugaa, teruus.. hmmm... Redfang dari giveawaynya Aul.


    teruus... *lupa *males bongkar rak XD

    BalasHapus
  2. waa, banyak bgt buku yang bertanda tangan penulis. punyakuu...bentar ingat-ingat dulu. Kayaknya baru buntelan SKTLA kemarin, karena emang jarang berburu tanda tangan. Tapi seru juga ya dicoba :D

    BalasHapus
  3. Haha aku cuma punya dikit yg bertanda tangan. Orizuka (2 buku) dapet dari menang lomba review novelnya, Sitta Karina (3 buku) karena dateng launching novelnya, Rhein Fathia (1 buku) dan Dyah Rinni (1 buku) juga karena dateng launching novel sayembara Qonita. Iya sekarang banyak pengarang yg jual novel langsung edisi tanda tangan, tp buatku pribadi lebih berkesan kalo dapetnya dari hasil bertatap muka. Hehe. Pengen deh dapet buku tanda tangan pengarang luar kayak Sarah Dessen, Kody Keplinger, dll. Entah kapan bisa kesampaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pengen dapet tanda tangan pengarang luar dan emang lebih seru kalo langsung ketemu penulisnya :)

      Hapus
  4. Kirain dapet ttd author luar :p gambar awalnya pada bule semua sih. Kalo beneran kan aku ya pengen ngintip cara dapetnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi habis kesulitan nyari gambar yang cocok, gambar di atas cukup mewakili penulis dan karyanya :d

      Hapus
  5. Wuiih, banyak bener :D
    saya hanya punya 5 buku yang di ttd, sekarang hanya 4 buku, karena 1 nya di swap -___- *sekarang baru nyesel*

    BalasHapus
  6. Wah banyak banget buku yang dapet tandatangan penulisnya, aku jua punya buku yg bertandatangan penulis tapi ak sebanyak itu sih T.T

    BalasHapus
  7. Beruntung banget menang quiz dapat buku pake tandatangan
    Aku kalo menang giveaway, belum pernah dapat tandatangan penulisnya T.T

    BalasHapus
  8. Wow mba banyak banget koleksi berttd penulisnya.... kamu keren banget deh mba... trus sering menang kuis lg di twitter, terbukti tulisan mba Sulis bagus dan menarik... aku sering ikut jg giveaway2 dr twitter ga pernah menang sekalipun * malu

    BalasHapus
  9. Banyak banget Mbak! :(
    Novelku yang ada ttd penulis(itupun dikasih gratis sama penulisnya) cuma Morning Sunshine, sama Good Memories :(

    BalasHapus
  10. Wah hampir semua dari kuis ya... memang enak nyari ttd secara langsung ketemu orangnya... kalok pre order nggak puas...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...